Hadiah Tahun Baru 2011: Macet Setahun

Halo semuanya.. Apa kabar? Selamat Tahun Baru 2011 untuk teman-teman setia blog ini *krik krik krik* Semoga resolusi tahun ini bisa kita capai dengan sempurna! Amin.. *copas dari postingan tahun lalu* hihihi

Anyway, tahun baru ngapain aja nih? Udah puas liburan kan? Oke saya juga puas liburan 4 hari lho! Dari tanggal 30 Desember kemarin sampai tanggal 2 Januari ini, ihik.. dan hari ini saya sudah masuk kerja lagi..

Guess what? Kejutan tahun baru adalah MACET SELAMA SETAHUN!

Jl. Pangeran Antasari
Jl. Antasari sebelum adanya pembangunan Flyover

Rumah saya di Cilandak, kalo mau ke kantor itu biasanya melewati Jl. P. Antasari. Jalan ini sering saya lewatin karena trafficnya gak terlalu padet kaya Jl. RS. Fatmawati. Tapi sekarang enggak! Sekarang justru maceet banget! Males gak sih waktu kita cuma terbuang di jalanan.

Jadi akan ada pembangunan Flyover dari Jl. Antasari sampai dengan Blok M, yang mengakibatkan ruas jalan ini akan mengalami kemacetan yang luar biasa. Menurut keterangan Pemprov DKI Jakarta sih katanya ini adalah salah satu cara mengurangi kemacetan. Katanya flyover ini akan mengurangi 30% kemacetan di wilayah ini.

Hello.. kalo cuma bangun jalan aja tanpa adanya sistem transportasi yang terpadu sih percuma aja, kemacetan paling lama teratasi cuma 1 tahun aja, selebihnya ya macet lagi.

Makanya saya kurang setuju sama proyek senilai Rp. 737 miliar ini, ada proyek yang lebih penting dan lebih signifikan dalam mengurangi kemacetan, yaitu MRT atau Monorel. Lihat saja sekararang tiang-tiang pancang Monorel yang gak jelas nasibnya, eh sekarang udah mau bangun flyover.

Penampakan Maket Flyover yang akan di bangun di Jl. Antasari – Blok M dari JLNT

Panjang jalan layang Antasari itu 4,8 kilometer dengan lebar 8,75 meter untuk satu jalur. Karena akan dibuat dua jalur, maka total lebar jalan layang menjadi 17,5 meter dengan ketinggian 10 meter dari jalan eksisting. Tinggi juga ya 10 meter, padahal Skywalk yang menghubungkan Pondok Indah Mall 1 dan 2 itu cuma 5 meter *apa hubungannya*

Waktu pelaksanaan pembangunan fisik dilaksanakan selama 630 hari atau sekitar 1 tahun 7,5 bulan dengan sistem proyek multiyears. Tapi katanya bakalan diprediksi kalo akan terjadi macet parah di ruas itu selama satu tahun! Eh buset..



Flyover Antasari – Blok M ini dibagi menjadi beberapa paket. Paket Pasar Cipete yang dimulai dari perempatan Pasar Cipete (Pasar Inpres) lalu paket Cipete Utara dari perempatan Jl. Abdul Majid, lalu Paket Taman Brawijaya yang dimulai dari Jl. Taman Brawijaya (Brawijaya Women and Children Hospital) kemudian Paket Prapanca yang dimulai dari Bundaran Walikota dan terakhir Paket Lapangan Mabak Blok M.

Nah bedanya apa sama jalan yang di bawahnya?

Jadi kalo via flyover tersebut, kalo kita dari arah selatan itu naik dari Pasar Cipete lalu ke arah Prapanca lalu baru bisa turun di Wijaya I (Walikota) kalo dari arah utara itu masuknya dari Lapangan Mabak Blok M lalu ke Iskandarsyah, Prapanca, lalu nanti turunnya di Pasar Cipete. Emang lumayan beda sih kalo dibandingin atas dan bawah, kalo di atas kan jadi langsung gak kena lampu merah yang jumlahnya lumayan banyak.


Rute Flyover Antasari – Blok M.

Semoga sih pembangunan flyover ini gak mandeg kaya proyek Monorel yang gak jelas sampe sekarang, dan juga semoga pohon-pohon yang membuat Jl. Antasari selama ini rindang itu gak ditebang. Kan sayang banget kalo ditebang, gak bisa setahun dua tahun buat dapetin pohon rindang kaya sekarang ini. Dan satu lagi.. semoga proyek ini bukan jadi ajang bagi-bagi rejeki bapak-bapak ehem.. hehehe.. *youknowwhatimean*

Oke salam macet dari Ibukota :muter:

    33 thoughts on “Hadiah Tahun Baru 2011: Macet Setahun

    1. 737?? 😡
      Mending bikin undang-undang pembatasan kendaraan aja deh. Mulai dari yang boleh jalan itu kendaraan 2005 ke atas aja. DIjamin jalanan Jakarta lancar sentosa :ayuk2:
      .-= Payjo´s last blog ..57 Tiga kosong =-.

    2. pengen ada MRT aja. makanya skr saya galakin pake kereta drpd naek pribadi, utk transportasi sy dr dan ke kantor menuju rumah di depok
      jembatan layang mah pas pembangunan dan stlhnya teteup bikin macet.
      kesian kita, 😡
      .-= esge´s last blog ..Trotoar =-.

    3. well, proyek flyover Kampung Melayu-Casablanka-Tanah Abang itu juga rada gimanaaaaaa gitu…

      daaaaan masalahnya rumah sayah di Casablanka, kerja di Blok M. Sepanjang perjalanan pulang-pergi melewati daerah-daerah bakal pembangunan flyovers itu.. Cih!
      *nyewa helikopter*
      :super2:
      .-= Chic´s last blog ..Well- Cuma Akhir Tahun kok… =-.

    4. ga kebayang kalo besok bakal jadi tinggal di jakarta.. kan diriku paling ga tahan ngadepin macet gitu kecuali dipake tidur.. :cpd:

      eniwei, met taun baru 2011… moga di taun ini kita bisa segera mengganti status alias nikah…*eh :p

    5. Saya mikir, berpuluh2 tahun lagi dimana jalanan uda gak sanggup nampung banyaknya mobil n notor, jangan2 flyover atau jalan tol bakal dibuat sampai tingkat 5 gtu… 😉

    6. Selamat taon baru juga…

      Sekarang emang macet ga mandang tempat, disini -yg kata org jawa kota hutan (Kalimantan)- aja macet.. Padahal manusianya ga sampai bejuta-juta kyk di Jakarta..
      Menyebalkan emang 🙁

    7. Tadi aku udah komen, tapi kok waktu submit malah error… grrr….

      SUdah gak sabar nih ingin naik MRT nya Indonesia. Kapan ya…
      Bikin jalan layang jelas gak membantu, karena kendaraan sendiri juga tiap hari bertambah…

    8. di Casablanca juga mo dibangun itu wan. liat aja noh sekarang jd macet banget. udah gitu…ada spanduk dari kontraktornya dg tulisan “Setiap 1 pohon yg ditebang karena proyek pembangunan ini akan diganti dengan 10 pohon baru”. helloowww…nunggu sampe rindangnya berapa tahun???

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge