Ayam Goreng Suharti

Siapa yang suka makan ayam goreng?

Bagi pecinta kuliner terutama masakan Indonesia pasti tahu dengan yang namanya Ayam Goreng Ny. Suharti. Ayam goreng ini udah terkenal banget karena rasanya enak, dagingnya yang empuk, bumbu menyerap, dan juga kremesannya yang renyah.

Ayam Goreng Suharti Yang Mana?

Bagi yang belum tau, Ayam goreng Suharti itu sebenernya ada 2. Kedua ayam goreng suharti ini bisa kita lihat perbedaannya berdasarkan logonya. Yang satu berlogo Ny. Suharti yang mengenakan pakaian kebaya Jawa, dan yang satunya lagi berlogo 2 ayam dengan huruf S ditengah-tengahnya.

Lalu yang asli yang mana?

Sebelum tau yang asli yang mana, bisa dibaca dulu sejarahnya kenapa bisa ada 2 Ayam Goreng Suharti berikut ini yang kutip dari Majalah Tempo.

Klik!!
Ny. Suharti membuka rumah makan ayam goreng Ny Suharti di Semarang. Ia pisah usaha dengan suaminya yaitu Bambang Sachlan Pratohardjo. Sachlan menguasai semua rumah makan, termasuk nama Ny. Suharti.

“Kalau cinta melekat, tai kucing rasa coklat.” Ini bait lagu ciptaan almarhum penyanyi Gombloh, yang populer beberapa tahun lalu. Tapi, kalau cinta mulai luntur, bisnis ayam goreng Ny. Suharti ikut kendur. Lirik yang terakhir ini bukan dari Gombloh, tapi refleksi kerugian yang diderita Ny. Suharti, 52 tahun, sesudah pecah kongsi dengan suaminya Bambang Sachlan Praptohardjo.

Setelah hampir 30 tahun membina bisnis dan rumah tangga, kerja sama yang sukses itu bubar. Ny. Suharti hampir tidak kebagian apa-apa. Soalnya, semua rumah makan secara resmi merupakan milik Sachlan. Mungkin saja Suharti ceroboh, atau ia percaya penuh pada Sachlan. Yang pasti, kini Ny. Suharti hanya dapat gigit jari.

Entah bagaimana, Oktober lalu, ia membuka Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti di Semarang. Logo semula — dua ekor ayam dengan huruf S di tengahnya dan tulisan Ny. Suharti — kini, ditambah potret diri Ny. Suharti, dalam busana Jawa.

Sebelum ini, dengan logo lama, ayam Ny. Suharti, yang digoreng garing itu, sudah melanglang ke Denpasar, Jakarta, Surabaya, dan Purworejo. Peminatnya banyak. Rumah makan di Jalan Pemuda, Jakarta, yang berkapasitas 150 tempat duduk dan juga yang di Jalan Tendean — keduanya milik Sachlan — hampir selalu dipagari deretan mobil pengunjung. Rumah makan di kota lain juga sama larisnya. Lalu, apa yang istimewa dari restoran yang di Semarang? Menu ayam goreng kampung, persis sama, baik rasa maupun harganya (Rp 7.000 per ekor), dengan hidangan di rumah makan Ny. Suharti yang lain. Bedanya, “Ini usaha saya sendiri, tanpa campur tangan Sachlan,” ujar Suharti. Ia tidak mau menyebutkan nilai investasi, dan siapa penyandang dananya. Ny. Suharti juga bukam soal kerugian uang dan materi, yang dideritanya. Hanya, Ia tak merahasiakan penyebab pecahnya usaha, yakni hadirnya orang ketiga. Katanya, diam-diam Sachlan mempunyai isteri simpanan di Jakarta. Akibatnya, Sachlan, mengurus dua rumah makan di Jakarta, tak lagi pulang ke Suharti di Yogya. Maka, terjadi perang dingin. Anehnya, suami isteri yang mempunyai empat anak itu, belum resmi cerai.

Sementara itu, perebutan harta keluarga terus berlangsung. Menurut Suharti, suaminya bertindak curang. Ia menguasai semua rumah makan, termasuk nama Ny. Suharti, yang menjadi logo usaha. Sachlan menurunkan semua potret Suharti dari dinding restoran. Tapi, nama Suharti, yang merupakan kunci sukses, dibiarkan tetap terpasang. Padahal, menurut sang Nyonya, nama itu sudah termasyhur sebelum ia menikah dengan Sachlan. Ketika rumah makan yang pertama dibuka, nama Ny. Suharti lah yang dipasang. Soalnya, nama itu sudah dikenal di Yogya dan Sala.

“Tidak pernah terpikir oleh saya, akan begini jadinya,” sesal Ny. Suharti. Pernyataan ini dibantah oleh Sachlan, yang ditemui di Jakarta. Menurut dia, ketika menikahi istrinya, Suharti hanyalah bakul (pedagang), yang menjajakan ayam goreng buatan kakaknya, Mbok Berek, yang memang tersohor di mana-mana. Sachlan, yang ketika itu pegawai Pemda Yogya, jatuh hati pada janda tiga anak itu, dan menikahinya. Berbekal gaji sebagai pegawai Pemda, Sachlan mengaku dapat membeli tanah di Jalan Adisucipto, Yogya, tempat rumah makan yang pertama, dibangun. “Uang pembelian dari saya, jadi tanah dan ijin usaha itu atas nama saya,” katanya. Bahkan, resep ayam goreng dan sambal pun, diakui Sachlan, sebagai hasil ulekannya, yang sudah dimintakan paten sejak tiga tahun lalu. Jadi, mengapa memakai nama Suharti? “Yang namanya Ny. Suharti kan tidak hanya dia. Lagi pula itu sekadar nama,” begitu Sachlan mengelak.

Jadi ternyata mereka bercerai karena ada pihak ketiga toh..
*infotainment mode on*

Terus yang lebih enak yang mana?

Bagi yang pernah merasakan keduanya, mungkin bisa merasakan perbedaannya. Konon sih yaa, Ayam Goreng milik Suharti (yang berlogo Suharti) itu lebih enak dibandingkan dengan milik mantan suaminya. Kalo saya sih setuju, soalnya ayam goreng Suharti milik mantan suaminya itu nampaknya kremesnya kurang, dan dagingnya juga kurang cerah.

Tapi, yang namanya rasa itu kan subjektif banget kan.. nah menurut kamu enakan mana?

[poll id="3"]

    85 Responses to “Ayam Goreng Suharti”

    1. Ridu says:

      kenyang abis makan ayam goreng suharti :yess:

      tapi yang punya suaminya :males:

    2. Siucup says:

      kirim donk.. :gemes: bayar di tempat…. ;-)
      .-= Siucup´s last blog ..PERANCANGAN MEMORI 1 kb x 8 bit =-.

    3. jivatrosidi says:

      setau gw malah lebih familier yang punya suaminya!
      dan setau gw di sekitar2 gaul gw di surabaya gw cuman nemu yang simbol ayam 2 ituuu!
      enak2 aja, enak lagi kalo di gratisin ridu! :p :ayuk2:

      • Ridu says:

        @jivatrosidi, nah kalo gue tebalik, gw awalnya tahu yang punya ny. suharti-nya.. keknya di jakarta lebih banyak yang berlogo potret itu deh daripada yang punya suaminya..

        kalo gratis emang enakkk :gemes:

    4. sungguh pilihan yang sulit..
      ini benar – benar memusingkan saya.. #lebay
      .-= Dodi Iswandi Mauliawan´s last blog ..Saya Berjanji Untuk Mengikuti Upacara Dengan Khusyuk =-.

    5. rian says:

      kagak tau.. ga ada di padang.. :kesel:
      .-= rian´s last blog ..2010 =-.

    6. nonny says:

      iyah..gw jg bru tau kmrn wktu sodara gw (yg punya resto “ayam kalasan” temennya suharti) nyeritain kisah c suharti yg curhat ke eyank kalasan.. :) )

      baguuss!!
      tp katanya lebih enakan yg ibunya drpd mantannya..hehe..

    7. fahmi! says:

      lah… aku nggak pernah merhatiin kalo ny. suharti ini ada 2 versi. baru tau aku.
      .-= fahmi!´s last blog ..cin(t)a =-.

