Aksiku Untuk Bumi

Tanpa kita sadari bahwa semakin hari semakin banyak banget bencana alam dan juga fenomena-fenomena alam yang cenderung semakin gak terkendali belakangan ini. Mulai dari banjir, puting beliung, badai, hingga curah hujan yang gak menentu dari tahun ke tahun.

Sadar gak yah sebenernya semua tanda alam ini menunjukkan bahwa planet bumi tempat kita hidup ini sedang mengalami kerusakan yang menuju pada kehancuran.

Dalam beberapa dekade ini, luas es di kutub utara dan selatan semakin hari semakin berkurang, seperti gambar di samping yang diambil dari NASA, bisa dibandingkan antara tahun 1981 dengan tahun 2006, dan kita bisa bayangkan apa yang terjadi nanti pada tahun-tahun mendatang, bisa-bisa semua es di kutub akan lenyap.

Dampak dari mencairnya es di kutub adalah meningkatnya level permukaan laut. Apabila semakin banyak yang mencair, maka seluruh pantai, pelabuhan dan dataran rendah di seluruh dunia akan tenggelam. Bisa terbayang kondisi Kota Jakarta yang banyak sekali dataran yang lebih rendah dari permukaan laut, bisa-bisa nanti tidak ada kota Jakarta di masa yang akan datang dan akan muncul pulau-pulau baru, seperti Pulau Malang, Pulau Bogor, Pulau Palembang dan sebagainya.

Mencairnya es di kutub utara dan selatan itu merupakan dampak dari Global warming. Di Greenland es yang telah mencair itu mencapai 19 juta ton. Banyak peneliti yang memprediksi bahwa semua es di kutub utara akan lenyap pada akhir musim panas 2012!

What?? 2012?? berarti 4 tahun lagi donk?? trus gimana..

Tenang, sebenernya kita bisa mengurangi dampak dari Global Warming itu kok..

Btw dari tadi Global Warming itu apa sih?

Singkatnya, Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Banyak banget kok media yang mengulas tentang Global Warming. Apalagi sekarang tema dari BC Blog Competition tahap III itu adalah Climate Security. So kita bisa menambah wawasan kita dari postingan teman-teman kita yang ikutan kompetisi ini.

Secara gak langsung, British Council telah meningkatkan kesadaran masyarakat atas dampak dari perubahan iklim ini melalui media Blog. Disamping itu juga British Council membuat Forum Iklim Pemimpin Muda Asia (AYLCF) yang melibatkan para pemuda dan sekolah-sekolah yang dapat memotori perubahan di masa yang akan datang.

Selain itu sebenernya banyak banget hal-hal simpel dalam kehidupan sehari-hari kita untuk dapat menyelamatkan bumi kita. Seperti yang Ridu dapat ketika menghadiri acara Green Fest 2008 lalu.


Sudah hemat kah kita??


selain itu juga bisa memperpanjang umur baterai


dan pasti lebih murah..


lebih mudah, cepat dan hemat


Wew.. untung masih pake gayung.. hoho


gak kebayang kalo Stadion Utama Senayan isinya sampah doank


lebih terasa alami juga kan??


biasanya mama yang ngomong begini, tapi emang bener kan??


Kreativitas untuk menyelamatkan bumi..

Pameran busana oleh salah satu perancang dengan berbagai macam bahan alami dan daur ulang:

  1. Baju dari buah-buahan dan sayur-sayuran
  2. Baju dari anyaman pandan
  3. Baju dari kulit jagung dan kulit salak
  4. Baju dari ban bekas
  5. Baju dari komponen komputer bekas

Selain yang di atas, ada lagi neh yang bisa kita lakuin, simpel-simpel kok..

  1. Gunakanlah tas dari kain yang bias dicuci untuk berbelanja daripada menggunakan tas kertas dan tas plastik.
  2. Cucilah baju dengan menggunakan air dingin daripada menggunakan air panas.
  3. Matikan peralatan elektronik jika tidak digunakan(termasuk cabut stekernya).
  4. Gunakanlah tenaga surya untuk pemanas air.
  5. Gunakan gelas atau mug dari keramik ataupun beling (kaca) untuk kopi daripada gelas sekali pakai.
  6. Gunakananlah jebakan untuk tikus dan serangga daripada menggunakan racun atau insektisida.
  7. Minimalkan penggunaan pestisida.

Yup, mudah kan buat menyelamatkan bumi kita, ya udah bagi yang blom ikutan BC Blogging Competition tahap III, bisa langsung ikutan, soalnya hari ini adalah hari terakhir.. so cepetan yah buat daftar dan bikin entries..

