Lapangan Kerja Di Masa Depan

Pernah gak sih mengalami yang namanya ‘salah jurusan’ Hmm.. terkadang hal itu jadi kepikiran di benak kita, jangan-jangan saya salah jurusan, atau coba dulu saya masuk jurusan ini. Hmm..

Faktor yang bikin merasa salah jurusan sih banyak. Dari mulai faktor internal yang ngerasa hasrat diri gak tersalurkan atau kurang menikmati kuliah atau pelajaran yang didapat. Atau faktor eksternal seperti teman-teman yang kurang asik atau juga faktor lain yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan.

Banyak diantara kita yang pernah dalam kondisi kebingungan. Terutama mempertimbankan jurusan apa yang mau diambil. Sebenarnya yang paling penting dalam menentukan keputusan jurusan adalah minat dan juga kemampuan kita dan juga prospek ke depannya.

Ngomongin masalah pekerjaan, bagi temen-temen yang baru selesai UN dan mau masuk ke perguruan tinggi atau yang baru masuk SMA bisa mempertimbangkan jurusan yang mau dipilih berdasarkan prospek pekerjaan di masa depan berikut ini yang diambil dari rasmussen.edu berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika.
(klik gambar untuk memperbesar)

Pekerjaan berdasarkan tingkat pendapatan

Berdasarkan pendapatan, Software Engineer menempati posisi tertinggi dari segi pendapatan, lalu yang kedua adalah Management Analyst dan kemudian adalah Perawat yang terdaftar. Selanjutnya ada Akuntan dan Auditor lalu Dosen. Mungkin pendapatan Dosen di Amerika sana itu besar ya. Tapi mungkin juga nanti Indonesia bisa mengikuti.

Pekerjaan berdasarkan tingkat pertumbuhan

Berdasarkan tingkat pertumbuhan, bidang Bantuan kesehatan (medis) merupakan bidang yang paling tinggi pertumbuhannya lalu diikuti oleh Personal Care, kemudian berikutnya ada Software Engineer, lalu Perawat terdaftar dan yang kelima adalah Akuntan/Auditor.

Pekerjaan berdasarkan jumlah

Menurut hasil riset tersebut juga disebutkan jumlah profesi yang paling banyak dibutuhkan di masa mendatang, jumlah profesi yang paling banyak dibutuhkan di masa depan antara lain Perawat terdaftar, yang kedua adalah Bantuan Kesehatan, lalu Penyedia makanan, dan yang kelima adalah Personal Care.

Pekerjaan berdasarkan kategori

Tiap pekerjaan digolongkan berdasarkan bidang atau kategorinya, nah di hasil riset tersebut berdasarkan kategori lapangan pekerjaan, bidang Jasa ternyata menempati urutan pertama, lalu diikuti oleh profesional, kemudian perkantoran, lalu manajemen dan terakhir adalah sales.

Pekerjaan Yang Paling Asik Di Dunia

Ada orang-orang yang beruntung dengan mendapatkan pekerjaan yang unik dan asik banget. Nah berikut ini beberapa diantara mereka yang dibilang sangat beruntung atas pekerjaan yang digelutinya.

1. Penguji Tempat Tidur Mewah

Seorang mahasiswa dari Universitas Birmingham City yaitu Roisin Madigan telah mendapatkan pekerjaan impiannya! Dia dibayar untuk hanya tidur-tiduran di tempat tidur yang mewah. Penghasilannya pun sangat lumayan yaitu sebesar ยฃ 1.000 perhari setiap bulannya. Roisin ini membantu survei tidur yang diselenggarakan oleh spesialis tempat tidur mewah yaitu Simon Horn Ltd perusahaan yang menjual tempat tidur mewah yang awalnya dibuat oleh Hotel Savoy.

Job desk Roisin meliputi tidur di atas tempat tidur dari pukul 10 pagi hingga 6 sore di ruang pameran perusahaannya dan kemudian menceritakan pengalamannya ke dalam blog. (link)

2. Penguji Perosotan Air di Tempat Rekreasi

Adalah seorang Tommy Lynch yang telah bepergian lebih dari 27.000 mil dalam setahun untuk pekerjaannya, yaitu menguji perosotan air di resor-resor tempat liburan. Tommy bekerja untuk perusahaan hiburan First Choice. Yang dilakukan oleh Tommy adalah memeriksa ketinggian, kecepatan, kuantitas air, dan pendaratan serta semua aspek keselamatan. Di tahun 2008, Tommy telah bepergian ke negara-negara di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika. (link)

3. Fotografer Bersepeda untuk Google Map

Google telah mempekerjaan dua orang pemuda yang beruntung untuk mengengelilingi perancis dengan menggunakan sepeda untuk mengambil gambar dari tempat-tempat bersejarah yang tidak dapat diakses oleh mobil. Sepeda roda tiga ini dilengkapi dengan sembilan kamera, GPS, komputer, dan generator. Semua perlengkapan tersebut diperlukan untuk menambahkan gambar tiga dimensi dalam peta Google Street. Pendara mengenakan pakaian Google dan helm putih mengunjungi tempat-tempat terkenal di Perancis. (link)

*Baca 10 pekerjaan asik lainnya di dunia.*

Pekerjaan Yang Paling “Gak Banget” Di Dunia

Yang namanya pekerjaan gak semuanya enak, nah ini kebalikan dari mereka-mereka yang beruntung yang bisa menikmati pekerjaan mereka. Berikut ini adalah pekerjaan yang bisa dibilang gak banget sih.. Kira-kira apakah mereka di bawah ini juga menikmati pekerjaannya?

Toilet Keliling

Pengumpul Kotoran Gajah

Penjelajah jeroan gajah (?)

*Postingan tepat 1 tahun bekerja di kantor

    100 thoughts on “Lapangan Kerja Di Masa Depan

    1. cieeeeeeee selamat ya satu tahunan sama kantor..
      tambah mesra dong ah.. hehe
      btw, lo ngerasa salah jurusan ga? koq ga menceritakan diri sendiri? ;p
      .-= presy__L´s last blog ..Objektif =-.

    2. Secara pribadi gak pernah menganggap salah jurusan dalam mengambil pendidikan meskipun selama menjalani 3 pekerjaan yang sudah2 dan berbeda dengan disiplin ilmu yg dimiliki, alhamdulillah bisa mensyukurinya. Tetap percaya Ilmu tak berat untuk dibawa hehe..

    3. Ih, waaaaw… :ngebor:
      MANSTAAP ni…
      Awak mau jadi pengetes tempat tidur mewah…
      Dan teman awak mau jadi fotografer bersepeda…
      WAAAAW…. :gila:

    4. hahaha…seru juga postinganmu ini Du.. aku juga salah jurusan lho..kuliah di manaaa ehh kerja juga yg bertolak belakang. tapi intinya, setiap pelajaran itu pasti ada hikmahnya..dan belajar itu gak selalu di bangku kuliah, tapi juga di bangku kerja..and the most important think is u have to enjoy it! good luck ya Du

    5. untungnya gue dulu masuk smk teknik
      jadi nyari kerja dulu sebelum kuliah

      ntar kuliahnya ambil jurusan teknik aja

      hahahaha toilet kelilingnya najong deh
      hoeekk

      :kesel: :kesel:
      .-= prof. helga´s last blog ..read me =-.

    6. yah gagal pertamax, udah abis.. enakan yang penguji tempat tidur mewah pare.. wah, milih software engineer aja deh ๐Ÿ™‚ keliatan hasilnya sepertinya ๐Ÿ™‚ :gila:

    7. ya oloh.. ngurek ngurek dalemannya gajah…

      ah salah jurusan.. kan bisa kuliah lagi.. terus ngaku2 masi muda deh.. ahahahha

    8. eh udah setahun ya du? perasaan baru kemaren posting blog minta didoain pas sidang skripsi.
      selamet aja deh, semoga hubungan kalian sampe ke jenjang berikutnya.. *eh?* #apamaksud

    9. tadi saya uda komen, tapi koneksinya putus di tengah jalan…

      eh makasih lho infonya, saya masih bingung soalnya nanti mau kuliah apaan -_-

      eh yang naik sepeda itu kayaknya kurang asik deh *saya ga suka naik sepeda/olahraga*
      .-= Shintung´s last blog ..Museum Prasasti + + (+Nyasar) =-.

    10. kalo salah jurusan siyh nggak…
      cm blm nemu pekerjaan yg cocok..hehehe
      semoga aku bisa enjoy dg pekerjaanku nanti ya… ๐Ÿ™‚
      .-= vany´s last blog ..Faktor f =-.

    11. Kalo ditanya salah jurusan pekerjaan pernah terjadi yaitu 2 kali, yaitu menjadi staff pengajar customer service dan menjadi staff penunggu server hehehehheheh gak nyambung sama jurusan saya babar blas. Tapi mungkin orang lebih menyukai multi tallent ya. Trus yang mengenakkan dalam pekerjaan ya bisa keliling indonesia dan asia dengan gratis, dengan gaji utuh :musik:
      .-= pututik´s last blog ..Pencairan Uang Paypal =-.

