Berdebat Gara-Gara Buah Kesemek

Buah apa yang genit?

Kesemek! Kesemek!!

Kira-kira gitu tebak-tebakan jadul nan garing jaman dulu. Dulu sih ga garing, tapi terlihat seperti tebak-tebakan cerdas.

Kesemek
Buah Kesemek (Wikipedia)

Di kantor gue ada 2 orang yang kalo berdebat gak mau kalah, pokoknya kekeuh sama pendapatnya mereka masing-masing. Sebut saja Amar dan Ryllis (karena sebut saja Mawar sudah terlalu mainstream).

Amar dan Ryllis ini berjenis kelamin sama. Suatu hari Amar membeli Rujak atau buah-buahan di belakang kantor. Komposisi buah-buahan itu lengkap, sesuai musim. Dari mulai Pepaya, Melon, Semangka, Nangka, Jambu, Kedondong, Mangga, Sawo, bahkan sampai Jeruk Bali. Namun di hari itu ada buah yang berbeda, yaitu Kesemek.

Kebetulan lagi musim Kesemek.. 

Seperti biasa, kalo ada makanan di kantor, kita selalu share dan makan bareng-bareng. Sambil makan buah, mulailah komentar tentang Kesemek. Ada yang bilang ga suka, ada yang bilang manis, ada yang bilang rasanya aneh.

Ini Kesemek bedaknya itu alami atau dibedakin sih?

Gue pun ikut komentarin Kesemek dengan pertanyaan itu.

Gue rasa temen-temen gue yang udah pada senior dalam kehidupan ini tau jawaban yang pasti. Tapi ternyata engga, terjadilah perdebatan.

Amar: Ya alami lah, itu udah dari sananya..

Gue mengangguk

Ryllis: Engga, itu Kesemek dibedakin sama manusia..

Gue bingung

Amar: Lah rajin banget manusia bedakin kesemek..

Masuk akal juga sih, tapi gue udah mulai bingung, kayanya Mba Ryllis ini yang salah, masa iya manusia bedakin Kesemek, tujuannya apa coba?

Ryllis: Iya pokoknya itu Kesemek dibedakin, biar apa gitu dulu aku diceritainnya gitu.

Gue masih bingung, tapi untuk sementara gue yakin kalo Kesemek itu udah berbedak sejak dia ada di pohon, alias bedaknya alami bukan dibedakin manusia.

Amar: Ih sok tau..

Gue gak mau ikut campur, gue langsung balik ke meja kerja gue. Temen-temen gue yang lain pun gak mau ikutan.

Setelah beberapa bulan dari perdebatan ini (gue pun ga tau seberapa lama), ada temen dari cabang lain mampir ke kantor. Kebetulan dia orangnya suka ngomong, segala macem diceritain, dan emang pengalamannya luas. Sebut aja Bung O.

Bung O ini lagi ceritain hasil kebun dia, emang sih dia punya kebun di beberapa daerah. Dia cerita kalo dia punya pohon buah-buahan. Nah denger kata itu gue langsung inget sama Kesemek. Mudah-mudahan dengan adanya pendapat pihak ketiga bisa tercerahkan. Sebenernya bedak di Kesemek itu alami atau dibedakin manusia sih? Amar, Ryllis dan temen-temen gue yang lain pun langsung merhatiin.

Bung O: Dibedakin lah.. itu kan karbit..

Ibarat petir di siang bolong, mba Ryllis pun tersenyum dengan penuh rasa kemenangan

Ryllis: Tuh kan.. aku bilang juga apa..

Gue terheran-heran, tujuan orang bedakin apa? Terus kenapa karbit?

Bung O: itu biar mateng dan manis, makanya dikarbitin.. Kalo gak dikarbitin, sampe firaun bangkit dari kuburnya pun Kesemeknya gak akan manis.

Mba Ryllis sumringah sekali atas pernyataan dari Bung O ini.

Ryllis: Iya dulu aku tuh diceritainnya kaya gitu.. Itu karbit

Ga mau kalah, Amar pun ngebales

Amar: Yee, kamu gak bilang itu karbit

Sekarang udah tercerahkan deh, kalo Kesemek itu genit karena dibedakin oleh manusia, dan bedak kesemek itu adalah Karbit, tujuan dibedakin adalah biar Kesemeknya mateng dan manis.

.

.

.

Tebak ini buah apa?

Kesemek di Jerman
Buah di Supermarket di Jerman (Dok. pribadi)

Tiba-tiba istri gue nge-Line dengan foto buah ini.

Sekilas sih mirip Jambu Air, tapi gue lebih yakin kalo itu adalah Kesemek.

Dan ternyata benar..

Terus gue nanya, di Jerman buah Kesemeknya dibedakin juga ga?

Ternyata engga lho! Terus gue sotoy gitu ke istri gue.

Gue: pasti buah Kesemeknya ga manis ya?

Istri: Manis kok.. emang kenapa?

Gue bingung, jangan-jangan Bung O itu udah bersekongkol buat belain Ryllis biar dia gak dibilang salah. 🙄

    18 Responses to “Berdebat Gara-Gara Buah Kesemek”

    1. Nah loh. Jadi yang bener yang mana?

      gambar pertama mirip mangga, gambar kedua mirip jambu. Tapi kok gue nggak pernah ngerasa makan ginian ya. Apa jangan-jangan di planet gue buah ginian emang gak pernah ada? Kesemek itu kan tempat bersembunyi ya. Kalo dikejar anjing biasanya sembuny kesemek-semek.

      Oke itu garing.

    2. puputs says:

      gw malah tertarik dengan Ryllis dan Amar yang katanya berkelamin sama, berarti Amar cewek juga kan ????

    3. ariosaja says:

      apa kesemuk tuh mirip buah duku yah ?? 😯

    4. Zizy Damanik says:

      Saya pertama kali lihat kesemek waktu di Berastagi. Terkagum-kagum lihatnya karena ada bedaknya hahah…

    5. kresnoadi DH says:

      Aku termasuk yang salah satu ngira kalo itu alami. (padahal anak kehutanan yang harusnya jago soal pohon-pohonan.). Belum pernah liat pohonnya langsung siih. Hmmm apa mungkin gara-gara faktor lingkungan dan pengelolaannya ya? *lalu jadi mendadak serius* \:p/

    6. sering bgt dgr nama buah ini, tp blm prnh ngerasain rasanya :D.. jd penasaran… apa manis ato ga ;p

    7. khuclukz says:

      main kesemek semek yuk 😀

    8. Rian says:

      buah kesemek ada sampe Jerman dan gue belum pernah nyobain 😯

    9. winny says:

      kesemak pernah lihat waktu di brastagi

    10. winny says:

      terakhir pernah makan kesemak waktu di brastagi

    11. masmoemet says:

      ah kesemek … itu mah buah ambigu kalo menurut ane, rasane gak jelas. di daerah ane juga genit tuh buah pake bedak

      ohh itu karbit ya bedaknya ? kok gak bisa terbang yak kayak balon karbit yang dipasar malem itu, keren kayaknya kalo jual buah kesemek yang dibedakin karbit dengan kondisi buahnya ngambang diudara ditali bagian bawahnya trus diiket pake batu yang dimasukin ke plastik kecil, anti mainstream banget 😆

      original sampah garing by masmoemet

    12. Baru tau ada buah kayak gini..

    13. Khair says:

      baru tw sya ini buah kesemek, banyak bngt lah ini di daerah ku. gak tw rasanya gmana, hehe

    14. kalo menurut saya, kalo dilihat didalam buah kesemek ini hampir mirip dengan buah apel, tapi kalo ngomongin soal rasa memang manis sepet gitu berbeda dengan buah abel tentunya… 😆

    Leave a Reply

    CommentLuv badge