    108 thoughts on “Aksiku Untuk Bumi

    1. Whoa.. keren.. terus tar rumah kita kaya di vienna dongs 🙂 terapung.. mobil di ganti perahu pare.. buaya bertebaran di luar rumah.. lochness bangkit dari kubur nya yang terpendam di dalam es selama berabad lama nya.. serem.. Say no to Wasted the Earth!!!!!! :yess:

    2. Oh bumiku yang sabarya, maafkan kami….
      Ku harap sebelum marahmu memuncak :konslet: kami sudah terlebih dahulu insaf & lebih sayang pada mu… :gemes:

    3. yah gimana dong ..
      di tempat gw ga ada gayung
      adanya bath tub dong..

      jadi kalo sehari gw mandi 2 kali
      berarti gw ngabisin 200 liter aer
      means dlm sebulan 6000 liter aer
      wah wah asyik yah

      *hiahiahia, dodol*

      :debus:

      Ajis last blog post..Miss Universe 2008

    4. Yang elo contohin itu du, adalah hal terkecil dari cara mengatasi global warming, cuma, ada satu hal yang kita lupa, bahwa, penggalian dan perampokan hasil kekayaan bumi indonesia seperti kayu, batu bara adalah suatu hal terbesar yang membuat bumi kit aini makin panas, makanya kutub di utara pada mencair,..

      :kesel:

      boy hidayats last blog post..Sandra dewi be my,..

    5. tapi yg paling penting itu mengurangi penebangan pohon dan menanam kembali hutan2 yg gundul, trus buang sampah harus di tempat sampah :tipi:

    6. bener banged. sy sekarang klo mandi jg mulai hemat air… trs jg ga pnh lg pk vou fisik.
      btw, klo pake teh bubuk, males aja nyaringnya…

    7. Seingat saya berita terakhir es di kutub utara itu untuk pertama kalinya dalam sejarah akan hilang dimusim panas tahun ini, jadi lebih cepat 4 tahun dari prediksi para ahli 🙁

      Riyogartas last blog post..Jenglot

    8. aduh pak ridu…gw kok selalu ngerasa serem baca tulisan2 begini tapi gak pernah ada langkah nyata dari seorang paams huhuhhuhuhu :ngebor:

    9. mulai dari yang kecil, mulai dari kita, mulai dari sekarang.

      btw, baju dari
      “1. Baju dari buah-buahan dan sayur-sayuran”
      *busuk nggak??

      “2. Baju dari anyaman pandan”
      *bisa dimaklumi

      “3. Baju dari kulit jagung dan kulit salak”
      *kulit salak??? belum terbayang..

      “4. Baju dari ban bekas”
      *arrggghh… panas nggak ya?

      “5. Baju dari komponen komputer bekas”
      *aman nggak nih kira2..
      mungkin baju dari chasing kali ya,,
      :gila: :tipi:

      dHarto..!!s last blog post..Climate Security – Dampak Perubahan Iklim

    10. cckckckckckckck gini nih baru yg namanya blog isinya bermanpaat.ya ga om?
      keren du bikin gw sadar…huhuuu ga kebayang klo kutub ntu mencair..
      beruntung manusia jarang mandi kek gw.terbiasa ga mandi jd ga bermasalah klo ga mandi hahahahahai.. :joget:

    11. cckckckckckckck gini nih baru yg namanya blog isinya bermanpaat.ya ga om?
      keren du bikin gw sadar…huhuuu ga kebayang klo kutub ntu mencair..
      beruntung manusia jarang mandi kek gw.terbiasa ga mandi jd ga bermasalah klo ga mandi hahahahahai.. :joget:

      diana_bochiels last blog post..selesai KKP di indomilk

    12. last post blog saya kok ndak muncul???

      oya, saya usul, eh, bukan ding, saya nambah, anu, bikin plastik permanen. jadi kalo ke mol ndak usah minta keresek lagi. cukup pakek tas permanen kita…

    13. hehehe…nice post ridu !! :sinchan:
      tapi apa maksudmu ngasih gambar Ee’ di FS-ku :debus: dasar gokil !! :kesel: heheheheh…

      [baru liat FS]

      ehh…mo nanya nih…
      kalo pake jebakan tikus trus ternyata kita sendiri yg kejebak gimana? :bye:
      truss…jebakan serangga tuh kayak apa yah? :charming:

      Panda™s last blog post..Lagi Males

    14. akhirnya posting jugaaa…
      soalnya postingannya ridu nih ber-bobot semuaa…kerrreeenn!!:gemes:
      ayo sensei, angkatlah aku sebagai muridmuu. aku mohon pak guruuu…!! :nangis: :charming: :ngebor: :muter: :mampus:

    15. Wehhh,kirain postingan apa..
      Btw keknya baju2 gitu gak praktis deh..
      Menurut gw, hentikan pemakaian energi fosil yang ngeluarin gas CO2, ganti ama nuklir *bagusnya reaktor fusi*. Jamin deh oke semua.. :joget:

    16. keren nih postingannya. *gara-gara lagi ikut lomba..hehehehe.

      btw, untuk manesin air pake tenaga surya. jadi tinggal di jemur aja tu air, tunggu hingga panas, sajikan. :yess:

      udah bisa komeng kok. hehehe. hayu dateng lagi. hihihi

    Leave a Reply to Markus Cancel reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge