Makna Religius di Balik Lirik Lagu “Diam Keroncong” Payung Teduh

Pernah menyadari gak, kalo sebuah lagu itu memiliki makna-makna tersembunyi di balik liriknya. Lirik lagu yang terdengar seperti kisah cinta dua insan manusia, ternyata memiliki arti reliji, seperti lagu Andaikan Kau Datang oleh Koes Ploes, yang ternyata berisi pengandaian bagaimana keadaan saat nanti ia telah meninggal dunia. Saat di mana apapun sudah tidak dapat diputar kembali.

Saat saya mendengarkan lagu Payung Teduh yang berjudul Diam Keroncong (lagu yang dirilis Juni 2018 lalu), saya berpikir bahwa ini terkandung makna relijius di balik liriknya. Berikut ini video dan lirik Diam Keroncong oleh Payung Teduh beserta maknanya.

“Diam Keroncong”
(feat. Citra)

Tebaran merah, dilemparkan
Matahari…
Dia bercengkerama, di ujung langit
Bayangan terpaku di tanah

Pada bait ini, mempunyai makna waktu senja, yang menjadi latar waktu lagu ini.

Jiwaku… tenggelam
Di dasar rumput

Bait ini menjelaskan bahwa seseorang yang sedang mengalami masa down, jiwanya sedang jatuh ke tempat yang rendah.

Aku ingin melihatmu dalam gelap
Yang mulai datang

“Mu” dalam bait ini bermakna Sang Maha Kuasa, sedangkan makna “gelap yang mulai datang” menunjukkan keterangan waktu saat matahari tenggelam, yaitu waktu Magrib. Bisa diartikan bahwa saat seseorang sedang down, muncul kerinduan akan sosok Sang Maha Kuasa, dalam lagu ini, latar waktunya adalah saat senja, sehingga ia ingin menunaikan sholat magrib untuk mengobati jiwanya yang sedang jatuh.

Aku ingin menyelamimu
Dalam risau yang sering datang

Kerisauan yang sering dirasakan olehnya, membuat ia ingin lebih mengenal Sang Maha Kuasa dengan mempelajari Al-Quran/ilmu Agama.

Aku ingin diam bersamamu
Dalam rangkulan malam

Kerisauan yang sering dirasakan olehnya, membuat ia ingin menenangkan dirinya dengan berdiam bersama Sang Maha Kuasa di dalam sepertiga malam, diam di sini berarti muhasabah, bermunajat, ataupun qiyamul lail.

Kesimpulan: lagu Diam Keroncong ini menunjukkan keadaan seseorang yang sedang jatuh ingin menghilangkan segala kerisauannya dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge