Ironi Di Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional

Ibarat cabang olah raga, belajar selama kurang lebih 3 tahun itu bagaikan latihan sedangkan Ujian Nasional sebagai ajang pertandingan untuk menguji apakah siswa itu lolos atau tidak.

Hari ini adalah pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK. Meski diliputi kontroversi yang beredar mengenai Ujian Nasional, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan tetap melaksanakan Ujian Nasional ini hingga tahun 2011. Sedangkan tahun 2012 menurut wacana yang beredar , UN akan diintegrasikan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nah loh..


Demo di depan kantor Kemdiknas di hari Pengumuman Kelulusan UN.
Gambar diambil setelah pestanya demonya bubar.

Syarat Kelulusan SMA/SMK

Banyaknya yang memprotes bahwa Ujian Nasional menjadi satu-satunya syarat kelulusan dijawab oleh M. Nuh selaku Mendiknas dengan cara yang cerdas. Jadi bukan menghapus UN tapi malahan menambah syarat kelulusan.

Jadi syarat kelulusan sekolah untuk SMA/SMK itu sebagai berikut:

1. Lulus Ujian Nasional, dengan syarat:

  • Nilai rata-rata semua mata pelajaran yang diujikan minimal 5,5.
  • Boleh memuat nilai 4, tetapi paling banyak 2 mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. Untuk SMK, nilai ujian praktik minimal 7.0

2. Lulus Ujian Sekolah
3. Selesai menjalankan seluruh program
4. Ahlak siswa memenuhi syarat

Ekspresi Kelulusan, Positif atau Negatif?

Pihak sekolah biasanya mengumumkan hasil kelulusan UN kepada siswanya melalui pos, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya aksi corat-coret atau konvoi di jalan yang rawan terjadi tawuran.

Beberapa sekolah seperti SMAN 34 dan SMAN 70 Jakarta mengumumkan kelulusan UN via internet. Siswa SMK di Jakarta pun dipermudah dengan disediakan situs yang menyediakan informasi nilai hasil UN yang dibuat oleh Dikmenti DKI Jakarta.

Namun ada di beberapa tempat yang masih terjadi aksi corat-coret baju, mengecat rambut, sampai konvoi. Bahkan di Pamekasan Madura, sejumlah siswi membuka jilbab dan memotong Rok. Dan yang paling parahnya lagi, mereka menjarah pedagang kaki lima! OMG!! Di Jakarta pun gak mau kalah, terjadi juga tawuran di hari pengumuman kelulusan. Entah ini seperti suatu tradisi atau emosi?

Yang paling oke banget yang patut ditiru itu yang dilakuin sama pelajar di Bantul Yogyakarta, mereka mengekspresikan kegembiraan kelulusan dengan cara mendonorkan darah. Keren yah.. terlebih itu merupakan donor darah pertama mereka.

Kenapa ya nilai Bahasa Indonesia selalu kecil?

Di berbagai tempat, penyebab tidak lulus ternyata jebloknya nilai Bahasa Indonesia. Sebenernya ini menjadi pertanyaan pribadi. Saya sendiri juga mengalami ketika UAN SMP dan SMA. Nilai Bahasa Indonesia selalu lebih kecil diantara mata pelajaran lain.

Apakah memang soalnya terlalu susah? Atau k4R3n4 fAkKt0R bUd4YA 4LAY y6 m3RaJ4l3La eA?

Waduh, ada sekolah yang 100% tidak lulus?

Tingkat kelulusan tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu. Banyak yang bilang kalau soal UN tahun ini lebih sulit dibandingkan soal UN tahun lalu. Terlebih dengan syarat kelulusan UN seperti di atas. Sehingga ada sekolah di Temanggung yang 100% siswanya tidak lulus. Di Makassar ada 3 sekolah yang 100% siswanya tidak lulus. Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah ada 3 Kabupaten di Papua yang 100% siswanya tidak lulus. 3 Kabupaten gitu..

Apakah ini merupakan suatu bukti bahwa tidak meratanya fasilitas pendidikan mengorbankan daerah terpencil?

Sekolah Unggulan gak menjamin lulus?

Ironis memang, ternyata sekolah Unggulan juga gak menjamin siswanya lulus semua, di Jakarta saja beberapa siswa di beberapa sekolah negeri unggulan ada yang tidak lulus.

Padahal, di Jakarta sendiri masih banyak siswa yang mendapatkan nilai 10. Untuk program IPA, yang memperoleh nilai 10 dalam mata pelajaran Bahasa Inggris terdapat 7 orang, Matematika 263 orang, Fisika 50 orang, Kimia 20 orang, dan Biologi 4 orang.

Sedangkan untuk program IPS, siswa yang memperoleh nilai 10 dalam mata pelajaran Bahasa Inggris terdapat 3 orang dan Matematika 178 orang. Untuk program Bahasa, siswa yang memperoleh nilai 10 dalam mata pelajaran Matematika 3 orang, dan Bahasa Asing 5 orang.

Yang lebih ironis lagi, ada siswa SMAN 1 Depok yang lulus PMDK IPB ternyata tidak lulus UN? Waduh..

Ujian Ulangan atau Paket C?

Tahun ini Siswa diperbolehkan mengikuti ujian perbaikan beberapa kali. Hal itu tentunya sesuatu yang sangat berbeda dengan apa yang terjadi tahun lalu, di mana kesempatan mengulang hanya sekali.

Bagi siswa yang belum beruntung, dapat mengikuti mengikuti ujian ulangan yang akan dilaksanakan tanggal 10-14 Mei mendatang. Ujian ulangan dilaksanakan di masing-masing rayon. Sedangkan mata pelajaran yang diikuti pada ujian ulangan hanya nilai yang di bawah 5,50.

Jadi bagi yang belum beruntung waktu UN kemarin, maksimalkan kesempatan ini, walaupun kamu masih punya pilihan untuk mengikuti ujian kesetaraan Paket C. Ijazah Paket C itu juga setara dengan Ijazah SMA, dan tetep bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan ijazah Paket C ini, karena jika ada Perguruan Tinggi yang menolak, bisa kena tuntut. Bahkan Ijazah Paket C juga diakui untuk melanjutkan kuliah di Australia.

Semoga fenomena ini menjadi bahan evaluasi bagi semua pihak, gak hanya siswa, guru, atau sekolah, tapi juga pemerintah baik pusat maupun daerah.

    82 thoughts on “Ironi Di Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional

    1. sip banget, beritanya lengkap jadi otak saya isinya juga lengkap ๐Ÿ˜€ maksudnya, enggak sepotong2. ya udah, udah malem. mariiiiii :bobo:
      .-= nengratna´s last blog ..Y! mim =-.

    2. untungnya saya lulus dengan gemilang waktu UN SMA, btw, kenapa kayaknya UN SMA di anggap kayak momok banget ya? kayak matematika di mata pelajaran SD, kayak duri dalam daging bandeng,dan kayak jagung gak jadi di popcorn xxi…
      ๐Ÿ˜
      .-= jivatrosidi´s last blog ..here i am ๐Ÿ™‚ =-.

    3. oia, komentarnya belum ta’ tulis. knp bukannya pemerintah repot meningkatkan kualitas guru, materi dan fasilitas di sekolah? hemm….
      .-= nengratna´s last blog ..Y! mim =-.

    4. jadi inget dulu waktu di medan pas kelulusan kakak kelas gw….pas lulus pada ngerobek kantong seragam yg ada logo (S)OSIS nya itu….wuihh enak kali ya ngerobek kantongnya cewek2…..pasti empuk….kwkwkwkkww.. *bebekbaris*

    5. Iyah Ridu, hiiikss sedih denger berita yg gk lulus, di SulTra konon katanya mencapai 10ribu siswa yg gk lulus ๐Ÿ™
      tempat aku KKP + penelitian aja ada 88 orang katanya yg gk lulus ๐Ÿ™

      yaaahh semoga kedepannya menjadi lebih baik lah….

    6. entah memang terjadi atau tidak, saya merasa soal UN sekarang lebih susah dibanding jaman dulu..

      kalo ternyata iya, pantes aja jadi banyak masalah…

      keren mas blognya, informatif ๐Ÿ™‚
      .-= rime´s last blog ..Imajinasi Kopi =-.

    7. wah, nilai bahasa Indonesia yg kecil, sungguh ironis..
      iya nih, kayanya gara2 bud4y4 4L4Y terlalu masuk ke jiwa pelajar-pelajar kita.. :ngebor:
      mending pada belajar menulis blog yg baik dan benar. *lirik blog ridu* :charming: huhuyy

    8. nilai bahasa indonesia kenapa selalu kecil? ya karena kita ndak biasa komunikasi pake bahasa sendiri kaleeeee…. kita khan biasa pake bahasa gaul.. hehehehehhehee….

      sama aja bos, di tempat saya juga kecil2 bahkan paling kecil, siswa kita pada gagu atau gagap BIN semua yaaa?? hmmmmmmmmmmmmmmm
      .-= Gempur´s last blog ..LULUS dan LOLOS =-.

    9. wah, keren. niat banget lo ngasih link2 terkait, du. ๐Ÿ˜€
      btw, gw jg jd bertanya2… kapan yah masalah seputar UN ini bisa terpecahkan? :debus:
      kayaknya dr kapan tau, ga nemu solusi yg terbaik, deh…
      sampe ada sekolah yg 100% ga lulus gitu.
      prihatin… :ngebor:
      .-= Juminten´s last blog ..Beberapa Sikap Tukang Angkot yg Ngeselin =-.

    10. Duh Du, saya juga dulu ikutan coret-coret :nyerah:
      Saya orang sunda, tapi nilai Bahasa Sunda saya waktu SMP nggak pernah nembus 8 Du, mentok di 7. Berasa sulit, padahal bahasanya dipake buat sehari-hari.

      eh iya, adek gw lulus :musik:
      .-= Payjo´s last blog ..Recehan si bapak =-.

    11. Kebanyakan ribet gak jelas sekarang ini. Anak sekolah malah dibuat stress. Udah gak lulus, lalu ujian ulangan, memangnya dia gak stress mikirin malu karena gak lulus?
      Standar kelulusan siswa ditentukan oleh mesin, hebad.

    12. ๐Ÿ˜ก cih …UN tuh kan sebenarnya cuman proyek sebagian orang :tipi: …harusya udah enggak ada tuh … toh sekarang mau masuk SMp/SMU/PT kan semua ikut ujian lagi …. ๐Ÿ˜ฎ :nyerah:

      kalau faktor bahasa indonesia selalu jelek itu mungkin gurunya yang alay, tolong jangan salahkan murid :p … kan murid kencing berdiri, guru kencing lari-lari *ketahuan hansip pipis sembarangan* :kembar:
      .-= gadgetboi´s last blog ..weekend food: โ€œFried chickenโ€ for vegan =-.

    13. Alhamdulillaaaaaaaaah saya lulus :musik:

      tapi ironis banget emang pas demo itu terjadi. ๐Ÿ˜ก apalagi emosi rakyat yang pada ngerusak sekolahan juga *ikutanemosi :kabur:

    14. di sekolah gue juga nilai bahasa indonesianya yang ga sebagus nilai-nilai lainnya.

      omg…… errrrrrrrr…. potong rok? :debus:

      doain saya aja ya oom ridu biar tahun depan saya lulus.. hehe
      .-= Shintung´s last blog ..P S K =-.

    15. itulan UN … jika murid tidak berhati2 dan tidak belajar giat maka … kegagalan akan menimpa ..
      yang rajin belajar pun bisa tidak lulus apa lagi yang malas belajar …
      tetapi utnuk untuk kedepan semoga … UN bisa di tiadakan ..
      karena kepintaran seorang murid hanya sekolah yang tahu… dan untuk kesamaan antara masing2 daerah berbeda .. fasilitas belajar … kalau murid gagal maka guru yang disalahkan … ???

    16. – itu yg lulus ngerayainnya buka jilbab ama potong rok GA BANGET deh!! *sebel* ati2 tuh, ntar spmb (kalo lulus) gimana.. ๐Ÿ˜ก

      – tapi like this deh sama yg donor darah, hohhoo…

      – nilai b. indonesia saya juga paling jelek dibanding nilai matematik dan b.inggris pas uan dulu (dulu?) hehe :super2:

      – saya setuju bahwa pendidikan di negara ini belum merata. dan yaa, masa sih, sekolah dengan kelas berAC sama sekolah di desa2 gitu dikasihin standar yg sama, si UAN itu? :egp: kasian ih itu yg ampe satu sekolah ga lulus semua.

    17. Miris memang jika hasil belajar 3 tahun hanya ditentukan oleh 5 hari. Tapi..ya itu..namanya juga seleksi. Tanpa seleksi siapa saja bisa lulus.
      Tapi klo melihat kenyataan bahwa ada beberapa siswa yang dinyatakan lulus SMPTN bahkan krn dapat beasiswa, ternyata ga lulus UN…haduh..haduh.. :gila:
      .-= Bieb´s last blog ..Bunga dan Belanda =-.