    8. arfgan says:

      sama aja akh du’
      sama” ayam.
      enaaaaaaaaaaaaakkk
      (~.~)
      .-= arfgan´s last blog ..Kelly passed away =-.

    9. agoezz says:

      ooh … saya tau, ini yg di pondok indah itu ya? yang logo istrinya. tapi belum pernah mampir :p

      salam kenal

    10. Anggie says:

      Gagal pertamax wae di blog ini :(

      Eh, di jatinangor ada donk ayam suharti, tapi yang punya bu suhartinya donk :D

    11. atrix says:

      yang B sih karena di hometwon di Riau itu yang ada ..

    12. budiono says:

      belum pernah nyoba sih du.. ntar kalo udah nyicipi baru kasih vote ya :mrgreen:
      .-= budiono´s last blog ..Tak Ada Tahun Berulang =-.

    13. waterbomm says:

      belum pernah makan 2-2nya, lebih suka ayam goreng masakan nyoka
      apa buka resto juga ya dengan nama “ayam goreng nyokap”? hihi.. :p
      .-= waterbomm´s last blog ..QOTD – Mahathir Mohamad =-.

    14. minta resepnya donk
      eheheh
      salam kenal

    15. Fenty says:

      hehehe, udah lama gak ke ayam goreng suharti
      enak … apalagi bumbunya yang krenyes2 itu :love:
      .-= Fenty´s last blog ..Ada apa dengan saya waktu itu … =-.

    16. H says:

      ada du update-an blog gw, cuma tulisan itu emank jadi sticky…

      :D

      tulisan yang baru ya di bawahnyaa..

    17. hera says:

      whuaa…riduuuuu….pngen ayam goreng suharti…! :D (tp yg punya istrinya) dsini ada sih du, tp blm pernah ksna mpe skrg :(
      .-= hera´s last blog ..02-02-10: Es dawet =-.

    18. Bieb says:

      Ooo…gitu toh ceritanya. Pantes gw rada bingung. Ko’ logonya beda yg di Jl. Pemuda sama di Jl. Cawang. Secara…dulu tuh bokap pernah kerjasama. Eh..maksudnya, bokap pernah taro dagangan (sate paru goreng) di RM yang di Jl. Pemuda.
      Btw..klo mo pesen Sate Paru goreng, hubungi gw aja ya..!! (loh ko’ malah promosi??) :|
      .-= Bieb´s last blog ..Twitter oh twitter… =-.

    19. darahbiroe says:

      ayam goreng suharti emng maknyusss

      berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih
      .-= darahbiroe´s last blog ..samsung hybrid | Spesifikasi dan harga samsung corby plus b3410 =-.

    20. Juminten says:

      eh, ayam goreng Ny. Suharti jg ada kok di Pekanbaru. :D tp di artikel itu kok ga disebutin, ya?
      btw, yg punya suaminya aku belum pernah nyoba.
      tp tetep vote buat ayam goreng yg punya Ny. Suharti sendiri. :yess:
      .-= Juminten´s last blog ..Pengamen yang “Mengancam” =-.

    21. didtav says:

      jadi laper nih, makasih infonya

    22. presy__L says:

      tapi kayaknya beneran lebih laku punya istrinya deh.
      kualat kali tuh suaminya.. selingkuh si :x
      .-= presy__L´s last blog ..Target =-.

      • sisi says:

        @presy__L,
        eh….mbana kl ngomong kok pinter bgt y…..
        kl g tau sejarahna g usah asal ngomong dech mba….
        ntar mbana lho yang kualat ngatain orang selingkuh…….huhuhuhu :egp:

    23. Nazieb says:

      Ga pernah nyoba makan di situ :|

      Eh, yang di Tendean itu kayaknya punya menu baru: bebek goreng.. gara-gara ayamnya kurang enak kali ya? :P

    24. venus says:

      ho oh du, katanya sih yg logo ayam lebih enak soalnya itu yg asli. tau deh bener engganya :D

    25. hmnnn…jadi laper neh du melihat gambar ayam gorengnya

    26. phiy says:

      aku milih mbo berek deh. tapi ga ada pilihannya :p

    27. Yu2n says:

      kalo makan ayam goreng suharti saya teh yg di jl. Cipaganti Bandung ituh Du.. Enyak emang. Ntar mo nyobain yg Ny. Suharti ituh ah..