    12. Ya… bersyukurlah untuk pekerjaan yang sudah kita dapat, lihatlah jutaan pengangguran atau pengangguran terselubung yang masih ada di negeri ini. Tetapi pandai2 pula kita melihat kesempatan lain, agar karier kita tidak jalan di tempat saja… atau naiknya lambat alias slow motion hehehe…
      .-= Yari NK´s last blog ..An IT Book or A History Book? =-.

    13. wahh..kalo salah jurusan sih belum sob tapi kalo salah angkot sering banget *dilempar BB*

      dan kalo membaca beberapa kategori pekerjaan yang menarik, lebih senang JIKA dapat pekerjaan seperti Roisin enak euyy cuma tidur digaji :mrgreen:

      salam hangat
      .-= Hariez´s last blog ..Komitmen =-.

    14. Pekerjaan paling asik :
      1. Penguji tempat tidur mewah : Gilee aje tidur berjam-jam gitu.. buoosen! :bobo:

      2. Penguji perosotan air : Resiko nya gede + saya gak bisa berenang :kabur:

      3. Fotografer Bersepeda : Saya suka moto, tapi gak bisa naek sepeda :nangis:
      .-= suci´s last blog ..Dokter VS Apoteker =-.

    15. Huahahahahh….itu yang terakhir gue ngakak deh bacanya.
      Wah…teknik urusan teratas yah…
      Asssikkk…mantep donk, gak salah pilih :p
      Apalagi Teknik Lingkungan.
      Jurusan masa depan…
      Kan lagi marak isu Global Warming tuh, wkekkekeke…
      *Membanggakan jurusannya sendiri ni gue ๐Ÿ˜€
      .-= Zippy´s last blog ..Norak, Nggak Gaul VS Alay =-.

    16. alhamdulillah saya bekerja dan bisa ngidupin hidup saya lebih dari cukup..terserah mau salah jurusan atau ngga..yang penting saya enjoy dalam pekerjaannya dan lingkungannya, itu udah lebih dari cukup..:D :charming:
      .-= niken´s last blog ..Tentang Hidup Baru =-.

    17. Berdasarkan pendapatan, Software Engineer menempati posisi tertinggi dari segi pendapatan, lalu yang kedua adalah Management Analyst dan kemudian adalah Perawat yang terdaftar. Selanjutnya ada Akuntan dan Auditor lalu Dosen.

      kalo disini kayaqnya kebalik-balik deh. saya jadi analist tapi gajinya cekak :kesel: sementara dosen selevel profesor gajinya konon katanya mencapai 4x4jt, dengan alasan tunjangan gelar =))
      .-= Hey, Jude!´s last blog ..Chapter 23 : The Baroque Works =-.

    18. salam kenal mas, beberapa hari lalu website kami http://spreibantalcinta.com hilang dari mesin pencarian google katanya masuk sandbox, padahal itu adalah ladang usaha untuk nambah penghasilan keluarga, tapi selang 5 harian kurang lebih muncul kembali , apa penyebabnya dan bagaimana mencegah terulang kembali. makasih

    19. Halo2.. salam kenal.
      eeh, boleh nanya nggak, kalo mau nyimpen halaman web dalam bentuk gambar kayak di gambar pertama post ini gimana ya? hehehe

      terima kasih ๐Ÿ™‚

    20. Wah, berarti di masa depan diprediksikan makin banyak orang sakit ya?
      IT, management, akuntansi, dsb kok gak masuk list? Apa semuanya nanti udah otomatisasi semua?
      *Ikutan berandai-andai*

    21. waduh…..
      g pernah ngerasa salah jurusan juga sih, masih sedikit nyambung, sekolah akuntansi kerja jadi admin keuangan…. :joget: ๐Ÿ˜ฎ

      hahahahaha…. :sombong:
      yang penting menikmati kerjaan yang ada, pingin juga sih dapet kerjaan tiduran di kasur mewah gitu… ๐Ÿ˜‰ :love:

    22. Sungguh Info yang luarbiasa yang disampaikan Ridu Web ini, saya pikir masuk akal juga jenis pekerjaan ini, namun tentunya tidak semua orang bisa untuk menjalaninya karna akan ada kriteria tertentu, namun apabila ingin berangkat umroh dengan travel umroh terbaik semua orang insyaallah bisa melaksanakannya. silahkan kunjungi Travel Umroh Terbaik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge