Cara Menahan Tangis

Terkadang kejadian-kejadian yang menyedihkan yang menimpa kita atau juga yang menimpa orang lain dapat dan membuat kita tak kuasa untuk menangis. Saat mengalami kesakitan, kitapun terkadang secara refleks menangis. Tak hanya kesedihan dan kesakitan, saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup kita juga dapat membuat kita menangis.

Ya, air mata. Air yang keluar dari mata yang biasanya keluar pada saat menangis. Manusia yang hidup pasti pernah menangis, karena menangis adalah tanda bahwa bayi yang baru lahir itu hidup.

Definisi Air Mata
Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis.

Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata. (Wikipedia)

Bagaimana prosesnya bisa sampe bisa keluar air mata?
Di atas sudut luar mata kita, tepat di bawah alis, ada kelenjar lakrimal atau lebih dikenal dengan kelenjar air mata. Ukurannya hanya sebesar buah kenari, tetapi organ yang kecil ini dapat menyemburkan aliran air mata. Kelenjar air mata selalu membuat air mata, bahkan di saat kamu sedang membaca tulisan ini. Air mata ini membasahi mata agar tetap bersih dan jernih.

Air mata muncul lewat jalan keluar yang ada di sudut luar mata kamu. Setiap kali kamu berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata di mata kamu. Kemudian air mata mengalir lewat lubang di sudut dalam mata melewati saluran lain dan menuju ke bidang di belakang hidung kamu, dimana air mata itu diserap oleh tubuh.

Namun jika ada banyak debu di mata kamu, ceritanya jadi berbeda. Air mata akan mengalir lebih cepat untuk meningkatkan usaha pembersihan. Air mata yang dihasilkan bisa sangat banyak sehingga air mata itu keluar dari kelopak mata bawah. (sumber)

Oke itu tadi sekilas tentang air mata. Nah bagaimana pada saat kita sudah tidak kuasa menahan tangis di waktu dan tempat yang tidak tepat atau tidak nyaman untuk menangis. Pasti kita berusaha semaksimal mungkin untuk menahan tangis kita kan?

Tutup Hidung Kamu!

Karena kebauan? Bukan…!!

Berdasarkan penelitian cerita di sebuah film Jepang. Ketika kamu menangis, kamu coba tutup hidung kamu serapat mungkin dan bernafas dengan menggunakan mulut. Niscaya kamu bisa menahan tangis kamu dan menghentikan air mata yang terlanjur keluar dari mata kamu.

Spoiler!
Film ini menceritakan tentang kehidupan anak yatim piatu. Di akhir hayatnya, seorang ibu mengajarkan kepada anak laki-lakinya cara menahan tangis dengan menutup hidung.

Lalu anak laki-laki tersebut diberi pesan oleh ibunya untuk merawat dan menjaga adik perempuannya. dan seterusnyaa.. kalo mau tau cerita lengkapnya tinggal tonton aja deh filmnya

Semoga berhasil!

    80 Responses to “Cara Menahan Tangis”

    1. Ridu says:

      *lanjut ke film selanjutnya yang udah lama belum ditonton-tonton*

      :tipi:

    2. Anggie says:

      Pertamax ga sih?

    3. Benazio says:

      page one dulu gan. baru lanjut baca (Y) :ngacir: :yess:
      .-= Benazio´s last blog ..Bena Bagi Handphone Nokia C3 =-.

    4. Anggie says:

      Pasti filmnya bajakan ya :p

    5. Benazio says:

      paling atas video ya? ga keluar deh .. browser gue lagi error kayanya..

      wah kakak ridu pintar ya………
      gue kalo tutup idung kenceng2 takut upilnya terkoyak dan jatoh semua ntar.. aheuahuehea..

      btw, itu film apa du? kayanya bagus bisa bikin terharu :”>
      .-= Benazio´s last blog ..Bena Bagi Handphone Nokia C3 =-.

    6. dmwsdq says:

      Kalau di Meteor Garden, cara menahan tangis, pake berdiri terbalik :)

      salam kenal, aku newbie nih :B

    7. mau koreksi kak :super2:

      ”karena menangis adalah tanda bahwa bayi yang baru lahir itu hidup” >> bukan gitu teorinya kak… kalo bayi pas keluar dari rahim ga nangis, itu belum tentu meninggal.. bisa aja masih hidup tapi perlu pertolongan agar dia bisa nangis (misal d tepok2).. karena dengan menangis pertama kali maka cairan yang ada d dalam paru menghilang dan tergantikan udara.. itu artinya dia dapat bernapas d bumi :ayuk:

      hehe.. sharing ajah :musik:
      .-= fadillahfitri´s last blog ..untuk seseorang yang ku sayangi dalam diam ku =-.