      Ooo jadi gitu ceritanyah.. *manggut-manggut* :gatau:

    28. jah…. sayang… di es teler 77 ada nggak yah ?barang kali aja merger :tipi:
      .-= anak indonesia´s last blog ..Mereka sudah tahu segalanya tentang Indonesia =-.

    29. ocy says:

      andai di kotaq ada,,
      tp yg SUHARTI,,bukan yg Ny. SUHARTI yg punya mantan suaminya tu,,
      eh,,salam kenal,,

    30. ocky fajzar says:

      gak pernah ngerasain yg punya mantan suaminya haha jadi ya enakan yang gambar ibu-ibunya itu :D
      .-= ocky fajzar´s last blog ..Mari Bangkit! =-.

    31. andriz says:

      aku suka makan yg di pertigaan bangjo babarsari/jl.solo :yess:
      .-= andriz´s last blog ..Waktu Yang Terlalu Singkat =-.

    32. ocha says:

      kalo di semarang, biasanya lebih milih ayam banjir di Simpang Lima… enak, du! :kembar:
      .-= ocha´s last blog ..Trophy Tour World Cup 2010 =-.

    33. alief says:

      uda lama pengen nyobain…, tapi belum kesampean juga :x :x :x

    34. ADITYA says:

      ayam bu suharti sudah tenar sejak saya masih SD…sayangnya belum sempet merasakan keempukan ayam yang katanya beda dengan yang lain ini…..
      .-= ADITYA´s last blog ..Thelephaty Dengan Presiden SBY =-.

    35. Anas says:

      Milih siapa ya? si suami stau si istri…
      .-= Anas´s last blog ..New Variant Virus Edd.exe =-.

    36. zee says:

      Padahal kemarin saya baru bahas ini dengan suami lho, Du. Saya kan pengen makan ayam suharti di pemuda tp suami blg lebih enak yg satu lagi, yg pake gambar si mboknya… :)
      Entah ya, saya aja blm makan di AGS Pemuda itu, gimana bisa tahu mana yg lebih enak?

    37. fragaria says:

      wah, baru pernah nyobain yg B.
      malah baru tau sekarang ayam goreng suharti ada dua jenis, hoho…

    38. rio2000 says:

      blm pernah coba makan ayam begituan… kalo Mbo Berek pernah :yess:
      .-= rio2000´s last blog ..Situs Paling Menjengkelkan !!! =-.

    39. suci says:

      di jambi blom ada…tapi gw beberapa kali nyobain di Bandung ya yang logo Ibu Suharti itu… enak sih..tapi gak bisa ngebandingin karena belum pernah nyobain yang satu nya :)

    40. antown says:

      kalo yang ada gambar ayam tuh aku belum pernah coba sih, untuk yang logo gambar orang itu aku pernah bikin sketnya :)

      sket ridu kapan ya hhhooh

    41. Qie says:

      bikin ngiler.. jadi laper lagi :( :ngebor:
      .-= Qie´s last blog ..Mencoba Keberutungan =-.

    42. warm says:

      pokoknya saya ngiler liat gambar yg pertama
      :ccry:

    43. Ria says:

      Du…aku juga suka banget ayam goreng suhati…pernah malah beberapa kali nyobain bikin kremes tapi gak bisa kayak kremesnya ayam goreng suharti :(

      jadi laper huhuhuhuhu…
      .-= Ria´s last blog ..Sebuah Permintaan =-.

    44. ikhwa says:

      Alamatnya di mana ya? klo di Denpasar Surabaya Dan Purworejo. Mana Bisaa! :nyerah:
      .-= ikhwa´s last blog ..Maen Battle For wesnoth yuuk! =-.

    45. rizni says:

      saya sih sukanya yang ada muka ny. suharti, :love: emang lebih enak kok. tapi sekarang ayam nya rada kecil ya, kalo dulu gede. hahaha :|
      .-= rizni´s last blog ..Black and White =-.

    46. Finance Info says:

      Please provide more detail on specific cuts and increases.

