3 Sekawan di Negeri Kerajaan

Ishak, Erwin, dan Hakim adalah 3 orang sekawan. Mereka lagi kebingungan untuk ngelanjutin studi-nya, mau kemanakah mereka nantinya..

Erwin: Sak, Kim, mo nerusin ke mana kalian?

Kim: KUA deh hahah.. gak denk, sepertinya mau di Queen’s College Oxford deh.. kalo lo Sak?

Ishak: Hm.. aku sih menuruti perintah orang tuaku, mo ke Trinity College Cambridge, terus kamu sendiri Win?

Erwin: Iya sama.. saya juga nih ngikutin kemauan bapak, kuliah kedokteran di Edinburg University.. Huah sepertinya membosankan deh, saya sih padahal pengennya ke Cambridge.

Ishak adalah anak keturunan Batak bermarga Nasution. Ishak Nasution sangat menyukai buah Apel, sedangkan Erwin adalah seorang anak mempunyai hobi yang unik yaitu korespondensi dengan sahabat pena-nya, namun karena banyak sekali surat yang masuk sehingga dia selalu telat untuk membalas surat, jadinya di dalam surat balasan ditambahkan kata “rules” singkatan dari “baru bales” sehingga dia dijuluki “Rules Erwin”. Lalu, Hakim adalah anak keturunan Jawa, dia adalah anak yang paling pintar di keluarganya. Sehingga setiap pernyataannya selalu dibenarkan oleh keluarganya dengan kata “bener le” akibatnya dia sering dipanggil atau dijuluki “Kim Bener Le”. Mereka bertiga merupakan siswa yang jenius, sehingga mereka dengan mudahnya masuk ke perguruan tinggi yang direncanakannya.

Hakim dan Ishak sangat serius sekali dengan studinya, namun tidak begitu dengan Erwin, Erwin merasakan kejenuhan dengan kuliah kedokteran dan anatomi.

Erwin memutuskan untuk pindah dari kedokteran Universitas Edinburg ke Cambridge untuk mempelajari unsur administrasi perkantoran. Di Cambridge, dia mendapatkan perhatian dari gurunya, dia ditawarkan untuk berlayar dengan menggunakan kapal The Beagle ke penjuru dunia selama 5 tahun. Semasa perkelanaan itu, ia menyaksikan banyak keajaiban-keajaiban alam, menemukan jumlah besar fosil-fosil, meneliti berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan jenis binatang. Dari sinilah ia mendapatkan bahan sebagai penunjang ide mengenai Teori Seleksi Alam dan Teori Evolusi Erwin.


Cambridge University

Ishak saat ini sedang tertarik dengan fisika, kemudian ia duduk dan belajar di bawah pohon apel, nah tiba-tiba ada sebuah apel yang jatuh dari pohon tersebut, lalu ia bertanya-tanya, kenapa apelnya jatuh ke bawah, bukan ke atas? Dengan mengamati apel yang jatuh, Ishak mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel jatuh ke bawah, dan kekuatan itu yang sekarang kita kenal dengan nama gravitasi. Selain itu juga merumuskan sebuah hukum: Percepatan sebuah benda yang diberi gaya adalah sebanding dengan besar gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda. Hukum ini dikenal dengan Hukum Nasution

Bagaimana dengan Hakim? Hakim setelah menyelesaikan kuliahnya di Oxford, dia mengikuti proyek di laboratorium fisika partikel milik Eropa. Saat itu ia hanya bekerja sementara selama 6 bulan sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Mengingat itu merupakan institusi multi-nasional, kim ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya dan agar bisa diakses oleh para periset lainnya di seluruh dunia. Maka dibuatlah sebuah teknologi. Namun Hakim kebingungan dengan nama teknologinya, karena kebetulan malam jum’at, Ia teringat dengan hantu yang bernama Wewe Gombel, maka diabadikanlah nama teknologi itu dengan nama teknologi WWW.

Ishak, Erwin, dan Hakim telah lama berpisah, namun secara tidak sengaja mereka bertiga bertemu di toserba terbesar di dunia yaitu Harrods yang terletak di London.

