Kenangan Bus Tingkat

Dulu sewaktu gue masih umur 5 tahun (sekitar tahun 1992-an), gue sering banget ke rumah Nenek gue di daerah Gandaria naik Bus Tingkat! Bus yang gue naikin itu rutenya Pulo Gadung – Blok M. Bus 2 lantai ini emang asik banget kalo dinaikin. Gue sama Nyokap paling suka kalo naik di lantai 2. Soalnya tinggi jadi bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.


Bis Tingkat yang melewati jalan di Jakarta

Pengalaman terakhir yang gue inget dari Bus Tingkat ini adalah waktu itu mogok di kolong Tol Dalam Kota arah Tanjung Priok. Gara-gara busnya mogok gitu, akhirnya penumpang telantar dan kita semua dioper ke bus lain. Dari situ Nyokap kapok naik Bus Tingkat, soalnya waktu itu nyokap lagi hamil Adek gue. Udah deh akhirnya gue gak naik lagi yang namanya Bus Tingkat dan sampe akhirnya Bus Tingkat dihapuskan dari Jakarta.

Nah yang jadi pertanyaan adalah, kemana sekarang Bus Tingkat di Jakarta? dan kenapa bisa dihapuskan?

Oke, sebelumnya kita refresh dulu wujud dari Bus Tingkat yang pernah lalu-lalang di Jalanan. Kabarnya dulu si Bus Tumpuk ini selain beroperasi di Jakarta, juga beroperasi di Solo, Surabaya, dan Makassar.  Nah kalo Bus Tingkat berikut ini yang ada di Jakarta dengan rutenya Blok M – Kota. (sumber gambar)


Bus Tingkat di Jl. MH. Thamrin Jakarta, terlihat ada Metromini di sampingnya. hehe..


Melewati kawasan Jl. Jend. Sudirman Jakarta


Nah kalo ini dekat Flyover Karet.

Kelebihan Bus Tingkat

Ada beberapa kelebihan dari si Doubledecker ini. Menurut Wikipedia kelebihannya ntara lain:

  • Pemakaian ruang jalan yang hemat. Tentu donk, dengan adanya 2 lantai bus ini, maka akan menghemat ruang jalan yang dipake, jadi kapasitas 2 bus bisa dipangkas menjadi 1 bus. Jadi bisa menghemat pemakaian jalan.
  • Sesuai dengan trayek angkutan yang demand-nya tinggi. Dengan daya angkut yang besar, Bus Tingkat bisa menjadi solusi sarana transportasi di daerah yang banyak penumpangnya.
  • Disenangi untuk pariwisata. Di beberapa negara, Bus Tingkat banyak yang dikhususkan untuk tujuan pariwisata. Bahkan banyak juga yang atapnya terbuka, sehingga lebih leluasa dalam menikmati pemandangan sekitar.

Kekurangan Bus Tingkat

Ada kelebihan, pasti ada kekurangan juga donk, nah beberapa kekurangan dari Bus Tingkat antara lain:

  • Tidak stabil, karena posisi titik beratnya tinggi, sehingga hanya sesuai untuk medan yang datar. Karena semakin hari walaupun Jakarta itu berada di tanah yang datar, namun semakin banyak fly over yang dibangun, sehingga agak kesulitan bagi Bus Tingkat.
  • Tidak semua jalan bisa dilalui karena batasan tinggi maupun kelandaian jalan. Yup, banyak fly over dan underpass yang dibangun dapat membatasi ruang gerak si Bus Tingkat ini.
  • Jalannya yang lambat. Mungkin karena bebannya besar sehingga mempengaruhi pada kecepatan si Bus Tingkat ini. Banyak orang yang dalam keadaan tergesa-gesa menghindari untuk naik bus Tingkat karena alesan lambat. Kasarnya kaya keong. hahaha

Terus, kenapa Bus Tingkat dihapuskan?

Sebenernya gak ada keterangan resmi kenapa Bus Tingkat itu dihapuskan, tapi ada beberapa faktor yang bisa memperkuat kenapa Bus Tingkat ini menjadi Almarhum. hehe

  • Suku cadang yang sulit dicari. Menurut pihak DAMRI, suku cadang itu harus diimpor dari luar negeri dan harganya pun mahal.
  • Kurang aman, karena terlalu tinggi, selain itu rata-rata Bus Tingkat masih menggunakan transmisi otomatis yang sederhana yang mengakibatkan kurang nyamannya saat perpindahan gigi, jadi ndut-ndutan gitu bus-nya.
  • Bus kurang stabil, jadi sering goyang-goyang, apalagi yang di lantai 2.
  • Katanya sering terjadi kecelakaan saat melewati terowongan yang ternyata tidak pas, kaya di Manggarai dan Jatinegara (tapi masih katanya lho)

Yup, hal-hal itu sih yang bikin Bus Tingkat menjadi almarhum di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Nasib Bus Tingkat Saat ini

Nasib Bus Tingkat kini memang memprihatinkan, Bus Tingkat banyak yang menjadi ‘bangkai’ di tempat peristirahatan terakhir mereka.

