Dari KBRM Ke Formspring

Bulan September 2008 lalu saya menambahkan fitur di blog ini yaitu KBRM (Kamu Bertanya Ridu Menjawab), di KBRM temen-temen bisa nanya apa aja dari mulai yang susah-susah, personal, sampe soal prediksi UN.

Ternyata memang banyak banget yang nanya, dan ya pertanyaannya itu bervariasi banget.

Dari yang pertanyaannya ilmiah

Berapa jarak bumi sampai bulan kalu dihitung pake jengkal? Jawab yah? Awas kalo ngasal jawabnya.

Tentang masakan

du, kalo bikin pisang aroma gulanya brapa banyak???

Sampe yang sangat pribadi

Du, kapan sih lo pertama kali mimpi basah? Terus ama siapa?
Dijawab yah, awas kalo gak

Pertanyaan beserta jawaban lainnya bisa kamu lihat di KBRM.

Ya walopun susah tapi ternyata seru juga sih, mendapatkan pertanyaan yang unpredictable dari orang yang sangat random. Karena pertanyaannya kadang gak sesuai dengan bidang yang kita tekuni, tapi kita juga dituntut untuk memberikan jawaban, sehingga secara gak langsung kita bisa belajar ilmu baru juga.

Saya memanfaatkan plugin C-Form untuk KBRM, banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum saya jawab, karena pertanyaan yang susah-susah kesibukan waktu itu sehingga banyak yang bertumpuk di email sehingga lama-kelamaan jadi malas untuk menjawab. Terlebih untuk ditampilkan di blog, saya harus mengedit post terlebih dahulu, bukan secara otomatis, sehingga lumayan kerepotan.

Beralih ke Formspring

Hari Jum’at kemarin, twitter saya dibanjiri sama yang namanya Formspring, setelah saya buka ternyata formspring ini adalah tempat untuk bertanya kepada orang yang memiliki akun formspring tersebut. Jadi kalo kita punya formspring, maka nanti orang lain akan bertanya kepada kita dan kita diminta untuk menjawabnya.

Intinya Formspring sama dengan KBRM yang saya buat September 2008 lalu, sehingga sayapun tertarik untuk membuatnya.


Formspring Ridu

Seperti KBRM, pertanyaan-pertanyaan yang masuk itu juga unpredictable, yang bertanya di formspring saya juga gak jauh dari temen-temen blogger, twitter, dan plurk. Di Formspring mereka juga rata-rata mendapatkan pertanyaan yang random. Namun ada beberapa pengguna yang membatasi isi pertanyaan di formspring, seperti @ndorokakung yang membatasi hanya tentang blog dan social media, mba @memeth pada tanya jawab seputar psikologi dan hubungan antar-manusia. Dan beberapa pengguna-pengguna lain, bisa dibaca diblognya @pitra di Media Ide.

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan

Dari sekian banyak pertanyaan yang random, ada 1 pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan juga ini sangat mendasar, yaitu

Kenapa Ridu? Kenapa bukan Rindu?

Well kenapa gak dijawab di formspring, karena penjelasan ini terlalu panjang kalo diceritain di formspring, jadi postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan di sana. Jadi begini sodara-sodara..

Klik kalo mau tau kenapa Ridu

Nama lengkap saya adalah Ahmad Fauzi Ridwan, sejarah kenapa namanya itu bisa dibaca di postingan ini. Nah kenapa Ridu? Jadi gini, nama panggilan saya dari lahir sampe sekarang itu bermacam-macam. Antara lain:

  • Ian

Sewaktu kecil, orang tua memanggil saya memanggil saya dengan nama Ridwan, namun berhubung waktu kecil saya belum bisa menyebut huruf “R”, maka saya hanya bisa menyebut diri saya Ian.

  • Ridwan

Setelah mampu menyebut huruf “R” saya menyebut diri saya dengan nama Ridwan, semua orang di rumah, mengenal saya dengan nama demikian, ketika kelas 1 SD, wali kelas ku juga memanggil nama panggilan saya, yaitu Ridwan.

  • Ahmad

Ketika naik ke kelas 2, saya dipanggil oleh wali kelas saya (bukan wali kelas yang dulu) dengan nama depan saya, yaitu Ahmad, alhasil saya dikenal di SD dengan nama Ahmad, dari guru sampai teman-teman, mereka tidak ada yang mengenal saya dengan nama Ridwan.

Kejadian ini terus-terusan berlangsung, dari SD lalu ke SMP. Semua orang yang berasal dari dunia sekolah (akademis) lebih mengenal saya dengan nama Ahmad, tapi kalau di rumah, saya masih dikenal sebagai Ridwan. Sehingga saya dengan mudah mengenali dari mana orang tersebut kenal dengan saya, apabila dia memanggil saya dengan nama Ahmad berarti dia kenal saya dari ranah akademis, namun apabila dia memanggil saya dengan nama Ridwan berarti dia kenal saya dari ranah non-akademis.

  • Ridu

Ketika menginjak bangku SMA, seperti biasa saya memperkenalkan diri dengan nama Ahmad karena saya pikir ini adalah ranah akademis, namun ternyata disana yang namanya Ahmad itu banyak sekali, di kelas saya ada 2 orang Ahmad, dan di kelas sebelah apalagi, ada sekitar 6 orang Ahmad, sehingga aku memutuskan untuk dipanggil Ridwan.

Ternyata dengan dipanggilnya saya dengan nama Ridwan, tidak menyelesaikan masalah, kebetulan saya ikut ROHIS, dan di ROHIS itu ada juga teman satu angkatan yang bernama Ridwan, namun Ridwan yang satu itu sangat pendiam sekali, sedangkan saya tidak sependiam si Ridwan yang itu, sehingga dalam perkenalan kepada anggota yang lain, ada 2 Ridwan, yaitu saya dan dia, untuk membedakannya, seorang kakak kelas di ROHIS memanggil dia dengan nama Ridwan diem, dan aku dipanggil Ridwan cerewet. *pingsan*

Lalu pada suatu hari ada teman kelas saya yang dengan seenaknya memanggil saya dengan nama Ridu, karena kebetulan dia juga mempunyai teman dengan nama yang sama dengan saya dan dipanggilnya itu Ridu (penggalan suku kata dari Ridu-wan), dan alhasil teman-teman sekelas juga memanggil saya dengan nama Ridu. Hal tersebut berlangsung sampai saat ini, sehingga saya juga memilih menggunakan nama Ridu di dunia maya dan di dunia informal. Untuk dunia formal dan profesional (termasuk di kantor), saya menggunakan nama Ridwan.

Jadi gitu sejarahnyaa.. hehe.. dan sebenernya uraian di atas pernah saya tulis di about me, tapi sekarang about me sedang saya edit-edit lagi agar lebih terkini informasinya.

Pertanyaan yang sering ditanya adalah tentang kodok. Kenapa memilih avatar kodok?

    63 thoughts on “Dari KBRM Ke Formspring

      1. @Anggie, sepertinya kalo di blog ini tetap ada, soalnya bagi yang gak punya account formspring gak ada notifikasi apakah pertanyaan dia sudah dijawab oleh ybs atau belum..

    1. klo di kantor ridwan (kecuali mira)
      di dunia maya, ridu… :tipi:
      btw..knp judul postingan terbaru gw ga pernah muncul “Oh no! Comluv had an error with your feed, see message below”??? apa yang error y??

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge