Makanan dan Minuman yang Bikin KAPOK

Nyobain makanan dan minuman baru atau istilahnya icip-icip emang jadi hal yang wajib kalo kita ke tempat baru, apalagi tempatnya jarang kita kunjungi. Emang sih penasaran rasanya kaya gimana, tapi risiko yang kudu kita tanggung adalah rasanya ga sesuai dengan selera kita.

Kali ini gue mau bahas Makanan dan Minuman yang cukup dicoba sekali aja, alias kapok, atau gak lagi-lagi deh menkonsumsi makanan/minuman itu. Kali ini sih penyebab kapoknya karena selera, bukan masalah tempat atau harga.

BALUT

Gausah pake imbuhan Pem- ya.. Ini adalah makanan Khas Filipina. Buat yang belum tau, Balut itu adalah telur yang embrio ayamnya udah jadi! Gimana? udah kebayang kan ini rasanya kek gimana.. Masih belum kebayang juga?


Balut di Pinggir Jalan di Filipina, harganya cukup Rp 3.500/butir.

Jadi waktu itu, gue masih ragu, sebenernya Balut itu HALAL APA HARAM sih? Sebagai seorang muslim *rapihin mukena* gue  diwajibkan memakan makanan halal kan. Setelah pergolakan dalam hati terjadi, kebetulan waktu itu gue lagi di wilayah perkampungan Muslim di Quiapo, Kota Manila, Filipina. Jadi kita todong orang muslim di sana buat ngasih testimoni (((TESTIMONI))) gimana sih makan balut, terus pandangan ulama di sini gimana?

Menurut Bang Mabuhay (bukan nama sebenarnya) ada 2 pendapat ulama di sini tentang hukum makan Balut. Ada yang membolehkan ada juga yang mengharamkan. Jadi katanya tinggal pilih sesuai keyakinan aja.

Lho kok begitu Bang Mabuhay? Kita jadi bingung nih jadi mau nyoba apa engga?

Gue pun nanya, terus Bang Mabuhay, yang diketahui ternyata dia PNS Imigrasi Filipina ini, makan Balut apa engga? Jawab dong Bang!!

Bang Mabuhay pun ngejawab kalo dia itu JUGA MAKAN BALUT. Karena Balut ini buat stamina mereka, jadi kalo butuh tenaga itu mereka makan Balut.

Oh gitu.. Ternyata Bang Mabuhay pun makan Balut! Gue pun langsung pesen Balut 1 sambelnya dipisah dan gak pake seledri.

Gue ngeliat temen gue makan, ekspresinya biasa aja, kaya gak akan terjadi sesuatu sama dia. Terus gue tanya gimana rasanya? Dia jawab Enak kok..

Oh ternyata enak. Baiklah..

Gue langsung kupas Balutnya, langsung deh BAU AMIS MENYENGAT, terus ngeliat embrio ayam.. hiyyy..

Di situ disediain minyak sama garam, jadi kalo biar nambah selera bisa ditambah minyak dan garam. Gue memberanikan diri memasukkan Balut ke dalam mulut, walau pikiran acak kadut sampe muka kaya badut.

Amis di mulut, gue coba kunyah terus.. Amisnya gak ilang, langsung gue coba telen biar amisnya cepetan ilang. TAPI GAK KETELEN-KETELEN!

ENEGG!!

Akhirnya yang udah masuk ke mulut gue keluarin lagi.. Sayang sih emang tapi mau gimana lagi rasanya gak enak banget.

Cukup SEKALI aja makan Balut, soalnya bau amisnya susah ilangnya! Gue yaa mendingan telen kuning telur mentah-mentah deh daripada harus makan embrio mateng ini! Ga salah kalo CNN nyebut kalo ini adalah makanan No. 1 terekstrem di dunia!

Tampilan Balut
Beginilah tampilan Balut kalo dikupas

Daan untuk kategori MINUMAN jatuh kepada….

KELAPA BAKAR

Kelapa Bakar? Iya.. namanya yang aneh bikin gue penasaran pengen nyoba, gimana sih rasanya!

Berawal dari lewat salah satu jalan di deket rumah gue, ada penjual minuman Es Kelapa Muda, di situ gue liat ada tulisan Kelapa Bakar. Sering lewat tapi baru hari itu gue berani untuk nyoba.

Setelah memesan, gue nunggu dan cukup lama. Prosesnya adalah ada beberapa Kelapa yang diasapkan di atas tungku gitu, jadi gak sepenuhnya terbakar si Kelapanya. Tapi cukup membuat isi dari Kelapa ini mateng!

Setelah cukup lama menunggu, akhirnya ini dia… KELAPA BAKAR!

Awalnya gue terkejut, seneng karena akhirnya bisa nyobain Kelapa Bakar ini.. Kelapanya gede, terus masih ada asep-asepnya.

Kelapa Bakar

Setelah dibuka, ternyata dalamnya sudah dikasih gula, jadi warna airnya sudah kecoklatan. Gue kerok daging kelapanya, ternyata tebel banget, gak seperti kelapa muda gitu.

Kelapa Bakar

Gue coba minum, ternyata panas banget! Agak susah sih kalo minum panas pake sedotan.. Pas udah cukup adem, gue minum lagi, ternyata rasanya aneh! Rasanya emang manis, tapi kaya bau apek, dan rasanya lebih ke arah kaya Bajigur, tapi kalo Bajigur kan enak, kalo ini rasanya aneh banget. Kaya Minum Air Kelapa yang udah basi gitu.

Daging kelapanya juga rasanya aneh banget, gak kaya makan daging kelapa muda tapi udah alot-alot gimana gitu ya.

Daging Kelapa Bakar

Seporsi ini banyak banget, jadi gak habis kalo minum sendirian. Gue pun menyesal, apalagi pas mau bayar, ternyata harganya 20ribu aja gitu hahaha.. Padahal kalo Kelapa Muda utuh itu 7ribuan aja. Setelah pulang pun rasanya masih kerasa di mulut dan tenggorokan, apalagi karena panas itu bikin tenggorokan gak enak.

Cukup sekali aja deh konsumsi makanan dan minuman itu lagi, kalo ditraktir pun gue gak mau hahaha..

Kalo kalian, makanan yang bikin Kapok apa?

    32 Responses to “Makanan dan Minuman yang Bikin KAPOK”

    1. Ridu says:

      *tiba-tiba jadi hilang nafsu makan* 🙄

    2. ninit says:

      gw ga mau makan mie kopyok lagi du. ga enak. kerasanya bawang putihnya doang..
      btw, balut makanannya fear factor banget iti

    3. Adhe says:

      Makasih DU, gw jadi ga penasaran lagi.
      Huek

    4. TUKANGCOLONG says:

      yang makanan, coba dikasi minyak ama garem..

      yang kelapa, emang kelapanya yang ketuaan kayaknyaa

      • Ridu says:

        udah coba Balut juga? Udah nyoba masukin minyak dan garem tapi rasanya gitu aja hii..

        Kelapa ketuaan bisa jadi sih.. mungkin ada saran kelapa bakar terbaik biar gak kapok lagi.. :mrgreen:

    5. Renggo says:

      Itu balut serem amat. Kalo disuruh makan, gue langsung nolak tuh. Udah kayak Fear Factor aja 😕

      • Ridu says:

        kalo dari luar kaya telor biasa sih, pas dibuka kalo bagian kuningnya itu sama kaya kuning telur rebus, tapi pas dapet bagian embrionya ya gitu deh hahaha

    6. Fahmi says:

      Eh, masak kapok makan balut? Enak loh padahal itu 😀 kayak telor~ xixixi

    7. gadgetboi says:

      jiahahaha .. nyobain juga makanan jahanam dari filipina … :mrgreen: .. saya nyobain pas waktu SD… sampe sekarang jadi eneg sama jeroan ….

    8. kips says:

      Sempat lihat di TV, kalau gak salah ceritanya banyak dijual kaki lima di Cina. Saya ngeri “eneg” lihatnya juga itu balut, apalagi kalau terkait bau amis. Mantap juga bisa nyobain euy :mrgreen:

      • Ridu says:

        Hahaha.. ini saya karena penasaran aja, iya ini kalo di Filipina juga dijual di kaki lima kok 😀

        • kips says:

          Serius salut banget bisa melahap sampai habis.
          Gak kebayang tuh anak ayam lagi hidup “utek-utekan” haha…

    9. irza says:

      hmmm dilihat sih enak, pas diminum hadeehhh bikin sakit wkwkw

    10. Anggie says:

      Jieee makan balut 😀

    11. Anggie says:

      Jiaaah.. giliran sampe Endonesa, baru bisa komentar coba….

      Pundung ah..

    12. Anggie says:

      Maraming salamat po! Mabuhay po kayo!

    13. hlga says:

      wahahaha ga bakal mao deh makan balut itu sekalipun ditawarin
      ngeliatnya aja udah gimana gitu

      huek

      tapi kalo yang kelapa bakar belom pernah nyobain juga sih
      bakal mikir lagi kalo ditawarin..

    14. presyl says:

      asli langsung ilfil du ngeliat balut, ga tega itu udah keliatan kaki ayamnya >.<
      btw itu kelapa bakar pernahnya gue bakar sendiri du di rumah, tapi bukan kelapa muda, kelapa ijo, dan ga pake gula gitu, soalnya buat obat dan rasanya ngga eneg kok

    15. rian says:

      untung udah selesai sarapan baru baca postingan ini hahaha

      balut itu pernah menunya fear factor tuh du 😆
      rian recently posted…[Review] Nyobain Siaran TV Digital Terrestrial DVB-T2My Profile

    16. kok jadi eneg ya gara-gara baca artikel balut 😀

    17. perlu dicatet nih, jadi kalau ngebolang kesana gk usah makan yang gk enak dan mahal pula 🙂

    18. jaka says:

      Penawaran Paid Review
      Hallo,

      Saya Soffian dari UrbanIndo.com situs jual beli properti No. 1 di Indonesia. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, blog Anda adalah salah satu blog yang membuat saya tertarik untuk berkunjung dan membaca setiap konten yang ada pada blog Anda.
      Saat ini kami sedang mencari blogger yang mempunyai blog berkualitas tinggi seperti blog, dengan ini kami mengajak Anda untuk bekerja sama dengan kami untuk melakukan paid to review. Kami akan sangat senang sekali jika Anda tertarik.
      Jika Berminat silahkan mengirimkan email ke :soffian@urbanindo.com

      Salam

      Soffian

    19. jaka says:

      makasih gan infonya dan salam sukses

    Leave a Reply

    CommentLuv badge