Hal yang Perlu Diketahui dalam Membersihkan Kamar Bayi

Memiliki bayi memang menjadi hal yang paling diidamkan oleh banyak orang tua, apalagi orang tua yang telah lama ingin mempunyai momongan. Ketika telah mempunyai bayi, pastinya pekerjaan Anda pun semakin bertambah karena Anda perlu membersihkan kamar bayi Anda sesering dan sebersih mungkin.

Kamar bayi memang merupakan salah satu tempat yang wajib dibersihkan setiap hari karena ruang khusus bayi mestilah higienis dan super bersih mengingat kulit serta keadaan bayi yang masih sangat sensitif ketimbang orang dewasa.

Anda bisa menggunakan jasa kebersihan rumah online seperti kliknclean untuk membantu Anda membersihkan rumah sampai bersih maksimal atau Anda juga bisa menggunakan alat dan bahan sendiri untuk membersihkan ruangan khusus untuk bayi Anda ini. 

Pertama, bersihkan semua debu di ruangan menggunakan kain lembab atau kain microfiber. Menggunakan kain kering hanya akan mengirimkan debu untuk berterbangan ke udara. Sementara itu kain basah dapat dengan mudah menyerap debu.

Mulai pembersihan Anda di permukaan atas meja, kursi, dan perabotan lainnya. Pindah ke ujung, sudut, dan sisi furnitur. Jangan lewatkan mainan di rak atau tempat tidur bayi, karena mereka juga menumpuk debu.

 

Akan lebih baik untuk membuang semua barang di rak dan lemari sehingga Anda bisa membersihkan perabotan lebih efektif.

Bakteri dapat dengan mudah menumpuk. Untuk membersihkan ruangan dengan benar, gunakan larutan anti-bakteri yang juga ramah bayi. Ini untuk memastikan bahwa pembersih tidak akan meninggalkan residu atau mengeluarkan bau beracun.

Mainan juga harus dibersihkan dengan cara mencuci mereka dalam air sabun panas. Bilas mainan dengan benar dan keringkan secara alami sebelum dimasukkan kembali ke dalam ruangan. Gosok lantai dan semua jendela. Bersihkan dinding hingga bersih.

Memvakuum ruangan adalah bagian penting dari keseluruhan proses pembersihan karena dapat membantu Anda untuk membersihkan serta menyedot semua kotoran dan debu yang berkumpul diruangan bayi Anda.

Ada bisa menggunakan serbuk karpet sehingga debu dapat dibersihkan dengan mudah. Lewati opsi ini jika Anda menemukan sesuatu yang tidak ramah bagi bayi Anda, karena ini dapat menyebabkan alergi pada kulit sensitif bayi Anda.

Keluarkan dan bersihkan semua bagian dari tempat tidur mulai dari tirai, seprai, selimut, bantal, alas ganti dan sebagainya dari ruangan bayi Anda. Peralatan tidur ini dapat dengan mudahnya mengumpulkan debu dan bakteri dari waktu ke waktu.

Cucilah secara menyeluruh dengan detergen ringan. Ikuti instruksi untuk mencuci benda-benda ini. Jika petunjuk menunjukkan bahwa materi harus dicuci dengan tangan, maka lakukan saja. Setelah mencuci dan membilas barang linen, keringkan sepenuhnya dan kemudian besi. Jangan bawa mereka kembali ke kamar sebelum Anda menyedot debu.

Ketika sedang berusaha mengatur kamar bayi, pastikan untuk meletakkan hal-hal seperti obat-obatan, salep, benda tajam dan hal-hal berbahaya lainnya dari jangkauan anak Anda.

Jangan biarkan benda-benda ini tergeletak di sekitar ruangan mereka karena bayi Anda tentunya selalu penasaran dan dapat memegang benda tersebut serta memasukkannya ke mulutnya.

Kaitan atau gantungan sangat praktis untuk pembersihan ini. Daripada mesti menumpuk pakaian dan barang-barang bayi lainnya di salah satu sudut, Anda dapat  menggantung pakaian pada kait di belakang pintu sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan barang tersebut ketika Anda membutuhkannya.

Anda juga dapat menggunakan gantungan bayi sehingga kait tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian bayi Anda.

    Leave a Reply

    CommentLuv badge