    8. perez says:

      bwahahaha…kirain di postingan ini bakalan banyak tips menahan tangis, tnyata cuman satu, itupun dari film jepang?!? http://ridu.web.id/wp-includes/images/smilies/egp.gif

    9. AeArc says:

      :x
      .-= AeArc´s last blog ..AeArc back B =-.

    10. [...] This post was mentioned on Twitter by ikrima nur endah, Ahmad Fauzi Ridwan. Ahmad Fauzi Ridwan said: [blog] Cara Menahan Tangis http://bit.ly/cxQqnP [...]

    11. Kurology says:

      hwahahahaaa… berarti kudu cepet2 nutup hidung sebelum terlanjur ketahuan kalo kita lagi nangis :|
      .-= Kurology´s last blog ..Chapter 32 – WHEN GIRLS GO LOUD =-.

    12. Jimmy says:

      kudu dicoba nih.. tapi gak tau kapan bakalan nangis, semoga gak pernah nangis lagi deh, jadi happy terus :D

    13. nangis jangan di tahan2 bro..alamiah aja..ga kenal gender..hheheh
      .-= idham biro jasa SIM-STNK-PASPOR´s last undefined ..If you register your site for free at =-.

    14. Fenty says:

      wah kaya’nya film sedih tuh … apa judulnya ? :D :gemes:
      .-= Fenty´s last blog ..Dodolane Ndutyke =-.

    15. aie says:

      Itu film sedih?? beneran tuh??? koq pemeran cewenya kaya pernah gw liat maen dimana gitu…hehehehe

    16. tiRaya says:

      dicoba ah, duuu :kabur:

    17. deady says:

      walah mas Ridu
      aku ini malah ingin sekali menangis. Sudah lama sekali rasanya sejak aku tidak menangis. Aku ingin sekali menangis dalam sholat….
      .-= deady´s last blog ..selesainya tugas akhir- rek =-.

    18. puputs says:

      seriussssssssssss tuh… nah ini baru namanya nice info gan… up up sundul lage ah…

      ada yg mau bikin gw nagis.. :p
      buat ngetes artikel ini
      .-= puputs´s last blog ..Pulang Kantor =-.

    19. Diah says:

      Wah Bisa juga sharenya.Makasih banyak

      Intinya mesti sering2 tutup hidung ya :ngebor:

    20. ai says:

      tapi klo nahan nagis, jadinya nyesek banget di dada :nangis:

    21. waterbomm says:

      tapi kalo emang harus nangis, kenapa harus ditahan du?
      .-= waterbomm´s last blog ..Despicable Me =-.

    22. pututik says:

      kalo saya sering menggunakan trik “nggeget” atau memberikan tekanan gigi atas maupun bawah dan menahan nafas. hal ini sering dilakukan saat memberi pengarahan pada anak :nangis:

    23. RyZack says:

      Ohh.. gitu ya Bang Ridu, jadi kalo ada orang yang ingin dibantu biar air matanya berhenti, ntar saya bantu tutup aja hidungnya sampe berhenti :yess:

    24. Takodok! says:

      tutup hidung? baiklah, nanti saya coba praktikkan *cari-cari alasan untuk nangis*
      .-= Takodok!´s last blog ..Kadang… =-.

    25. ocy says:

      wadooh,,baru tahu bisa nahan nages ne,,,

    26. arman says:

      good tips. berguna kalo pas lagi nonton di bioskop dan ada adegan yang sedih/haru sampe hampir bikin nangis, tapi kan malu kalo sampe ketauan nangis dan diliat orang2 lain.. huahahaha..

      salam kenal ya!
      .-= arman´s last blog ..Saltum =-.

    27. wana says:

      menahan air mata sama susahnya dengan menahan berak. hahahahaha :ngebor:

    28. Den Hanafi says:

      kalau saya sih, tinggal ketawa aja. walaupun aneh, *ketawa sambil keluar aer mata*. :D

      eh, salam kenal buat bang ridu. :egp:
      .-= Den Hanafi´s last blog ..Bila parfum tak digunakan dengan bijak =-.

    29. presyl says:

      gw pikir tutup idung itu biar ingusnya ga meler kemana2. ahaha..
      kan biasanya air mata diikuti dengan ingus ;p

    30. prof. helga says:

      itu pelem apaan bang?
      kenapa ga di share aja sekalian link donlotannya
      hehe
      :p :p
      .-= prof. helga´s last blog ..Acer Liquid E – Teknologi Smart Handheld Masa Kini =-.

    31. sibair says:

      bisa pake tutup hidung gitu ya… mau cobain ah…. tapi kan jarang nangis:nangis:
      .-= sibair´s last blog ..Fresh Surabaya ke-3 =-.

    32. orange float says:

      begitu ya caranya, saya termasuk orang yang gampang sekali terharu :nangis:
      .-= orange float´s last blog ..Aishiteru =-.

    33. indra1082 says:

      Pagi2 udah nglawak ajah :lol:

    34. suci says:

      walah tutup idung bukannya malah keselek? :P
      film apa nih judulnya???? jadi penasaran pengen nonton! (penyuka film jepang nih ;) )
      .-= suci´s last blog ..Jangan ajak adik saya ke sawah! =-.

    35. ocky fajzar says:

      selain menahan tangis, bisa juga menahan rasa pedes loh hahah ;-) *iseng ngasal nyoba*

    36. lah, foto-nya dari drama Korea semua -_-”
      tapi boleh dicoba tips-nya :)
      .-= ghani arasyid´s last blog ..going indie =-.

    37. ninit says:

      anggie kok selalu tau kalo ridu mau buat postingan ya?? selalu berada di bawah ridu..

    38. Asop says:

      Oke, akan saya coba gunakan ketika saya menemukan adegan mengharukan… :( :( :ayuk2:
      .-= Asop´s last blog ..Fakta- Kecepatan Telkomsel Flash Pascabayar Milik Saya =-.

    39. Ikhwa says:

      Lumayan nih,untuk mempertahankan Reputasi pada saat-saat tertentu. :yess:
      .-= Ikhwa´s last blog ..Pengingat waktu shalat! =-.

    40. dafiDRiau says:

      Makasi Mas atas Infonya….??? ;-)

    41. Ndhez says:

      Nada Sou Sou ya du? Saya juga nangis nontonnya, si kakaknya meweknya top banget dah…
      .-= Ndhez´s last blog ..i wont give a damn- Marhaban ya Ramadhan =-.

    42. atrix says:

      nutup hidung sama kyk mau sneeze donk, Hmm iy ini klip film Nada Sou Sou nya #MasamiNagasawa kan .. :charming:
      .-= atrix´s last blog ..dita’s guide =-.

    43. nadiafriza says:

      terdampar :)

      tutup idung itu buat menghentikan tangisan.. biar cairan dalam idung nya ga keluar :D

    44. cefer says:

      haha.. keren tipsnya..
      hihi..
      mungkin bisa dicoba, tapi dah kayak orang kebauan saja ya..
      hehe…

    45. Tya says:

      hoooowh….bgtu toh carax hehehe…..akan aku coba hehehehee… :| :musik:

    46. Baiklah akan ku coba, tapi kalo idung lagi mampet gak usah tutup idung ga apa-apa kali ya,he.. :p

    47. Wisata Bali says:

      Menangis….menangis saja yang keras, biar dada plong. kadang dengan menangis, kalut di hati, bisa sedikit teobati

    48. maminx says:

      wuah mantep blog nya. ulasannya menarik nih..tapi nangisnya ilang cuman sedih nya belon ilang kali ya, hihi..nice thread.
      .-= maminx´s last blog ..Di Luar Ingat- Di Dalam Amnesia =-.

    49. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx
      .-= Yohan Wibisono´s last blog ..TAHITIAN NONI JUICE SEBAGAI MEDIA KESEMBUHAN =-.

    50. zulhaq says:

      Gw paling susah nangis. Susah meneteskan air mata.

      boleh jg di coba kalo kapan2 terpaksa mengangis karena dtinggalin sapa gitu *eh :D
      .-= zulhaq´s last blog ..Jangan Perkosa Rambut Gw! =-.

    51. Nissa Dwi says:

      hahahah..saya suka banget ama nangis. hikz…
      yasudahlah..saya harus belajar ilmu di postingan ini. semoga saya bisa. hihihi..doaken saya.ilmu yang simpel tapi harus dipraktekkan kalo pas lagi pengen nangis aja. hihihi…. semangat :yess:
      .-= Nissa Dwi´s last blog ..Online-kan Tokomu =-.

    52. tak gw sangka-sangka…. 05:49

    53. tak gw sangka-sangka…. 05:59

    54. Zippy says:

      Begitu ya caranya?
      Gue baru tau, hihihii…
      Simpel ya ternyata :D
      .-= Zippy´s last blog ..Aku Tertipu- Aku Terjebak =-.

    55. Dewilicous says:

      hlaaahhh,
      kalo saya gitu jadinya malaahh..
      ga bisa napas..
      *krrrik* :sial:

    56. febriosw says:

      Hehehe. Sebelum tutup hidung tentunya cari motivasi dulu buat nangis. Moga nanti ga dikirain sedang pilek. :x

    57. yahau says:

      tutup idung ga mempan, kalo udah nyesek mah tetep keluar air matanya hix hix (pengalaman pribadi)
      :o

    58. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.
      .-= foredi pemalang´s last blog ..Foredi Gel =-.

    59. dee_azzu says:

      interesting in the film u talked.. :)
      sedih ya… :ngebor:
      :x

      :bobo:

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site