Harrods, Toserba terbesar di Dunia, berlokasi di London

Hakim: Ishak ya? Wah lama gak ketemu apa kabar sak?

Ishak: Hey kamu hakim kan? kabar baik kim, kamu sekarang beda banget yaa..

Hakim: Haha iya kamu juga beda.. wah btw kamu mau belanja apa nih?

Ishak: Enggak aku cuma lagi mampir aja sambil lihat-lihat, pengen beli buah juga sih, hehe biasa pengen beli apel.. kamu?

Hakim: Oh gitu, tau gak hak, aku baru ditipu sama orang di Internet, aku beli barang buat hadiah, eh ternyata sampe sekarang gak dikirim barangnya.. yaudah akhirnya aku beli di tempat yang jelas saja deh..

Tiba-tiba Erwin datang

Erwin: Ishak, Hakim, ini kalian kan? apa kabar?

Ishak: Wah erwin yaa? pangling aku.. baik kok

Hakim: Kebetulan banget sih kita bisa ketemu lagi bertiga di sini.. kamu mau beli apa win? eh apakabar nih?

Erwin: iya kebetulan banget, aku kabar baik kok.. ini aku lagi mau nyari perlengkapan korespondensi nih, di sini ada gak ya?

Hakim: Kamu masih suka surat-menyurat win? kamu udah nyoba teknologi yang aku temuin? iya jadi kamu gak perlu beli amplop, perangko dsb, kamu cuma menggunakan teknologi internet aja win.. gampang lho.. oh iya aku udah baca mengenai teori dan hukum yang kalian temui, kalian berdua hebat yaa..

Erwin: wah keren donk, oke nanti aku coba deh, kamu tau juga ya kim, iya aku juga takjub sama kamu dan ishak..

Ishak: ternyata cita-cita kita bertiga tercapai yaa.. menjadi ilmuwan, membuat penemuan baru yang penting buat dunia.. semoga penemuan kita bisa bermanfaat ya teman-teman

Sekian

Ya ya ya.. itu adalah cerita fiktif yang kisahnya dicomot dari kisah para tokoh-tokoh dan ilmuwan yang paling berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan.. Hayoo siapa yang bisa nebak diambil dari cerita siapa saja??

Ishak Nasution adalah (klik)

Sir Isaac Newton (4 Januari 1643 โ€“ 31 Maret 1727)

Pendidikan: Trinity College, Cambridge

Terkenal dengan: Hukum Gerak, Gravitasi, Hukum Newton

Rules Erwin adalah (klik)

Charles Darwin (12 Februari 1809 โ€“ 19 April 1882)

Pendidikan: University of Edinburgh, University of Cambridge

Terkenal dengan: Teori Seleksi Alam, Teori Evolusi

Kim Bener Le adalah (klik)

Tim Berners-Lee (18 Juni 1955 – sekarang)

Pendidikan: Queen’s College Oxford

Penemu: World Wide Web (WWW)

Situs: www.timbernerslee.co.uk

Kenapa sih saya mengambil ketiga tokoh tersebut? Ya mereka merupakan orang yang mempunyai pengaruh yang besar banget buat dunia ilmu pengetahuan, salah satunya Tim Berners-Lee yang merupakan penemu WWW, kalo bukan karena dia, sekarang kita gak bisa yang namanya menjelajahi dunia lewat internet. Selain itu mereka juga merupakan lulusan dari universitas yang ada di Inggris.

Sebenarnya masih banyak ilmuwan atau tokoh-tokoh terkemuka yang merupakan lulusan Inggris, hmm.. tapi terlalu panjang kalo disebutin satu-satu ya di sini.. Itulah salah satu yang memotivasi saya dan juga tentunya banyak orang yang pengen banget belajar di Inggris. Yaitu menjadi bagian dari sejarah dunia. Bangga donk kalo misalnya kita jadi satu almamater sama Ishak Nasution Sir Isaac Newton atau Tim Berners-Lee.

Oh iya selain itu juga, banyak banget universitas di Inggris yang masuk universitas top di dunia, List-nya bisa di lihat di sini nih.. Kalo mau tau peringkat universitas-universitas di Inggris, bisa dilihat juga di sini.. Semakin tinggi semakin sulit yaa buat kita bisa masuk ke sana, jadi keren banget deh kalo bisa sampai kuliah di sana. Masuk kategori orang-orang Jenius deh hihi

Di Inggris banyak banget gedung-gedung jadul, tapi gedung-gedung itu merupakan suatu daya tarik sendiri buat saya, berasa ke jaman baheula. Apalagi nih kalo misalnya musim dingin, dimana-mana salju.. aaaah.. mimpi banget kali yaa hihi..

Oke hal-hal tersebutlah yang bikin saya pengen banget bisa sekolah di Inggris, dari segi kualitas pendidikan, daya saing, mutu lulusan, lalu eksistensi, dan juga selain itu budayanya, terus musiknya, suasana di negeri kerajaan yang dihiasi dengan bangunan tua khas eropa dan juga tentunya ada saljuu..

Nah bagi yang tertarik dengan pendidikan di Inggris, mencari informasi universitas atau beasiswa dan lain-lain, kamu bisa dateng ke pameran pendidikan di Inggris yaitu pada:

Hari/Tgl : Sabtu-Minggu, 7-8 Nopember 2009
Waktu : Pukul 13.00 WIB – 18:00 WIB
Tempat : Ballroom 1 – Ritz Carlton Hotel, Pacific Place – Jakarta
Biaya : Free of charge alias GRATIS!

Ayoo.. siapa aja nih yang mau gabung?? Sampe ketemu di sana yaa..

sumber

    54 thoughts on “3 Sekawan di Negeri Kerajaan

    1. Mantab du. cerita yang mendidik… ini membuktikan kalau semua penemu itu dulunya orang indonesia.. (LOL) , dan suatu saat BL pasti akan jadi cikal bakal seorang penemu juga…

      BTW, acaranya ada makan2 haratisan tidak???

    2. yah.. udah komentar ketiga.. :nangis: , wah keren banget pare, walaupun panjang dan tidak sempet kebaca semua, pastinyaada unsur educationnya ๐Ÿ™‚ kira-kira di indonesia kapan yah di indonesia bakal ada penemu – penemu terkenal seperti itu? apa jangan2 ada tapi malu gituh? :kabur: (seperti biasa dimana ada gratisan di situ ada pare) **kaboor… :p

    3. newton jadi nasution huahahaha dodolll..

      cieee lomba nih? mantap hehe.. goodluck!

      semangat bener pengen kuliah terus yak? pengen yaa kuliah diluar huah pasti seru.. punya banyak temen bule.. hoho

    4. cieeeeeee lulusan terbaik mau sekolah di inggris ni ceritanya?? semangat ya du.. gw juga pengen S2 gw nanti sekolah di luar negri, dapet beasiswa, tapi kayaknya klo sekolah di Inggris otak gw ga sampe deh. hahahaa..

    5. Haaa kirain mau bikin cerpen lo du,taunyeeee…haha lg lomba ya?mendidik2…kalo menang bagi2 ye…manatau ntar lo jd penemu juga du! Menemukan obat peninggi badan :p

    6. membuat gue ngiri… :nangis:
      gue pingin kuliah di Luar Kota aja nggak boleh ama keluarga…apalagi ke luar negeri…

      sirik deh…
      ajak gue ya…hoho(backsound tali kasih)
      :charming: :charming: :cpd:

    7. Kalo saya malah udah memutuskan kuliah di tanah air dan udah mulai… so, saya fokus ke kuliah saya yang ini..

      salut buat semangat nya!!! postingannya keren.. Good luck du!!! :love:
      .-= suci´s last blog ..Fear =-.

    8. ๐Ÿ˜ saya Azhar Ilyas, dr nanggroe eh negeri Aceh di ujung Sumatera… selamat ya… aku klik nama salah satu pemenang di British Council dan ‘nyasar’ ke sini… Unik, menarik… jadi pengen punya blog yang bagus… Congratulations, man… :yess:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge