Rute ke Megamendung

Sekedar share untuk temen-temen yang akan mengikuti diklat Prajabatan di Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan di Megamendung, bagi yang pertama kali ke sana pasti akan bingung, apalagi buat yang menggunakan transportasi umum. Jadi berikut ini beberapa alternatif rute transportasi umum yang bisa dipilih sesuai dengan situasi :D


DARI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA

Alternatif 1:  Naik Bis Damri ke Bogor (Rp 35.000)

  1. Di Terminal Bogor (Baranangsiang), Naik Angkot ke Ciawi, turun di Pasar Ciawi (bayar Rp 2.500 – 3.000).
  2. Abis turun, jalan kaki sekitar 100 meter sampe di depan RM Padang baru naik Angkot Biru jurusan Pasir Muncang. Turun di depan Diklat (bilang aja sama supirnya minta turun di Diklat MA, pasti tau) Ongkos bayar 3.000. Untuk naik angkot ini harus agak jalan kaki dulu, soalnya ‘nge-tem’ nya agak jauh dari prapatan Ciawi, tanya ke orang sekitar “Angkot ke Pasir Muncang dimana?” Biasanya mereka tau.

Alternatif 2: Naik Bis Damri ke Kampung Rambutan (Rp 25.000)

  1. Di Terminal Kampung Rambutan, pilih salah satu bis ini (Ongkos sekitar Rp 10.000 – 15.000):
    • Bis Rambutan-Bandung via Puncak (Mios, Sinar Pasundan, Harum, Purba Mulya, Purba Jaya, Agung Makmur, Taruna Jaya)
    • Bis Rambutan-Garut via Puncak (Karunia Bakti)
    • Bis Rambutan-Tasik via Puncak (Doa Ibu)
    • Bis Rambutan-Sumedang via Puncak (Medal Sekarwangi)
    • Bis Rambutan-Cianjur (Parung Indah) *paling direkomendasikan, nyaman dan Ber-AC*
  2. Dari salah satu bis di atas, bisa pilih turun di:
  • Pasar Ciawi, lalu jalan kaki sekitar 100 meter sampe di depan RM Padang baru naik Angkot Biru jurusan Pasir Muncang. Turun di depan Diklat (bilang aja sama supirnya minta turun di Diklat MA, pasti tau) Ongkos bayar 3.000. Untuk naik angkot ini harus agak jalan kaki dulu, soalnya ‘nge-tem’ nya agak jauh dari prapatan Ciawi, tanya ke orang sekitar “Angkot ke Pasir Muncang dimana?” Biasanya mereka tau.
    *copas dari atas* :p
  • Gadog, kalo turun di sini harus hati-hati takut kelewatan. Patokannya adalah gak jauh dari Pintu Keluar Tol Gadog dan turun di depan Alfa Mart. Dari sini bisa naik Angkot Jurusan Pasir Muncang turun di Diklat MA (bayar Rp 3.000) atau naik Ojeg (bayar Rp 10.000 – Rp 15.000)

Alternatif 3: Naik Bis Damri ke Lebak Bulus (Rp 20.000)

  1. Di Terminal Lebak Bulus, naik Bis Parung Indah jurusan Lebak Bulus – Sukabumi (Rp 10.000) lalu turun di Pasar Ciawi. Bis ini gak sampe malem banget, maksimal sampe Magrib. Kalo udah lewat Magrib, naik Bus Agra Mas ya, jurusan Lebak Bulus – Bogor, turun di Terminal Bogor (Baranangsiang) lalu liat rute di alternatif 1 di atas.
  2. Di Ciawi, lalu jalan kaki sekitar 100 meter sampe di depan RM Padang baru naik Angkot Biru jurusan Pasir Muncang. Turun di depan Diklat (bilang aja sama supirnya minta turun di Diklat MA, pasti tau) Ongkos bayar 3.000. Untuk naik angkot ini harus agak jalan kaki dulu, soalnya ‘nge-tem’ nya agak jauh dari prapatan Ciawi, tanya ke orang sekitar “Angkot ke Pasir Muncang dimana?” Biasanya mereka tau.
    *copas dari yg atas lagi* :p

DARI JAKARTA

Selain bisa memilih dari alternatif di atas, rute dari Jakarta bisa lebih beragam lagi.

Alternatif 1: Naik Kereta Rel Listrik

Dari Stasiun Bogor, naik angkot ke Terminal Baranangsiang. Lalu lihat rute di Alternatif 1 di atas.

Alternatif 2: Naik Travel

Untuk Travel dari Jakarta ke daerah Ciawi-Puncak bisa cek di link ini dan ini.

Alternatif 3: Naik Taksi

Kalo dari Cawang sih biayanya kurang lebih Rp 150.000

Lokasi Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan di Megamendung

Karena posisinya tidak persis di jalan raya Puncak, maka perlu diteliti dulu nih buat yg akan ke sana. Lokasi Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan bisa dilihat di Google Maps ini. Dari Jl. Raya Puncak sekitar 10 – 15 menit sampe ke Diklat.

Oke segitu dulu penjelasan rute-rutenya. Kalo ada yang mau nambahin, boleh banget lho.. Kalo mau tanya boleh juga. Sampe ketemu di Megamendung!

:charming: :charming: :charming:

Update:

Info tambahan dari Renita Wiharna

Rute menuju tempat diklat prajab cara cepat, kalo yg ga tau jangan bilang “MEGA MENDUNG ” tapi lebih tepatnya ” PASIR MUNCANG ” karena kalo mega mendung angkutan taunya ada di daerah cipayung arah puncak. Angkutan pasir muncang adanya di dekat “POLSEK CIAWI” banyak yg menawarkan jasa “ojek” ati2 ga semua tukang ojek jujur yaa..#biar aman tanya ke polisi yg sedang jaga di sekitar.

Yup betul banget, Pokoknya untuk tanya, jangan hanya Mega Mendung tapi Diklat MA Megamendung, lokasi persisnya di Pasir Muncang, ada Angkot yg langsung ke sana jadi jgn khawatir, yg penting pastiin itu Angkot ke Pasir Muncang (karena cuma 1 angkot yg ke Pasir Muncang) :D Makasih Renita infonya :D

rute menuju tempat diklat prajab cara cepat, klo yg ga tau jangan bilang “MEGA MENDUNG ” tapi lebih tepatnya ” PASIR MUNCANG ” karna klo mega mendung angkutan taunya ada di daerah cipayung arah puncak.angkutan pasir muncang adanya di dekat “POLSEK CIAWI” bnyak yg menawarkan jasa “ojek” ati2 ga semua tukang ojek ju2r yaa..#biar aman tanya k polisi yg sdg jaga d sekitar

    20 Responses to “Rute ke Megamendung”

    1. Ridu says:

      Pertamax dulu di lapak sendiri. :d

    2. yuly says:

      nanti numpang nanya deh masbro,,,
      soalnya gk pernah ksono,,,
      klo udh dker hari H,,hehehe

    3. Tya says:

      This helps a lot..tengkyu:)

    4. budiono says:

      wah mantab, jadi intinya ridu habis diklat di sana ya? selamaaattt… makan2.. :kembar:

    5. wah, selamat ya Ridu :D

    6. Angga says:

      saya kapan dong diklatnya bang? :P
      cieeh yang udah diklat, jadi pesta nya kapan bang? *eh*

    7. ndop says:

      <— ga pernah ngrasain diklat… :D

    8. arie p y says:

      Om ridu sebenernya kenek apa sih?? :o :p

    9. emfajar says:

      nice info gan! gw biasanya kalo nyasar2 di jalan pasti nanya ama tukang parkir :yess:

    10. Quchie says:

      berbakat ya kamu…

      jadi juragan angkot.. :P

      #kabur

    11. mkasih bwt infonya :yess:

    12. bedil says:

      Ga ada Peta nya Gan ? Sma Diklat Pertanian PPMKP manannya ya ?

      :o :o :o

    13. srikandi says:

      terima kasih infonya

    14. maya says:

      Klo mau ke PT saung mirwan jalan cikopo selatan no 134 kec megamendung naik apa ya klo dr lebak nulus ato kampung rambutan? trimakasih. ;)

    15. office 2010 says:

      Good,Your article are very good and Its very practica,thank you.

    16. hatta says:

      penitipan motor deket pusdiklat MA ada gak???

    17. Rofie says:

      maksih gan buat infonya… :ayuk2:

    18. Andhy says:

      Nambahin sedikit, angkutan yang biasa gue tumpangin waktu mau diklat ke mega mendung, dari cawang UKI, deket halte busway cawang-UKI ada omprengan, sejenis mobil Colt L-300 yang langsung ke pasar Ciawi, ongkos sekitar Rp. 10.000-15.000 (lupa..) dari ciawi lanjut deh pake rute diatas..

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site