Aku dan Muridku ^^

Kak Riduu… nanti aku belajar apa?

Lucu, seru, rame, itulah yang bisa digambarin kalo saya lagi mengajar murid-murid les saya. Gimana gak rame ya kalo adik-kakak itu belajar bareng. Kadang mereka ketawa-ketawa, kadang si Kakak ngeledekin adeknya sampe nangis tapi kemudian ketawa-ketawa lagi. Kadang mereka juga berantem gara-gara hal sepele gara-gara berdebat siapa yang tugasnya paling bagus.

Yup, sejak 2008 lalu saya mulai memberikan les privat untuk anak sekolah. Awalnya sih hanya memberikan les komputer saja. Tapi kemudian menjadi lebih bervariasi dalam memberikan pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan.

Dunia pendidikan adalah dunia tempat saya tercemplung ke dalamnya. Pengalaman pertama kali saya mengajar formal adalah pada saat kuliah semester 2, karena tiba-tiba seorang dosen tidak masuk dan sayapun diminta untuk menggantikannya. Tapi memang itu sudah kewajiban saya juga sebagai seorang asisten lab di kampus saya.

Setelah lulus, ternyata saya juga masih berkecimpung dengan dunia pendidikan. Sudah hampir setahun saya bekerja di Australia Indonesia Basic Education Program (AIBEP) yaitu program dibawah AusAID yang memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia yaitu Depdiknas untuk pemerataan pendidikan di daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia dengan membangun sekolah-sekolah dasar dan menengah.

Oke balik lagi, Sejauh ini sudah 9 orang murid yang sudah pernah saya ajar. Waktu pertama kali mengajar anak sekolah itu terasa berbeda banget ya kalo dibandingin sama ngajar orang dewasa, contohnya mahasiswa. Jadi ‘mood’ si anak tuh harus kita perhatiin banget. Mereka itu gampang dalam menerima materi yang kita sampaikan asalkan ‘tertarik’. Semudah apapun pelajaran tapi kalo si anak sudah bosen, walah susah deh banget membuat dia mengerti. Jadi hal yang pertama kali saya lakukan adalah dengan membuat si anak ‘tertarik’ untuk belajar.

Memberikan sesuatu hal yang menarik gak sulit juga kok. Saya mengkombinasikan antara materi yang akan disampaikan dengan sesuatu yang menarik dengan memanfaatkan fasilitas Internet. Contohnya antara lain:

Mengetik 10 Jari

Pelajaran ini memang sangat mendasar dan agak sulit dan juga sangat mudah bosan bagi yang belajar, untuk itu setiap akhir bagian saya kombinasikan dengan games mengetik, sehingga lebih menarik untuk dipelajari.

Facebook

Selain sebagai social networking, Facebook juga terdapat beragam aplikasi, banyak aplikasi yang edukatif yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan juga kemampuan anak. Saya menggunakan aplikasi edukatif di Facebook sebagai selingan disela-sela kebosanan. Misalnya permainan: Who Has The Biggest Brain yang bisa melatih otak, Geo Challenge bisa menambah wawasan geografi, Word Challenge menambah vocab bahasa Inggris, dan berbagai macam aplikasi Facebook lainnya.

Google

Saya sudah menanamkan kepada murid-murid saya bahwa jika suatu saat kebingungan hal yang pertama dilakukan adalah Googling. Dan itu diterapkan banget sama mereka. Sehingga kalau ada sesuatu yang ingin mereka ketahui langsung googling kemudian baru bertanya dan berdiskusi kepada saya.

Wikipedia dan Wikimapia

Saya sering memberikan tugas untuk mencari sesuatu di Wikipedia, misalnya hewan Platypus. Namun sebelumnya saya telah memberikan games yang bernama Platypus. Setelah itu saya meminta dia untuk mendeskripsikannya apa itu Platypus. Selain itu saya juga memberikan kuis mencari tempat dengan menggunakan Wikimapia. Sederhananya sih mencari rumah sendiri di Wikimapia.

Ngeblog!!

Tanpa saya minta, mereka sudah duluan ingin mempunyai blog. Salah satunya sih karena tugas dari sekolah mereka. Namun saya memberikan pemahaman kepada mereka bahwa blog tidak hanya untuk memenuhi tugas sekolah, tetapi juga sebagai media untuk mengekespresikan diri di dunia maya, media untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dan juga sebagai suatu karya. Nah ini beberapa blog murid saya.. (Reza, Farras, Lia) mereka sepertinya tidak meng-update blog mereka lagi..

Buat Cerita!!

Saat belajar Microsoft Word, saya mengajak murid saya untuk membuat cerita. Cerita bebas sesuai dengan imajinasi mereka. Untuk aplikasi Microsoft Office yang lain saya tidak langsung to the point mengajarkan mereka materinya. Namun saya memberikan games dari Microsoft Office yang dipadukan dengan aplikasi lainnya. Contohnya seperti ini.