    47. phonank says:

      Bisa terpecah diantara dua Brand yang sama yah,, untung bisa dibedakan sama LOGOnya,,

      btw…
      kalau mantan suaminya masih menggunakan restauran miliknya dengan nama mantan istrinya,, jangan2 beliau masih cinta sama mantan istrinyaa..

      wuaaahh
      CLBK.. hihiii

    48. hmmm…baca postingan adikku ini malah bikin lapar. Weleh..weleh..pdhl baru selesai makan :mrgreen:

    49. ninit says:

      pernah makan ayam goreng suharti punya si perempuan.. tapi udah lupa rasanya… yang jelas enak.. dan without sambel dongss ;-)

    50. b43r says:

      wah dulu aku makan waktu masih kecil.. enag .. kriuk kriuk.. :D

    51. Makasih infonya..
      Jadi lapar nich.. hehehe. :D

    52. hanif IM says:

      yang mana saja? yang saya tahu di jogja milik Ibu suhartinya asli, enak, tapi muahal rek… ayam komlit 60 ribu sendiri itu pun harus saya habiskan bersama bapak. hehe

    53. diyniy says:

      keren banget sekarang blog bang ridu…
      sayang ga bisa berguru lagi…kalo dulu kan boleh nyontek sama bang riduuuu

      hihihihi….

      selamat menjadi blogger sejati…
      eh salah…

      blog seleb yaaaa…
      hehe

      salam dari Blogger di bengkulu…

    54. didut says:

      belum pernah ngerasain yg punya suami :p

      • sisi says:

        @didut,anih
        makana cobain dech…..
        ntar pasti ketagihan ma mantan suaminya…..eh salah ….ma ayamna mantan suaminya hahahaha
        pokokna maknyus dech punya mantan suaminya…… :gila:

    55. gadgetboi says:

      saya suka yang B. soalnya itu yang deket dari rumah :p … baru tahu ada 2 ‘kubu’ seperti itu … :cpd:

      ngemeng-ngemeng ke website dikau rada susah … komen juga gagal terus, padahal engak disuruh ngisi chapca disini :nyerah: …
      .-= gadgetboi´s last blog ..Compaq Airlife 100, Netbook pertama di dunia yang menggunakan OS Android =-.

    56. iman says:

      rasanya sama saja kalau kita sedang lapar… sama-sama mengenyangkan tul….gakk

    57. ASEP A R says:

      Mudah-mudahan bisnis kedepannya Ayam Goreng Ny Suharti pakai Ayam organik probiotik biar tambah laris dan oke…….sehat dan mantap amin salut buat Ny Suharti dan Suami

    58. paams says:

      Rm suharti yg di jl pemuda kan deket bgt ama rumah gue du,bener tuh emg rame mulu,suka empet2an *ketauan sering makan*

    59. yudi says:

      iseng2 gan mo nawarin tnh dijln Ir H Juanda bekasi bulak kapal lokasi strategis luas 575m SHM dpn pom bensin bulak kapal baru cocok bgtz buat rmh makan gan pm ane yaa? atau tel 021 32336026

    60. bebe says:

      episode 1…..
      woii,,,frend, buka bersama dimana? tempat pada pull,,,rada pusing cari t4. mikir cari dkt yg ga macet…. “triiing” di suhartini cilandak,,,nyuuuk nyobaiin,, :o (smsin dech temen2 niat makan disono) :tipi:
      episode 2….
      tar gw ceritain low gw dah kesana….besok sabtu,,,, :bobo:

    61. muchtad says:

      ayam goreng suharti di Bintaro pindah kemana?

    62. mushab says:

      Kemarin malam makan ayam goreng suharti yang ada logo bu suhartinya :charming: …enak cuma gw prefer ayam goreng yang minyaknya ga terlalu banyak..kalo bisa kering.. :ayuk2: (ada gak ya???) :love:

    63. niesya says:

      ayam goreng suharti…
      hmmmm….enak bgd…
      klo di semarang yg punya bu suharti donk..mantaaab ;-)

    64. pernah nyoba yang punya bu suhartinya….malah baru tau kalo ada 2 versi..:) :|

    65. Ondy says:

      Nanti klo suami istri ini rujuk lagi, logonya apa yah kira kira? masa 2 ayam lagi matuk matuk foto ny. suharti ya? hehehehe di flores gak ada banggggg

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site