Tapi menurut berita ini, kita masih bisa menikmati Bus Tingkat di Solo lho.. tapi untuk tujuan wisata aja sih. Sekali naik itu kita harus merogoh kocek Rp 20.000 perorang atau Rp 800.000 kalo Rombongan. Selain itu ada juga yang kreatif memanfaatkan bangkai Bus Tingkat ini. Bangkai Bus Tingkat ini disulap  menjadi sebuah Distro Pakaian di Blok M, letaknya sebelum pintu masuk Mall Blok M, kaya gini bentuknya (sumber gambar)


Bus Tingkat yang disulap menjadi sebuah Distro Pakaian di Blok M


Posisinya persis di samping pintu masuk Mall/Terminal Blok M

Pengganti Bus Tingkat

Pengganti Bus Tingkat? Sebenernya gak disebut pengganti Bus Tingkat juga sih, tapi konsepnya sama, yaitu menggabungkan 2 bus jadi 1. Nah ini dia pengganti Bus Tingkat!

klik!

Bus Transjakarta Gandeng atau Busway Gandeng ini sudah lama beroperasi, namun hanya ada di koridor 5 (Kampung Melayu – Ancol) dan koridor 9 (Pluit – Pinang Ranti). Koridor tersebut dipilih karena jalur yang dilewati itu relatif lurus dan tidak berbelok-belok.

Dengan segala kekurangan dan kelebihan si Bus Tingkat, gue masih pengen nostalgia naik Bus Tingkat deh, apalagi naik yang di atasnya..

    57 Responses to “Kenangan Bus Tingkat”

    1. Ridu says:

      Eh di Singapore juga banyak bus tingkat sih, tapi blom sempet nyoba naik.. :nangis:

    2. terakhir kali naek bus tingkat itu… waktu dari blok M ke stasiun Kota, mau naek kereta api buat pulang kampung..

    3. Raffaell says:

      Kalo di Inggris bus tingkat itu masih ada, mungkin karna disono paling panas 23 drajat doang, jadi bus ga perlu compressor ac yang gede. Di KL juga ada banyak bus tingkat. Tapi ni bus ga bisa jalan disemua tempat karna tingginya.

    4. @helgaindra says:

      ah jadi pengen deh nyobain naek bus tingkat
      kalo busway gandeng mah sering hehehehe

    5. anno' says:

      gw terakhir naik bis tingkat di KL bulan kmrn..itupun utk wisata

      selain KL di HK dan SG juga ada bus dan terbaru di SOLO utk wisata juga.

      sepertinya JKT emang gak cocok bus tingkat karena banyak kolong2 sekarang :x :x

    6. Yu2n says:

      Nah Du, saya malah blm pernah naik bus tingkat yg di Jakarta, sekalinya naik waktu ke S’pore :) yg di lantai dua emang lbh seru.. hihi..
      Yg busway gandeng itu juga blm pernah.. *kapan ke Jakarta lagi gw* :super2:

    7. Lynn says:

      saya.. saya cuma pernah liat tapi ga pernah naek. soalnya dulu masih kecil gitu, saya inget pernah liat tapi ga inget pernah naek atau engga hihi

      busway gandeng saya udaaah! hahaha, padahal waktu itu bus nya kosong dan saya bela2in berdiri di gandengannya itu selama beberapa waktu :P :yess:

    8. Triunt says:

      eh makanya ke Solo mas.
      Bis tumpuknya udah mulai jalan tuh

      nih beritanya
      http://solo.travelbuck.net/double-decker-tour-bus-dont-have-route-permits.aspx

    9. yg gambar terakhir itu bukan bus tingkat, tapi bus sambung..

    10. sesungguhnya, metromini nggak ada apa-apanya dibanding bus tingkat ya.
      terakhir kali naik bus tingkat pas bus nya nyeruduk poon. alhasil ada batang yang nyangkut dan bus nggak bisa gerak :nyerah:

    11. Jimmy says:

      di bandung ga pernah ada bus tingkat, jadi belum pernah naik deh :)

    12. presyl says:

      gw sukaaaaaaaaa naik bus tingkat.
      gw lupa jurusannnya apa, tapi ya itu.
      gw masih inget rasanya naik bus tingkat, apalagi yg tingkat 2.

      kayaknya klo bus tingkat terbuka yg buat wisata susah juga kali ya klo diterapkan di jakarta.
      klo di luar negeri udaranya bagus, lah disini.. polusi semua. huhuhu..

      ayo budayakan naik transportasi umum, naik bus transjakarta gandeng biar ga menuh2in jalanan :D

    13. nufri l says:

      hihiiii…iya…saya juga jadi terkenang masa itu…kalau naik bis tingkat maunya diatas…kesannya gimanaaaa gitu….maklum..waktu itu masih kecil…hahaaaaa…

      salam :)

    14. Gue pernah ke distro bus yang di blok m tuh! :musik:

    15. volverhank says:

      ah belum kesampean naik bus tingak udah di ilangin ya huhu

    16. audrey says:

      gue baru sekali doang naik bus tingkat pas kecil, mau lagi TT________TT

    17. itacasillas says:

      bus tingkat..alhamdulillah sudah pernah nyoba pas d Bangkok..seru lho!! :ayuk2:

      sayangnya skrg g ada d Indonesia :(

    18. dhila13 says:

      aku juga tuh.. pas umur 5 tahun pas kelas 1 SD di taun 92, dan bahkan sebelum taun 92, kira2 pas TK, suka diajak jalan2 sama ayah keliling jakarta naik bus tingkat.. :)

      salam…

    19. cemens says:

      abis baca nih postingan, jadi inget zaman dulu, naek tingkatx serasa rumah sendiri heheh, btw bus tingkat Distro jurusan BlokM-BlokM yah ;-)

    20. phiy says:

      seumur-umur belum pernah naik bus tingkat. Cuma pernah liat doang. Mabok kali ya klo aku naik itu, ndut-ndutan sih kata ridu..

    21. niee says:

      di negara asia lainnya kayaknya masih banyak deh yak bus tingkat,, malah seru gitu klo bisa naeknya,, kenapa pula di Indonesia dihapuskan :gila:

    22. soe says:

      kalau di singapore bus tingkat masih ada, adem naiknya dan si supirnya pun juga ramah, tapi sayang, kalau duit kembalian susah ngomong nya ;-)

    23. dian eka says:

      Jadi kangen.. :) Saya naik bus tingkat pertama dan terakhir di Solo (kota kelahiran di tahun yang sama dengan di penulis ^^)

    24. Asop says:

      Waaaaaah kan bisa dimanfaatkan tuh, kayak jadi distro. :D
      Mungkin bisa jadi caravan tempat tinggal. :mrgreen:

    25. vina says:

      saya malah blm pernah naek bus tingkat.
      pengen bgt naek bus itu, masa iya harus ke London dulu :’(

    26. iam says:

      Huuaaaah gue belum sama sekali naik bis tingkat. Padahal waktu masih kecil gue pengen banget naik bis itu :(

    27. Edi Psw says:

      Kalo bus gandeng gak malah bikin macet lalu-lintas mas. Kan beloknya aja susah, pasti bikin macet.

    28. zee says:

      Ridu.
      Kenapa tidak pernah updated? :)

    29. awitara says:

      aku belum pernah naik busway apalagi bis tingkat.masalahnya saya tinggal di bali. kemacetan nya tak kalh hebat seperti di Jakarta, namun pemerintah di bali belum menunjukkan tanda2 maksimal untk menyikapi hal tersebut, underpass, bis massal, kereta keliling, sampai2 pelebaran jalan, pun Bali tetap macet, kasi solusi kawan,,,,salam kenal ,,,,,,saya agus dari bali,, :tipi:

    30. didut says:

      gw juga jadi kangen bis tingkat duuuuuuu :ngebor:

    31. ulan says:

      seru kayak nya tuh, sayang ga sempet ngerasa in

    32. Rusa says:

      wahhh sayang sekali ya dihapuskan, padahal Rusa blom nyobain du… :(

    33. sisca says:

      saya belum pernah naik bus tingkat. saya anak daerah. cuma pernah liat bus tingkat di jakarta waktu liburan…:(

    34. greatqo says:

      ih sayang yah. Padahal asik juga kayaknya. Negara lain aja masih punya.

      Mending Du, di Peklanbaru belum pernah ada sama sekali..
      :nangis:

    35. Bieb says:

      terakhir gw naek bus tingkat pas SMP wan. Waktu itu tarif anak sekolah masih 100 rupiah :D

    36. lampir says:

      bus tingkat pake knek juga nggak yah?

    37. Kurnia Septa says:

      ;-) kalau masih ada. bagus ya :)

    38. Zippy says:

      Kemarin gue lihat di TV, satu-satunya kota yang aada di Indonesia yang saat ini masih menerapkan bus tingkat hanya ada di Solo :D
      Wah..sayang, dulu waktu kesana gue belum pernah nyobain :D

    39. nonni says:

      yaampun itu yang di blok M bus tingkat toh yang disulap jadi distro ? *barunyadar *katroabis

    40. andha kp says:

      wahh kayaknya jakarta masih sepi tuh, :|
      tapi emang lebih efisien bus tingkat ya daripada bus biasa ;-)

    41. yayayou says:

      gue belum pernah naik. mupeng :gila:

    42. rian says:

      dulu waktu kecil pernah liat di tivi :tipi:

      tapi boro-boro pernah naek. tau jakarta aja ngga :debus:

    43. wibisono says:

      aku : “pa, aku naik di atas , di pojok depan kalo nggak di depan aku nggak mau !”
      papa : ” hey , kalo 20 tahun lalu mah kaga ngapa , kamu uda 28 taun , sadar lehh !!”
      aku : “oiya ya .. hehe lupa umur pa , kebanyakan waktu buat blogging mulu sih -__-”

      :kesel: :kesel: :kesel:

    44. Aubergine says:

      wah jd keinget lg. JAman dulu sering liat sliweran di jalan sudirman dan thamrin. Tapi ga pernah naik :D

    45. kips says:

      Dah lama gak mampir, sekalinya mampir mendapat suguhan yang menarik.
      Sekarang bus tsb tinggal kenangan, padahal kl khusus untuk area wisata dgn rute yg tidak terlalu jauh bagus tuh. :-D
      .-= kips´s last blog ..Becoming Ethical Preneur =-.

    46. pututik says:

      yang namanya bis tingkat sempat menjadi memori tersendiri antara saya dengan mantan pacar smp dulu :) pokoke lucu banget deh. yang namanya lantai atas merupakan tempat paling romantis kena angin sambil bawa popcorn hadah dimana dia kini berada ??????
      .-= pututik´s last blog ..Dunia Baru Kami =-.

    47. si.tam.pan says:

      fotofoto di atas…mengingatkan saya pada pemandangan khas film kadir-doyok atau juga warkop dki :D

      *kangen masa2 jaya itu…

    48. nuraeni says:

      ich..

      ku baru lht dari gambar ini ajach bus tingkatnya,
      thank’s infonya,. sedih dech :nangis:

    49. Zilko says:

      Bus tingkat memang keren ya sebenarnya. Btw, kalau di Belanda bus gandengnya ada yang sampe gandeng tiga tuh, hehehe :P
      .-= Zilko´s last blog ..#966 – Leftovers from Austria Trip =-.

    50. hehe bner bngt…. enak dah kalo naik bus tingkat di lantai 2, jadi bisa liat pemandangan deh :love:

    51. Berpariwisata enaknya naik bus tingkat yg bermerek MERCEDES BENZ. apalagi duduk di lantai 2
      ;-) :| :yess: :x :tipi: :super2: :sombong: :sial: :p :o :nyerah: :ngebor: :nangis: :musik: :males: :love: :kesel: :kembar: :kabur: :joget: :gila: :gemes: :gatau: :egp: :debus: :cpd: :charming: :bobo: :ayuk2:

    52. Pariwisata ke London yuk!!! melihat pemandangan, naik Bis tingkat bermarek VOLVO.
      :ayuk2: :bobo: :charming: :cpd: :debus: :egp: :gatau: :gemes: :gila: :joget: :kabur: :kembar: :kesel: :love: :males: :musik: :nangis: :ngebor: :nyerah: :o :p :sial: :sombong: :super2: :tipi: :x :yess: :| ;-)

    53. [...] referensi: Footprint / Ciputraentrepreneurship / ridu / TMCBlog / [...]

    54. hesty says:

      lu angkatan brapa sih bang. seumur2 di jakarta gw gak pernah liat bis tingkat, kecuali yg di blokm M itu ;D

    55. wah sangat unik yang ada gambar di atas..

    56. office 2010 says:

      It was a very nice story posted by yourself and i would like to appreciate you for this good job..

    57. kayla amira says:

      :razz: mau coba yang di solo…pasti seru…bisa sampai Malang ndak ya mas bus tingkatnya??? jd sekalian sampai BNS
      apalagi singapore sama di las vegas…he3 kejauhan….

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site