Nah di bawah ini ada 1 rekaman yang saya ambil secara tersembunyi. Saat itu kita sedang berdiskusi mengenai isi dari cerita yang dibuat oleh murid saya yang berjudul “Lamerguy Adventure”. Ide cerita, ketikan, gambar, itu semua dia yang buat dengan menggunakan Microsoft Word 2007, saya hanya memberikan saran dan pengarahan. Coba lihat gimana lucunya murid saya yang baru kelas 4 SD ini ^^

Yak, ternyata saya ketahuan mengambil gambarnya hahaha.. Dia meminta saya untuk menghapus video ini, tapi ketika saya perlihatkan video ini di Youtube kepadanya, dia malahan ketawa.. hihihi.. Nah bagi yang pengen baca tulisannya, ini hasil sementara tulisan murid saya sekarang masih on progress.. kalo sudah jadi nanti saya upload lagi

Klik kalo mau baca Lamerguy Adventure

Ya, itu adalah yang telah saya lakukan sebagai individu untuk menumbuhkan semangat belajar dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Di sisi lain, pemerintah saat ini juga memberikan perhatian yang serius dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu program 100 hari Depdiknas adalah Penyediaan Internet secara massal di sekolah. Kemudian juga didukung dengan program 100 hari Depkominfo yaitu Program Internet Masuk Kampung. Saya berharap agar program tersebut bisa terealisasi sehingga tercapainya pemerataan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di seluruh Indonesia.

    80 thoughts on “Aku dan Muridku ^^

    1. Wahh… mantap du…
      Gw juga selain kesibukan ngantor sehari-hari dari sore sampe petang gw luangin buat dunia pendidikan.

      Hmmm…kalo untuk dunia IT memang yang diperlukan ya itu : pemerataan akses, internet sehat dan internet for kids

      salam
      .-= andri´s last blog ..Seperempat Abad Sudah… =-.

    2. yuupss, bener bangett Du.. ngajar anak kecil (SD-red) itu bedaaaa bangett ma yang lebih gede tingkatannya (jenjang pendidikan-red)

      mereka emang harus diikutin moodnya, saya juga ngajar les kyk gitu, jadi kudu bener2 liat sikon mereka dan cari apa yang menarik bagi mereka (biasa emang games yang sangat disukai, tapi yang edukatif pastinya)

      oohh iya tadi mampir blog murid Ridu (Reza) kereenn euy, ada in English nya pula… hebaaattt…

      *uppss, ini saya yg pertamanya yaa??* 😉

    3. ketika asyik ngobrol gak jelas bareng teman, membayangkan masa depan setelah lulus kuliah…

      teman-teman saya kok pada satu suara kalau saya bakal jadi DOSEN. katanya bakal jadi pengganti profesor ***** yang rese itu pula. sialan. ckckck…

      *padahal gak berbakat ngajar*
      .-= gunawanrudy´s last blog ..Etnodesain: BatikFolio =-.

    4. aw..aw… how i missed those times… jadi guru les privat bikin kangen :love: …. inget murid yang bandel2, ngeselin tapi adorable :gemes: … wish could back…

      eniwei.. u’re very creative du… wish more people are willing to be teachers… we’re lacking of young people who would do such work… :charming:

    5. wah wah..,
      om ridu sibuk juga yak?
      hehehehe…
      klo gw mah cuma ngajar les doang..,
      dan itupun GRATIS..
      karena gw ga mau anak2 kecil si sekitar rumah gw ga bisa bahasa inggris en matematika yang notabene dibutuhin banget.. :super2:


    6. Tehnik ngajarnya oke banget..
      Bikin anak didik tertarik dan tidak membosankan..
      ..
      Terimakasih kunjungannya diblog saya..
      Salam cihuy..
      😀
      ..

    7. Hmmm, gimana yah kalo diajar ama lu Du..??
      Xixixix, gak kebayang…. :p
      Owh.ya, tapi kayaknya asik juga yah bisa ngajar 😀
      Eh…itu lo’nya aja yang kurang profesional makanya ketahuan gitu 😀
      .-= Zippy´s last blog ..UAS, Natal dan Trafik =-.

    8. wew manteb metode ngajarinnya.
      guru2 sekarang harusnya semakin mengandalkan internet buat pembelajarannya, dengan komputer dan internet, pelajar lebih berkembang logikannya *kayaknya*, termasuk logika untuk menemukan hal yg baru, yg orang tua dan pengajar belum tentu paham.

    9. Semoga amal ibadah mas ridu di ganjar oleh alloh dng balasan yg berlipat ganda 😀 mantabk

      mas,, kapan2 bolehkah sayah berguru pada anda 😀

    10. Ehem.. jadi pengen tau gaya ridu ngajar secara live deh..hihi..
      ini klo anak kecil ya, klo yg udah gede diajarin, trus ga ngerti2, pasti dalam hati lo. “ih, nyusahin banget si nih orang diajarin ga ngerti2” *ngedumel*
      .-= presy__L´s last blog ..Ibu =-.

      1. @soe, hueheuehue.. gak juga, liat donk beberapa postingan sebelumnya, sebenernya tergantung konten postingan sih, kalo pake gw itu lagi pengen nulis cepet dan curhat aja

    11. Awalnya gw kaget kok tulisan lo jadi serius gitu (pake saya). Ternyata buat MS bloggership..

      hmm, segitu serunya yah ngajarin anak kecil?
      okeh, gw semangat lagi jadi guru.. :super2:

    12. hmm… q juga baru sebulan ngelesin private anak SD, kakak adik, kelas 2 dan kelas 6..
      ternyata susah juga ya bikin mood mereka bagus,
      apalagi yang kakak, males2an gitu deh,
      untung yang ngajarin cakep kaya’ saya..jadinya agak gampang ngurusnya… *ga nyambung mode on..hehe..

      tetep semangat aja yaaa..! :joget:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge