Aku dan Muridku ^^

Kak Riduu… nanti aku belajar apa?

Lucu, seru, rame, itulah yang bisa digambarin kalo saya lagi mengajar murid-murid les saya. Gimana gak rame ya kalo adik-kakak itu belajar bareng. Kadang mereka ketawa-ketawa, kadang si Kakak ngeledekin adeknya sampe nangis tapi kemudian ketawa-ketawa lagi. Kadang mereka juga berantem gara-gara hal sepele gara-gara berdebat siapa yang tugasnya paling bagus.

Yup, sejak 2008 lalu saya mulai memberikan les privat untuk anak sekolah. Awalnya sih hanya memberikan les komputer saja. Tapi kemudian menjadi lebih bervariasi dalam memberikan pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan.

Dunia pendidikan adalah dunia tempat saya tercemplung ke dalamnya. Pengalaman pertama kali saya mengajar formal adalah pada saat kuliah semester 2, karena tiba-tiba seorang dosen tidak masuk dan sayapun diminta untuk menggantikannya. Tapi memang itu sudah kewajiban saya juga sebagai seorang asisten lab di kampus saya.

Setelah lulus, ternyata saya juga masih berkecimpung dengan dunia pendidikan. Sudah hampir setahun saya bekerja di Australia Indonesia Basic Education Program (AIBEP) yaitu program dibawah AusAID yang memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia yaitu Depdiknas untuk pemerataan pendidikan di daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia dengan membangun sekolah-sekolah dasar dan menengah.

Oke balik lagi, Sejauh ini sudah 9 orang murid yang sudah pernah saya ajar. Waktu pertama kali mengajar anak sekolah itu terasa berbeda banget ya kalo dibandingin sama ngajar orang dewasa, contohnya mahasiswa. Jadi ‘mood’ si anak tuh harus kita perhatiin banget. Mereka itu gampang dalam menerima materi yang kita sampaikan asalkan ‘tertarik’. Semudah apapun pelajaran tapi kalo si anak sudah bosen, walah susah deh banget membuat dia mengerti. Jadi hal yang pertama kali saya lakukan adalah dengan membuat si anak ‘tertarik’ untuk belajar.

Memberikan sesuatu hal yang menarik gak sulit juga kok. Saya mengkombinasikan antara materi yang akan disampaikan dengan sesuatu yang menarik dengan memanfaatkan fasilitas Internet. Contohnya antara lain:

Mengetik 10 Jari

Pelajaran ini memang sangat mendasar dan agak sulit dan juga sangat mudah bosan bagi yang belajar, untuk itu setiap akhir bagian saya kombinasikan dengan games mengetik, sehingga lebih menarik untuk dipelajari.

Facebook

Selain sebagai social networking, Facebook juga terdapat beragam aplikasi, banyak aplikasi yang edukatif yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan juga kemampuan anak. Saya menggunakan aplikasi edukatif di Facebook sebagai selingan disela-sela kebosanan. Misalnya permainan: Who Has The Biggest Brain yang bisa melatih otak, Geo Challenge bisa menambah wawasan geografi, Word Challenge menambah vocab bahasa Inggris, dan berbagai macam aplikasi Facebook lainnya.

Google

Saya sudah menanamkan kepada murid-murid saya bahwa jika suatu saat kebingungan hal yang pertama dilakukan adalah Googling. Dan itu diterapkan banget sama mereka. Sehingga kalau ada sesuatu yang ingin mereka ketahui langsung googling kemudian baru bertanya dan berdiskusi kepada saya.

Wikipedia dan Wikimapia

Saya sering memberikan tugas untuk mencari sesuatu di Wikipedia, misalnya hewan Platypus. Namun sebelumnya saya telah memberikan games yang bernama Platypus. Setelah itu saya meminta dia untuk mendeskripsikannya apa itu Platypus. Selain itu saya juga memberikan kuis mencari tempat dengan menggunakan Wikimapia. Sederhananya sih mencari rumah sendiri di Wikimapia.

Ngeblog!!

Tanpa saya minta, mereka sudah duluan ingin mempunyai blog. Salah satunya sih karena tugas dari sekolah mereka. Namun saya memberikan pemahaman kepada mereka bahwa blog tidak hanya untuk memenuhi tugas sekolah, tetapi juga sebagai media untuk mengekespresikan diri di dunia maya, media untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dan juga sebagai suatu karya. Nah ini beberapa blog murid saya.. (Reza, Farras, Lia) mereka sepertinya tidak meng-update blog mereka lagi..

Buat Cerita!!

Saat belajar Microsoft Word, saya mengajak murid saya untuk membuat cerita. Cerita bebas sesuai dengan imajinasi mereka. Untuk aplikasi Microsoft Office yang lain saya tidak langsung to the point mengajarkan mereka materinya. Namun saya memberikan games dari Microsoft Office yang dipadukan dengan aplikasi lainnya. Contohnya seperti ini.

Nah di bawah ini ada 1 rekaman yang saya ambil secara tersembunyi. Saat itu kita sedang berdiskusi mengenai isi dari cerita yang dibuat oleh murid saya yang berjudul “Lamerguy Adventure”. Ide cerita, ketikan, gambar, itu semua dia yang buat dengan menggunakan Microsoft Word 2007, saya hanya memberikan saran dan pengarahan. Coba lihat gimana lucunya murid saya yang baru kelas 4 SD ini ^^

Yak, ternyata saya ketahuan mengambil gambarnya hahaha.. Dia meminta saya untuk menghapus video ini, tapi ketika saya perlihatkan video ini di Youtube kepadanya, dia malahan ketawa.. hihihi.. Nah bagi yang pengen baca tulisannya, ini hasil sementara tulisan murid saya sekarang masih on progress.. kalo sudah jadi nanti saya upload lagi

Klik kalo mau baca Lamerguy Adventure

Ya, itu adalah yang telah saya lakukan sebagai individu untuk menumbuhkan semangat belajar dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Di sisi lain, pemerintah saat ini juga memberikan perhatian yang serius dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu program 100 hari Depdiknas adalah Penyediaan Internet secara massal di sekolah. Kemudian juga didukung dengan program 100 hari Depkominfo yaitu Program Internet Masuk Kampung. Saya berharap agar program tersebut bisa terealisasi sehingga tercapainya pemerataan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di seluruh Indonesia.

    80 Responses to “Aku dan Muridku ^^”

    1. aMy_si says:

      ajarin aku juga donk pak… :love: :nangis:
      .-= aMy_si´s last blog ..need someone and something… =-.

    2. andri says:

      Wahh… mantap du…
      Gw juga selain kesibukan ngantor sehari-hari dari sore sampe petang gw luangin buat dunia pendidikan.

      Hmmm…kalo untuk dunia IT memang yang diperlukan ya itu : pemerataan akses, internet sehat dan internet for kids

      salam
      .-= andri´s last blog ..Seperempat Abad Sudah… =-.

    3. diah says:

      yuupss, bener bangett Du.. ngajar anak kecil (SD-red) itu bedaaaa bangett ma yang lebih gede tingkatannya (jenjang pendidikan-red)

      mereka emang harus diikutin moodnya, saya juga ngajar les kyk gitu, jadi kudu bener2 liat sikon mereka dan cari apa yang menarik bagi mereka (biasa emang games yang sangat disukai, tapi yang edukatif pastinya)

      oohh iya tadi mampir blog murid Ridu (Reza) kereenn euy, ada in English nya pula… hebaaattt…

      *uppss, ini saya yg pertamanya yaa??* ;-)

    4. Ucup says:

      cieee pak guruuu,.. :sombong: doain y tahun depan juga mulai nh jadi guru … aamiin :|
      .-= Ucup´s last blog ..Cerita Disuruh Kawin, eh Nikah!! =-.

    5. ratrii :) says:

      kaaaaaaak salut deh ah :) :gemes: :charming: :love:

    6. Anggie says:

      Jieee.. Pak Guru :p

      Btw, udah punya akta 4 belum? hihi :p

    7. marsudiyanto says:

      Jadi pengin ikut belajar…

    8. gunawanrudy says:

      ketika asyik ngobrol gak jelas bareng teman, membayangkan masa depan setelah lulus kuliah…

      teman-teman saya kok pada satu suara kalau saya bakal jadi DOSEN. katanya bakal jadi pengganti profesor ***** yang rese itu pula. sialan. ckckck…

      *padahal gak berbakat ngajar*
      .-= gunawanrudy´s last blog ..Etnodesain: BatikFolio =-.

    9. ainur rony says:

      kenapa ngga apply jadi dosen di bl aja ?? :D
      lumayan buat tambah2 :D

    10. uchie says:

      aw..aw… how i missed those times… jadi guru les privat bikin kangen :love: …. inget murid yang bandel2, ngeselin tapi adorable :gemes: … wish could back…

      eniwei.. u’re very creative du… wish more people are willing to be teachers… we’re lacking of young people who would do such work… :charming:

    11. ipied says:

      eh tumben ridu postingnya rada bener :p eh yang kamu ajar itu anak usia berapa? masih sd ya? wah..wah… harus telaten tuh hehehe… selamat mengajar ya pak guru :yess:
      .-= ipied´s last blog ..Grammar Suroboyo di Hellofest 6 =-.

    12. Selma says:

      Duuu mau dong privateeee fisika tapi

    13. yusdi says:

      pak guluuuu…mau pipisss…….

      du bagi lahan dunk…. :D

    14. SILUMAN says:

      kamu dan muridmu ngapain mas? selingkuhan ya? woooo

    15. ocky fajzar says:

      Ckkckckck fantastis lah hehe, ya semoga program2 tersebut bisa berjalan :D . ngomong-ngomong mesra sekali ye sama muridnya hahaha
      .-= ocky fajzar´s last blog ..Aku kan genit… =-.

    16. anyee says:

      kak ridu ajarin saya juga donk … :|

      hahha . jadi inget kalo lagi nemenin adek ku kls 4 SD yg lagi ngerjain PR…. :musik:
      .-= anyee´s last blog ..|. BOYS TASTE .| =-.

    17. Fenty says:

      ahaay pak guru *wink wink*
      akyu dong diajarin :p
      .-= Fenty´s last blog ..Ini alay atau sekedar cara otak membaca ya ? =-.

    18. ikhwa says:

      wew! k ridu ngajar ank umr berapa?
      .-= ikhwa´s last blog ..Up-date Plurk Lewat PlurkAIR =-.

    19. thepenks says:

      konsep pembelajarannya bagus mas, teman2 saya yang jadi guru disini juga menerapkan cara yang sama… maju terus dunia pendidikan indo… salam kenal..
      .-= thepenks´s last blog ..type lampu projector Toshiba =-.

    20. si kurus says:

      asik tenan oii.
      Mau liat youtubenya, tapi apa daya, koneksi tak mendukung banyak.
      .-= si kurus´s last blog ..Coffee Break (Disaster) =-.

    21. Aribicara says:

      Wach, kita sama2 ngurusin anak-anak bro :D

      tapi memang sangat menyenangkan dech :)
      apalagi kalau pas belajar diluar :)

      Oia, kapan2 ngajarin anak-anak di kampungku yach :D ckckckck …
      .-= Aribicara´s last blog ..Visit Indonesia Forever =-.

    22. vany says:

      wkt baca tulisan ini aku jd kgn murid2ku…
      pgn jd guru privat lagi… :D
      .-= vany´s last blog ..Ibu berkarir sayang anak =-.

    23. ai says:

      cie cie cie….pak guru ni yeeee ;-)
      .-= ai´s last blog ..Peraturan Itu Untuk Siapa? =-.

    24. b43r says:

      bang bang..nanti kita belajar apa ?? :D heheehhe tapi kok ngantug ya bang :bobo: hehehe
      .-= b43r´s last blog ..review.. =-.

    25. Gempur says:

      benar-benar guru teladan
      .-= Gempur´s last blog ..Happy New Year of Hijriah =-.

    26. Gempur says:

      suatu ketika murid2 akan teringat ajaran baik gurunya.
      .-= Gempur´s last blog ..Happy New Year of Hijriah =-.

    27. aditz says:

      wah wah..,
      om ridu sibuk juga yak?
      hehehehe…
      klo gw mah cuma ngajar les doang..,
      dan itupun GRATIS..
      karena gw ga mau anak2 kecil si sekitar rumah gw ga bisa bahasa inggris en matematika yang notabene dibutuhin banget.. :super2:

    28. Ata says:


      Tehnik ngajarnya oke banget..
      Bikin anak didik tertarik dan tidak membosankan..
      ..
      Terimakasih kunjungannya diblog saya..
      Salam cihuy.. :-D
      ..

    29. trendy says:

      mantab lanjutkan gan!
      wekkekekke
      .-= trendy´s last blog ..Trio Macan =-.

    30. Dangstars says:

      Semangat terus Pak guru :P :P
      Semoga muridnya gak bikin jengkel

    31. shei says:

      Waaaw….riduuu……muliaaa sekalii kauuu naaak :|

    32. cah ndeso says:

      weeehhh…. salut dah buat Pak Guru :lol:
      Semoga apa yang sudah diajarkan bisa menjadi pedoman yang bagus untuk sebuah kemajuan. Amiieenn

      Salam sukses dari Lereng Muria dan mPIISSSSS :cool:
      .-= cah ndeso´s last blog ..Janji itu Milik Siapa =-.

    33. oglek says:

      kalo dulu guru les saya kayak sampean, tentu saya bakalan betah :D
      .-= oglek´s last blog ..Ecosia, Search Engine Penyelamat Hutan =-.

    34. Bahauddin says:

      Wah, betapa senangnya bisa ngelesi anak-anak generasi bangsa ya. Saya juga pernah ngelesi kok. dan ternyata asyik banget….
      .-= Bahauddin´s last blog ..Refleksi Tahun Baru Hijriyah =-.

    35. kips says:

      Aktivitas yang sungguh menyenangkan, pernah mengalaminya jg meski hanya sebentar :charming:

    36. Zippy says:

      Hmmm, gimana yah kalo diajar ama lu Du..??
      Xixixix, gak kebayang…. :p
      Owh.ya, tapi kayaknya asik juga yah bisa ngajar :D
      Eh…itu lo’nya aja yang kurang profesional makanya ketahuan gitu :D
      .-= Zippy´s last blog ..UAS, Natal dan Trafik =-.

    37. antokoe says:

      pak guru, blogger plus pluker
      .-= antokoe´s last blog ..Berbagi via Google Wave =-.

    38. Oom oom… Ajarin saya ngeblog dong… :p
      * manggil pake oom..
      .-= adit-nya niez´s last blog ..Setengah Agama =-.

    39. tary says:

      hmm..jadi guru, mulia sekali yah, aku juga pengen jadi guru TK, biar ketemu sama anak-anak kecil terus.

    40. heLga gaga says:

      waaahhhh bang ridu ternyata seorang guru
      ajarin gue juga dong pak!

      hahaha
      .-= heLga gaga´s last blog ..Happy New Year! :) =-.

    41. zee says:

      Buat blog itu gampang ya. Tp agar dapat terus eksis di dunia blogsphere selama bertahun-2 itu yg susah…
      Sayang sekali murid kamu blognya dianggurin…
      .-= zee´s last blog ..Wiken ke Taman Safari Indonesia =-.

    42. willy says:

      saljunya kok ga berenti2 ya kang???
      domainnya beli di mana???
      alaska ya???? :mrgreen:
      .-= willy´s last blog ..2 hari di jakarta =-.

    43. Triunt says:

      wew manteb metode ngajarinnya.
      guru2 sekarang harusnya semakin mengandalkan internet buat pembelajarannya, dengan komputer dan internet, pelajar lebih berkembang logikannya *kayaknya*, termasuk logika untuk menemukan hal yg baru, yg orang tua dan pengajar belum tentu paham.

    44. farus says:

      mau donk diajarin tentang dunia komputer….? salam buguru…. ;-)

    45. nengIngga says:

      ajarin gw ngetik 10 jari dong
      .-= nengIngga´s last blog ..bingung judul nya apa =-.

    46. Qie says:

      Semoga amal ibadah mas ridu di ganjar oleh alloh dng balasan yg berlipat ganda :D mantabk

      mas,, kapan2 bolehkah sayah berguru pada anda :D

    47. phonank says:

      Wah asik yah kalau bisa mengajar anak2 atau orang…

      jadi bisa sambil mengenali karakter mereka,hehehe :ayuk2:

    48. mitadriani says:

      Wah asik!!
      Coba gw juga punya guru gaul kayak elo..
      Btw, lama tak bertandang, koq lo jadi pake “saya” di tulisan? Tapi KEREN TAUUU DU!! Gw suka gaya penulisan lo yg ini.. :love:
      .-= mitadriani´s last blog ..MENGEJAR MATAHARI, =-.

    49. huang says:

      kakak riduuuu oh kaKAk riduuuuuuuuu

      ajarin adek juga donggggg dong…

      muuuuuuahh

      *kedip-kedip :p~~
      .-= huang´s last blog ..Luna Miauw =-.

    50. presy__L says:

      Ehem.. jadi pengen tau gaya ridu ngajar secara live deh..hihi..
      ini klo anak kecil ya, klo yg udah gede diajarin, trus ga ngerti2, pasti dalam hati lo. “ih, nyusahin banget si nih orang diajarin ga ngerti2″ *ngedumel*
      .-= presy__L´s last blog ..Ibu =-.

    51. Bieb says:

      Wah…saingan berat neh di Microsoft bloggership. Hahahha…
      Majukan terus pendidikan di Indonesia…!!!
      Chiayo du…!!! :yess:

    52. achoey says:

      wah sekarang makin dahsyat
      dah punya murid juga :)

    53. indra1082 says:

      SELAMAT HARI IBU
      JUST 4 MOM

    54. paams says:

      aduh pak guru riduuuuuuuuuuuuu cini dundh ajarin akuh pakkkkk hahahahahah, eh itu anaknya gembul juga ya, lo ngajarin anak2 inter ya du? gawat dah ridu heahueauehuaehuaheuaea
      .-= paams´s last blog ..Postingan Di Kala Mata Mengantuk =-.

    55. Cloud says:

      whehe.. jadi guru komputer ya..
      ya anak kecil gitu lah.. :D susah kadangan buat ngerti maunya.. :D
      .-= Cloud´s last blog ..Sumpah Saya Tidak Pakai =-.

    56. zulhaq says:

      boleh numpang belkajar gak?? he he he

    57. dhodie says:

      Jadi ingat waktu mengajar privat anak SD kelas 6 yang saia bikin nangis karena wajah saia yang kelewat serius hihi… untungnya setelah itu cair kembali :-D

      Nice blog ^^
      .-= dhodie´s last blog ..Avatar, Simply the Best =-.

    58. soe says:

      widih… bapak ridu ngomong nya sekarang pakai kata “saya” bukan gw lagi :egp:

      • Ridu says:

        @soe, hueheuehue.. gak juga, liat donk beberapa postingan sebelumnya, sebenernya tergantung konten postingan sih, kalo pake gw itu lagi pengen nulis cepet dan curhat aja

    59. lohloh, kok cuma dua lembar ya karyanya
      ngegantung nih!
      .-= Dodi Iswandi Mauliawan´s last blog ..Be One With The Chances =-.

    60. wahyoe says:

      kalo pak gurunya pinter kayak gini, muridnya juga pasti pinter-pinter dunk :D

    61. GreatQo says:

      Awalnya gw kaget kok tulisan lo jadi serius gitu (pake saya). Ternyata buat MS bloggership..

      hmm, segitu serunya yah ngajarin anak kecil?
      okeh, gw semangat lagi jadi guru.. :super2:

    62. irfansidik says:

      wah tau gitu dulu gw sma les nya ama ridu aja.. :p

    63. hera says:

      hmm… q juga baru sebulan ngelesin private anak SD, kakak adik, kelas 2 dan kelas 6..
      ternyata susah juga ya bikin mood mereka bagus,
      apalagi yang kakak, males2an gitu deh,
      untung yang ngajarin cakep kaya’ saya..jadinya agak gampang ngurusnya… *ga nyambung mode on..hehe..

      tetep semangat aja yaaa..! :joget:

    64. dilla says:

      wah ridu hebat euy :D

    65. Классно всё: и картинка ,и информация

    66. wana says:

      ooh.. Pak Guru.. saya juga ingin diajari.. :p

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site