Cara Menahan Tangis

Terkadang kejadian-kejadian yang menyedihkan yang menimpa kita atau juga yang menimpa orang lain dapat dan membuat kita tak kuasa untuk menangis. Saat mengalami kesakitan, kitapun terkadang secara refleks menangis. Tak hanya kesedihan dan kesakitan, saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup kita juga dapat membuat kita menangis.

Ya, air mata. Air yang keluar dari mata yang biasanya keluar pada saat menangis. Manusia yang hidup pasti pernah menangis, karena menangis adalah tanda bahwa bayi yang baru lahir itu hidup.

Definisi Air Mata
Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis.

Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata. (Wikipedia)

Bagaimana prosesnya bisa sampe bisa keluar air mata?
Di atas sudut luar mata kita, tepat di bawah alis, ada kelenjar lakrimal atau lebih dikenal dengan kelenjar air mata. Ukurannya hanya sebesar buah kenari, tetapi organ yang kecil ini dapat menyemburkan aliran air mata. Kelenjar air mata selalu membuat air mata, bahkan di saat kamu sedang membaca tulisan ini. Air mata ini membasahi mata agar tetap bersih dan jernih.

Air mata muncul lewat jalan keluar yang ada di sudut luar mata kamu. Setiap kali kamu berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata di mata kamu. Kemudian air mata mengalir lewat lubang di sudut dalam mata melewati saluran lain dan menuju ke bidang di belakang hidung kamu, dimana air mata itu diserap oleh tubuh.

Namun jika ada banyak debu di mata kamu, ceritanya jadi berbeda. Air mata akan mengalir lebih cepat untuk meningkatkan usaha pembersihan. Air mata yang dihasilkan bisa sangat banyak sehingga air mata itu keluar dari kelopak mata bawah. (sumber)

Oke itu tadi sekilas tentang air mata. Nah bagaimana pada saat kita sudah tidak kuasa menahan tangis di waktu dan tempat yang tidak tepat atau tidak nyaman untuk menangis. Pasti kita berusaha semaksimal mungkin untuk menahan tangis kita kan?

Tutup Hidung Kamu!

Karena kebauan? Bukan…!!

Berdasarkan penelitian cerita di sebuah film Jepang. Ketika kamu menangis, kamu coba tutup hidung kamu serapat mungkin dan bernafas dengan menggunakan mulut. Niscaya kamu bisa menahan tangis kamu dan menghentikan air mata yang terlanjur keluar dari mata kamu.

Spoiler!
Film ini menceritakan tentang kehidupan anak yatim piatu. Di akhir hayatnya, seorang ibu mengajarkan kepada anak laki-lakinya cara menahan tangis dengan menutup hidung.

Lalu anak laki-laki tersebut diberi pesan oleh ibunya untuk merawat dan menjaga adik perempuannya. dan seterusnyaa.. kalo mau tau cerita lengkapnya tinggal tonton aja deh filmnya

Semoga berhasil!

    83 thoughts on “Cara Menahan Tangis

    1. paling atas video ya? ga keluar deh .. browser gue lagi error kayanya..

      wah kakak ridu pintar ya………
      gue kalo tutup idung kenceng2 takut upilnya terkoyak dan jatoh semua ntar.. aheuahuehea..

      btw, itu film apa du? kayanya bagus bisa bikin terharu :”>
      .-= Benazio´s last blog ..Bena Bagi Handphone Nokia C3 =-.

    2. mau koreksi kak :super2:

      ”karena menangis adalah tanda bahwa bayi yang baru lahir itu hidup” >> bukan gitu teorinya kak… kalo bayi pas keluar dari rahim ga nangis, itu belum tentu meninggal.. bisa aja masih hidup tapi perlu pertolongan agar dia bisa nangis (misal d tepok2).. karena dengan menangis pertama kali maka cairan yang ada d dalam paru menghilang dan tergantikan udara.. itu artinya dia dapat bernapas d bumi :ayuk:

      hehe.. sharing ajah :musik:
      .-= fadillahfitri´s last blog ..untuk seseorang yang ku sayangi dalam diam ku =-.

    3. kalo saya sering menggunakan trik “nggeget” atau memberikan tekanan gigi atas maupun bawah dan menahan nafas. hal ini sering dilakukan saat memberi pengarahan pada anak :nangis:

    4. Ohh.. gitu ya Bang Ridu, jadi kalo ada orang yang ingin dibantu biar air matanya berhenti, ntar saya bantu tutup aja hidungnya sampe berhenti :yess:

    5. good tips. berguna kalo pas lagi nonton di bioskop dan ada adegan yang sedih/haru sampe hampir bikin nangis, tapi kan malu kalo sampe ketauan nangis dan diliat orang2 lain.. huahahaha..

      salam kenal ya!
      .-= arman´s last blog ..Saltum =-.

    6. hahahah..saya suka banget ama nangis. hikz…
      yasudahlah..saya harus belajar ilmu di postingan ini. semoga saya bisa. hihihi..doaken saya.ilmu yang simpel tapi harus dipraktekkan kalo pas lagi pengen nangis aja. hihihi…. semangat :yess:
      .-= Nissa Dwi´s last blog ..Online-kan Tokomu =-.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge