Transfer Antar Bank Tanpa Biaya apapun? Bisa!

Paling males sih emang kalo kita harus transaksi transfer antar bank yang beda, karena ada biaya yang timbul, walaupun cuma sekitar Rp6.000-an, tapi kalo rutin? Misalnya tiap bulan bayar kartu kredit atau tagihan lain yang berbeda dengan payroll gaji yang kita terima tiap bulan. Itu pun kalo sekali transaksi, gimana ternyata ada banyak transaksi.

Ga tau awalnya darimana, bagaikan oase di gunung pasir, saya menemukan sebuah start up yang bernama FLIP, yang menawarkan angin surga dalam dunia pertransferan antar bank. YAITU TRANSFER ANTAR BANK TANPA BIAYA. Awalnya saya berpikir, beneran itu? Seolah-olah too good too be true. Saya pun kepo, FLIP ini siapa yang bikin dan tujuannya apa?

flip

Di halaman FAQ kita bisa tau, FLIP itu apa, apakah aman dan sebagainya.

FLIP adalah aplikasi yang dibuat oleh alumni Universitas Indonesia dan berada di bawah pengawasan Direktorat Inovasi dan Inkubasi UI. FLIP saat ini sudah berbentuk PT dan sudah memiliki kelengkapan izin usaha. Saat ini, FLIP sudah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68.

Okay bermodalkan kepercayaan, sayapun mencoba dan masih penasaran gimana sih kok dia bisa transfer antar bank tanpa biaya? mereka yang tanggung biaya transfer atau gimana ya?

Setelah saya melakukan pendaftaran yang cukup sederhana, saya berhasil punya akun, tanpa bayar member apapun. Untuk mencobanya, saya mulai dengan nominal kecil dulu ke rekening saya sendiri. Ternyata berhasil.

Karena FLIP memiliki lisensi dari BI, maka FLIP tunduk pada regulasi Bank Indonesia, yaitu Know Your Customer maka FLIP melakukan verifikasi KTP kita dengan bertemu langsung dengan kru dari FLIP.

Waktu itu saya melakukan verifikasinya di Stasiun Depok Baru, waktunya singkat kok gak ribet dan lama.

Sudah lebih dari 1 tahun saya menggunakan FLIP, tidak ada masalah apapun. Dulu saya mendaftar masih masuk waiting list, syukurnya sekarang gak perlu nunggu aja untuk daftar. Sampai saat ini saya telah menghemat Rp286.000 yang seharusnya saya keluarkan untuk biaya transfer antar bank. Lumayan kan…

 

Berikut ini cara mudah yang rutin saya lakukan dengan FLIP. Saya ingin mentransfer uang saya dari Rekening BNI ke BCA saya. Ini salah satu fitur yang saya suka, yaitu Rekening terdaftar. Jadi gak perlu input nomor rekening lagi kalo sudah memasukkan nomor rekening terdaftar. Jadi template, menghemat waktu dan mengurangi kesalahan.

Saya melakukan transaksi transfer dari BNI ke BCA. Setelah memasukkan nominal transfer, FLIP akan menambahkan sekian rupiah untuk kode unik. Kode Unik ini gak hangus, tapi akan dikembalikan ke kita juga.


Jika sumber rekening kita adalah BNI, maka FLIP akan memberikan rekening BNI atas nama FLIP sehingga kita bebas biaya transfer antar bank! Begitu juga bank-bank lainnya yang sudah tersedia di FLIP.

Setelah selesai transfer, kita langsung konfirmasi Saya Sudah Transfer lalu kemudian kita akan masuk ke ruang antrian. Antrian ini tergantung situasi, kadang cepat, kadang lama. Biasanya hari Senin pagi ini antriannya panjang.

Voila! Setelah selesai, kita akan mendapatkan bukti transfer seperti ini. Bukti transfer juga dikirim melalui email. Jadi gak perlu was-was deh.


Begitulah postingan pertama saya di Tahun 2017, semoga masyarakat Indonesia semakin terbebas dari biaya transfer antar bank. Terima kasih FLIP.

 

 

    13 Responses to “Transfer Antar Bank Tanpa Biaya apapun? Bisa!”

    1. Anggie says:

      Horeeee….

      Transfer donk kak πŸ™„

    2. Ojat says:

      Horeeee….

      Transfer donk kak πŸ™„ (2) (nyepam 2017) :mrgreen:

    3. nitalanaf says:

      Wah asyik juga jadi hemat. Biarpun cuma 6.500 (kalau saya kenanya segini) tapi kalau yang ditransfernya banyak, ya bikin abis duit juga, haha… Caranya pun juga ga ribet ya…

    4. bermanfaat sekali informasinya, mas..
      terima kasih!

    5. Madi Eka says:

      kalo yg di luar jakarta, gimana cara ketemu sama kru flipnya?

    6. Nathalia DP says:

      Wah br tau… Asyik nih…

    7. Inklocita says:

      Wah baru denger nih Om, langsung ini saya daftar lumayan banget kan menghemat biaya trf antar bank. Thanks infonya Om

    Leave a Reply

    CommentLuv badge