    18. Udah sejak lama ekpresi senang anak2 SMA berlebihan.. Dari pada nyorat-nyoret baju dan konvoi sepeda motor (sampe menjarah dagangan PKL segala), mbok yo shalat dhuha bareng di masjid, ato ngasih makan tukang becak dan fakir miskin. ๐Ÿ™

    19. yaa yaa yaa.. hampir tiap taun emang sama aja kyk gitu, katanya mau dirubah tapi sama aja. katanya banyak yang jujur, faktanya dilapangan masih ada aja yang jual soal. dan gw jg dulu SMP UN B.indonesia paling kecil diantara pelajaran lain. zzzzz…

      TAHUN DEPAN GILIRAN GUE NIH! m/

    20. kayanya memang sudah sebuah tradisi dan esmosi buat yang lulus dengan coret-coret baju,konvoi, dan juga esmosi buat yang ga lulus dari mulai menangis bahkan sampe bertindak anarkis

    21. memang miris ya, mas…
      saia dulu jg diterima perguruan tinggi dulu..
      tapi, untungnya saia akhirnya lulus unas siyh…hihihi
      semoga lebih baik ke depannya ya… ๐Ÿ™‚
      .-= vany´s last blog ..Oh Dokter =-.

    22. saya malah kaget banget ada 3 kabupaten di papua, siswanya tidak lulus semua.

      ini harus jadi perhatian serius.
      kasihan kawasan timur Indonesia, ayo lebih digenjot lagi sarana prasarana pendidikan, dan pendidik disana.

      jadi miris saya bacanya, bahkan pada saat banyak kisah sukses yang justru terjadi pada orang yang pintar dalam hal akademik.

    23. waah betul banget mas ridu…
      coret coret waktu kelulusan itu gak perlu..
      kan bajunya lebih baik di berikan ke adek kelas yg membutuhkannya…

      kemarin oby lulusan,,, coret coret pake baju yg gak pake aja
      ehehheheh
      gak pake semir sana semiri sini donk
      ehehhehehehheh

      salam dri bloger abnormal

    24. :yess: saya lulus tahun 2008 lalu :nangis:
      Bener banget tuch kenapa nilai Bahasa Indonesia selalu lebih kecil dari mata pelajaran lainnya. Aneh :kembar:
      Smoga tahun depan 100 siswa SMA/SMK/MA lulus.

      Oia, beneran tahun 2012 UN bakal diintegrasikan dengan SNMPTN?
      Saya kira itu lebih praktis ๐Ÿ˜
      .-= ImUmPh´s last blog ..Orang kampoeng Sok Ngota! =-.

    25. samaaaa..
      nilai UN bahasa indonesia saya selalu lebih kecil daripd yg lain… :nangis:

      huft… pdhl dulu SD cita2nya jadi guru bahasa indonesia.. :p

    26. Nilai bahasa indonesia itu gampang banget jeblok karena sisi penilaian dalam bidang bahasa itu sangat subjektif, apalagi di bahasa indonesia, aturan penggunaan kata aja kadang tiap guru bisa berbeda pengertian dan persepsinya ๐Ÿ˜€

    27. Ikut kasih comment ach walau terakhir
      ya wajar ketika lulus mereka begitu expresif.

      Sebuah lonjakan kemengan yang cuma terajadi sekali seumur hidup,
      senang boleh asal jangan kelewatan batas adja

    28. detail banget ya…sampe ke pelosok2nya..dan ternyata…bhs inggris lebih muda di mengerti oleh sebagian siswa di indonesia kan…nilai bahsa indonesia nya ancur,sebaliknya nilai bahasa inggris nya melonjak tinggi.. (sama nih pas UN SMP)
      .-= Rahad 2 Six´s last blog ..Cara Membuat Footnote Pada Blog =-.

    29. Jadi inget jaman dulu pas menjelang kelulusan yang dibayangkan itu bukan masalah kelulusan tapi masalah berpisah dengan teman2 ๐Ÿ˜€

    30. selamat ya buat yang lulus.
      buat yg belon lulus, jgn patah semangat. hadapi kenyataan dan berusaha lebih giat. semangat ya!!
      sukses slalu buat kalian smua.. ๐Ÿ˜

    31. how to avoid these? :kabur:

      sampe kapanpun ga ada yang lulus 100% di indo yah pare? :egp: abis soalnya, ga sesuai sih sama yang diajarin di sekolah.. yang bikin soal harusnya yang ngajarin anak2 tsb.. biar klop :gemes: , ga ada missunderstood.. :kembar:

    32. untung… udah lulus dari kapan tauk.. gak kebayang kalo diriku skrg masih sekolah… bisa gila kali ya… ๐Ÿ˜ก ๐Ÿ˜ก ๐Ÿ˜ก

    33. Kenapa anak sekolah jaman sekarang suka stres sendiri kalo mau menghadapi UAN, perasaan pas jaman sekolah dulu gak gitu2 amat. Gak lulus ya tinggal ujian susulan. Masa depan masih panjang, gak lulus aja pake stres. jadikan kegagalan sebagai pelajaran dalam hidup…
      .-= andinoeg´s last blog ..Instalย Drupal =-.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge