Pekan Produk Budaya Indonesia 2008

Yah ampyyuuunnnn ………….. yg bener aja?????? Satu-satunya produk dalam negeri yg bisa g beli dan pake adalah BATIK! Haduh … negeri kita nga produktif banget … pantesan negara luar bisa makmur ..

Negeri kita gak produktif?? Iya gak produktif, buktinya postingan teman kita yang satu ini. Oke, mari kita lihat, apakah benar bahwa negeri kita ini gak produktif? Mari kita saksikan setelah pesan-pesan berikut ini.

Jawaban dari pertanyaan tersebut itu cuma 1, yaitu dateng ke Pekan Produk Budaya Indonesia 2008. PPBI 2008 yang diselenggarakan pada tanggal 4-8 Juni 2008 ini merupakan pameran produk budaya Indonesia terbesar yang diadakan pada tahun ini.

Akh.. Pameran Budaya yah?? berat akh.. males gw..

No.. itu SALAH BESAR! Nama acaranya emang Pekan Produk Budaya Indonesia, tapi jangan salah bu.. acaranya keren-keren abis, Lagian budaya Indonesia itu keren-keren lho, jangan pernah menganggap budaya Indonesia itu kuno bin jadul.

Trus, disono ada apa aja du..??

Nice question! Jadi gini, di sana kita bisa melihat kemajuan terkini ekonomi kreatif Indonesia yang berbasis warisan budaya bangsa kita, yang mana sangat dikagumi dan diapresiasikan oleh masyarakat dunia sebagai prestasi yang sangat membanggakan.

Yang dipamerin itu macem-macem, dari mulai Barang-barang kerajinan, fesyen, lukisan, film, furnitur dan masih banyak lagi, list lengkapnya ada di sini. Oh iya, selain pameran banyak juga kegiatannya lho, seperti seminar, pelatihan, aneka demo, pertunjukkan film dan banyak lagi. Pokoknya acaranya seru banget.


Beragam Produk Budaya Indonesia

Kebetulan, ridu ke sana tanggal 4 Juni kemarin, ya karena ridu tau tahun lalu acara ini sukses banget, so ridu yakin acara ini pasti lebih heboh lagi dari tahun kemarin, dan ternyata benar, produk yang dipamerkan lebih beragam, penampilan pameran tahun ini juga lebih elegan, impresif, lebih komunikatif dan juga edukatif terus juga area pameran juga luas banget, gila.. semua hall di JCC itu diisi sama acara ini.

Mengingat tahun ini ditetapkan sebagai Visit Indonesia Year dan juga memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, jadinya acara ini sangat meriah. Gak heran kalo ke sana itu banyak turis mancanegara yang berkunjung dan ngeborong produk-produk kita.

Selain itu, berkaitan dengan Blogging Competition yang diadakan oleh British Council Indonesia, maka postingan kali ini menyangkut pada topik Blogging Competition tahap kedua, yaitu Knowledge Economy (KE).

Du, Knowledge Economy apaan siy..??

Oke, karena gw itu orangnya biasa aja dan gak ganteng, jadinya gw kasih tau (*gak nyambung*). Secara singkat menurut Wikipedia, dalam Knowledge Economy, pengetahuan itu adalah produk. Nah di sini berarti pengetahuan yang dimiliki oleh para pelaku ekonomi itu akan sangat mempengaruhi ekonomi (Hanny Santoso). Pengetahuan-pengetahuan tersebut seperti : ilmu pengetahuan, skill, kreativitas, inovasi, ide, dan sebagainya.

Ooh, gitu.. trus hubungannya sama PPBI 2008 apaan du?

Nah, jadi pada PPBI 2008 ini, yang dipamerin itu gak hanya produk-produk budaya aja, tapi juga produk-produk ekonomi kreatif karya anak bangsa. Dengan sentuhan kreativitas, inovasi, skill dan ilmu pengetahuan mereka mampu memberikan nilai tambah warisan budaya Indonesia menjadi produk unggulan.

Berapa banyak batik yang Indonesia punya?


and more..

Yup, selama ini kita cuma tau kalo batik itu dari Jogja, Solo, Pekalongan dan Cirebon, nah coba lihat di atas, hampir semua wilayah Indonesia mempunyai batik yang khas. Gak nyangka kan?? Nah bagi yg penasaran sama macam-macam corak dan perbedaan dari setiap daerah bisa dilihat sendiri di PPBI 2008.

Sentuhan Kreativitas, Inovasi dan Skill

Seperti yang dibilang sebelumnya, bahwa produk-produk ekonomi kreatif banyak dipamerkan di sini. Antara lain batik yang lagi ngetren-ngetrennya buat fashion juga tersedia di sini. Salah satu stand mengkreasikan batik menjadi produk fesyen yang keren dan modis.


produk yang lain seperti jaket, jas dan lain-lain

Selain itu, di sana juga ada tempat khusus yang menampilkan kategori-kategori produk, dan suasananya pun sangat edukatif dan menarik. Tempat ini ada di pintu masuk utama, jadi setelah registrasi itu langsung kita dihadapkan tempat, awalnya sih seperti museum, tapi ketika ke dalam, itu keren-keren lho..


Kreasi anak bangsa

Setelah muter-muter, akhirnya sampe ke tempat yang lebih lucu lagi.. yaitu Game.. Coba tebak deh, gambar di bawah ini, biasanya kita temukan dimana?


100% Buatan Indonesia lho.. Hebat kan??

Yup, bener banget.. kita biasa menjumpai mesin permainan di atas itu di tempat bermain di mall, dan TERNYATA mesin di atas adalah 100% buatan Indonesia yang sudah dipasarkan di Amerika dan Eropa. Cool…

PPBI 2008 juga memamerkan hasil karya anak bangsa berupa desain, baik desain grafis, desain produk, desain arsitektur dan sebagainya. Nah ridu nemu miniatur struktur bangunan di sana.

Gambar 1 dan gambar 2 adalah desain bangunan yang berbeda, gambar 1 itu miniatur gedung yang dipamerkan di PPBI 2008 dan gambar 2 itu adalah struktur dari Hotel Regatta Jakarta. Dan tau gak kalo ternyata struktur Hotel itu termasuk ke dalam Top 9 Unique Structure to be built soon in the world. Gila.. hebat kan??

Btw di pameran yang bergengsi ini ternyata ada juga buku si Kambing.. Waduh, kok bisa yah, apakah buku ini termasuk Produk Budaya Indonesia? atau mungkin karena kreativitas penulisan bukunya? well, silahkan jawab sendiri..

Ayoo.. bagi yang ada waktu, silahkan kunjungi PPBI 2008 ini, gak nyesel lho kalo dateng ke sana, ada pemutaran film juga, film Indonesia, seperti Ayat-Ayat Cinta, Naga Bonar, Merah Itu Cinta, dan lain-lain, kan lumayan bisa nonton gratis, hehehe.. selain itu juga ada pertunjukan tarian daerah juga. So It’s A Must Visit for All of You Guys.. Sampe tanggal 8 Juni lho alias sampai hari minggu, ayoo.. kita rame2 ke sana nonton film gratis. Informasi lengkap ada di indonesiaheritageproduct.com

Oke, gimana? udah puas? udah kejawab pertanyaan di awal postingan tadi? Indonesia mempunyai aset yang berharga berupa budaya yang sangat kaya, nah sekarang dengan Knowledge Economy, kita bisa mengembangkan budaya kita itu sehingga menghasilkan produk unggulan dan menjadi masterpiece kelas dunia.

    141 thoughts on “Pekan Produk Budaya Indonesia 2008

    1. Andaikan g bisa hadir ke PPBI ini, g bakal posting sebanyak2nya ttg produk hasil MADE IN INDONESIA. Biar seluruh dunia tau dan mau VISIT INDONESIA. Thanks ya bro for the info.. mudah2an generasi X,Y,Z bisa lebih terpacu untuk berkreativitas. Semoga didukung juga oleh pemerintah. Semoga Ekonomi kita bisa membaik… semoga .. semoga .. semoga ..

      Pinkon @ Bagsholic.com’s last blog post..My Bestfriend’s Wedding

    2. :debus: gara2 Inet tiba2 disconnect jadinya gak pertamax deh.. :mampus:

      Btw.. mohon maaf yah bagi para fakir benwit :charming: :charming:

    3. 1. ternyata buku sesat itu udah menyebar kemana2 yah sampe2 nongol juga di tempat pameran budaya indo gitu hahaha ..

      2. game dino duel merusak anak indo. haha. abisan bikin orang tuanya ngabisin duit dengan anaknya yang bermain itu, yaitu game SUIT ! AMPUN DEH!

      3. goodluck du ..

      4. Ga ngajak2 ,, bete deh ..

      5. Postnya bermanfaat, foto2nya simple tapi berisi, banyak useful things to know, mantep deh poko’e maknyus!!! :super2: :robot: :joget: :sombong:

    4. :ayuk: yuhuuu berhasil :ayuk2:

      wah kalo dipameran itu kayaknya negara kita kaya yah … tp kl liat realitanya … ( semoga ttp kaya raya )

      masmoemet’s last blog post..cape

    5. Harusnya bangsa kita sejahtera ya bro. Gila aja potensi alam berlimpah. Potensi dan kreativitas seni dan budaya juga seabreg-abreg. Salah di perencanaan dan manajemen kayaknya ya. Cepet2 deh elo tamat bro. Biar langsung jadi Staf Menteri Koperasi dan UKM :sinchan:

      Adie’s last blog post..By: Okta Sihotang

    6. sebenernya kebudayaan kita tuh emang kaya bgt! cuman :
      Kurang promosi ‘n rasa memiliki..
      Lah gmn mau maju, kbnyakan org2 indonesia kan lebih hepi ‘n ngerasa bermartabat klo b’gaya ala “import”!!

    7. indonesia memang kaya sekali budayanya, sayangnya kurang perhatian dan pengelolaan, tapi dengan ada pameran ini membuktikan bahwa pemerintah ternyata masih ada perhatian, semoga ke depannya makin diperhatikan supaya bisa tambah berkembang lagi..

      jimmy’s last blog post..Mau Nipu Saya? Jangan Harap!

    8. Waa.. itu beneran mo dibangun kayak gitu hotel Regatta? keren sekalii.. hmm.. dipikir”.. budaya mank indonesia kaya banget.. alamnya juga kaya banget.. tapi kita kalah cuma karena kekurangan sumber daya manusianya aja bro.. coba kalo kita punya lebih banyak sumber daya manusia yah.. :super:

      Jane’s last blog post..Akhirnyaaa… selesai juga!

    9. wah acara seperti ini bahaya kaya’nya du,..
      ntah kalo orang malaysia datang gimana?
      gila aja kan kalo mau ngumpetin barang sebanyak itu,..

      :tendang:

    10. Dan tau gak kalo ternyata struktur Hotel itu termasuk ke dalam Top 9 Unique Structure to be built soon in the world. Gila.. hebat kan??

      Saya bukannya mau ‘meremehkan’ desain arsitektur. Kita kalau yang menyangkut seni termasuk desain arsitektur nggak kalah sama arsitek2 luar negeri. Cuma ya itu…. kalau sudah soal pembangunannya nanti… apalagi kalau sudah mencakup teknologinya untuk mewujudkan bangunan tersebut…. kontraktornya pasti yang dipilih adalah kontraktor2 asing…… Mudah2an dugaan saya ini salah……

      Yari NK’s last blog post..Tanpa Perang Nuklirpun Tubuh Kita Sudah Terpapar Radiasi…

    11. du, postingan PPBI2008-mu link-nya kukirimkan ke temen2ku yg lg kuliah di luar negri sono 🙂 biar pd tau en masih pada inget dan cinta produk2 indonesiah 😀 hehe. trims postingannya. (*kali ini keren) xixixixi…

    12. negeri kita kaya akan budaya. untuk bisa maju, semestinya kita menjaga dan bangga dengan hasil kreasi anak negeri dan bukan melecehkannya.

      mari bangga dengan produk indonesia!

    13. assalamualaikum,

      Riduuuuu akuu mo ksanaaaaaa ah bskkkkkk:D makasih y atas infonya, penasaran soalnyaaaa hehehe:D

    14. hmmm ada yg kurang dari pameran itu..yg bikin kita.. *semua* tambah pen kesana.harusnya ada pameran makanannya juga…

      gw ngincer Onde-onde…
      hahahahaha…

      hidup onde2 :ayuk:

      diana’s last blog post..Im back..!!

    15. Eh….produk indonesia itu bagus sekali.

      Ada produk budaya indonesia yg belum dipasarkan 100% yaitu pariwisata. Pariwisata kita yang terkenal ya hanya itu-itu saja. Itu dr kacamata orang manca negara Jogja, Bali, Lombok, P. Rinca, D. Toba, Tanatoraja, Menado). Berapa orang lokal yang sudah sampai ditempat itu dengan sengaja? maksudnya ya tujuannya memang untuk berkunjung/berlibur di sana (bukan tugas/dinas).

      Padahal masih banyak yang bisa dijual: Konservasi Orang Utan Tanjung Puting, Desa pabrik Pinisi di Makasar: yg aku lihat hanya orang-orang bule doang (kita sering bilang bule kere, padahal banyak yg kaya raya), dll

      Juliach’s last blog post..Alkohol – Mengendarai Mobil?

    16. waw…ternyata banyak banget ya batik…

      eh kan sekarang lagi tren tu baju batik2 gitu tapi yang lebih non formil..jadi bisa dipake jalan2 ke mall…
      🙂

      tc’s last blog post..Tambah 1…

    17. ah sayang sekali saya ga bisa keluar bandung 🙁 padahal pengen dateng ke acara beginian!!! supaya lebih cinta sama indonesa dan segala budayanya yang sekarang lagi tipiiiiissssss banget kadarnya :cpd:
      *padahal pengen nonton gratis huhuhu ga nontonin sih di bioskop dulu :p

      natazya’s last blog post..HAMIL… TERUS KENAPA?

    18. wah, banyak sekali batik indonesia sampe bingung.hehehe… .
      hati2 lho, saking banyaknya ntar g tau klo dicuri lagi. semoga ajang ini jadi salah satu ajang untuk memperkenalkan budaya kita kepada bangsa kita sendiri. biar g lupa klo punya budaya yang begitu tinggi dan indah

      ma6ma’s last blog post..anies baswedan, sosok muda indonesia

    19. Keren banget deh ridu. Itu difotoin satu2. Rajin juga du.

      Kaya banget yah Indonesia itu. Sekarang masalah kebudayaan mulai dibenahi sedikit-sedikit. Kapan yah pendidikan kita dibenahi?

      Tetep optimis du.

      Kalo postingan gini sih bakalan menang lagi kayaknya. hehe :super2:

    20. WOW.. baru sehari sudah bjibun komengnya.. hehe.. si komeng tnyata bnyak pacarnya yah?
      *ditampar ridu pake monitor*

      waw..waw..waw..
      sungguh acara yg wajib didatengin khalayak rame nih..
      btw, masuknya bayar gak? nah lo, ada ptanyaan MENDASAR yg belom kejawab!

      ndop’s last blog post..Jerawat binti kukulwati

    21. kurang itu, coba cari batik cempluk..harus nya ada di plakat selain batik nama daerah :egp: :egp: :egp:

      eh..mudah2an bila gak ada aral melintang, juli aku ke jakarta sampai agustus..ada kerja praktek di xl jakarta..ntar kopdar ya :super: :super:

      cempluk’s last blog post..Intimate Concert with Glenn Fredly

    22. baru sadar, kok komenku ndak masuk ya di post babi ngesot? hah. yasu. niat banget da ah nyusun foto-fotonya. keren. emang indonesia manteb kale soal budaya. btw, BATIK DEPOK mana??

      azkaa,,’s last blog post..untukmu, dey.

    23. ridu emang penggila acara2 ya?dimana ada acara bisa dipastikan ada ridu menyaksikan!!!

      ngomongin produk Indonesia emang ada ya produ Indonesia yang bisa bersaing sama produksi negara lain?

      btw. rid icon ::gila:: dikemanain rid?kok gak ada?
      berhubung icon gilanya tidak ada ya ganti :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan: :sinchan:

      bina’s last blog post..Ulang Tahun yang ke-1

    24. I’m proud to be Indonesian. Walaupun negara kita sekarang kondisinya lagi kaya gini (tau sendiri lah, BBM naik, banyak konflik dimana2, korupsi, dll) :nangis: tapi soal produk dan budaya sebenernya kita ngga kalah sama negara2 maju. Banyagin aja Indonesia punya lebih dari 583 dialek bahasa jumlah yg hampir mendekati jumlah suku yg ada di Indonesia. :gila:
      Artinya banyak juga kebudayaan yg ada dengan segala keanekaragaman dan tentunya produk budaya yg dihasilkan.. :ayuk2:

    25. comment lagi aaah!
      Indonesia tuh sebenernya keren bgt! Kalo gak, gak mungkin lagu2nya mau dijiplak negara laen. slaen rasa sayange sama malay, 2 lagu peter pan plus “bang sms siapa sih nih” juga dicontek sama india! :super2:

    26. Du, mau konsul nih!!
      Barusan gw mau nge-post, tapi koq gak bisa yaa?? katanya gini “Not Acceptable. An appropriate representation of the requested resource /wp-admin/post.php could not be found on this server.”
      mungkin udah batas limit ya du?? sbnrnya blog gw dpt jatah brp byte @ bulan siyh du?? Pliz help yaa… :muter:

    27. finally sabtu kmaren gw dtng juga ke JCC, walaupun gw gak bli ape2. lumayan sih bs cuci2 mata + poto2(tetep). oiya miniatur gedung itu kok gw gak liat ya, emang dasar males jg buat ngiterin semua hall, maklum faktor “U” :cpd: :cpd: .

      nanda’s last blog post..Me In A Magazine. . .

    28. Sepertinya bukan produsen Indonesia tidak produktif, melainkan konsumen Indonesia yang nggak mau beli produk buatan sendiri. Banyak alasan dikemukakan, terutama masalah kualitas. Konsumen kita kebanyakkan termakan propaganda Barat yang disiarkan di berbagai media, kalau produk impor itu lebih bagus.

    29. Mateng banget postingannya Du…
      Sebagaiorang tua salut nih sama anak muda kaya’ Ridu…
      Tentang Batik…. harusnya kita bangga…
      Batik itu khas Indonesia banget…
      Pak Hidayat Nur Wahid aja lebih memilih batik dari pada jas….

      ‘Nin’s last blog post..TV oh… Jeratanmu TV

    30. Alah.. saya tidak akan membohongi diri saya sendiri dengan datang ke acara itu dengan alasan “memajukan budaya Indonesia”..

      Selalu ada cara berbakti untuk negeri, bukan?

    31. hmm,, batik emang lagi happening banget sekarang.. moga aja bisa tetep dipertahankan mpe jaman cucu cicit ntar.. huehe..

      eh,, tapi keren tuh event kayak begituan.. musti sering2 diadain kali ya..?

      KIP!’s last blog post..Ujian Terindah…!!

    32. WOW !!
      mesin game yg biasanya ada di mall-mall itu ternyata buatan Indonesia ya?? :gila:
      gak nyangka…hehehe….
      wah keren-keren !! :yess:

      trus batiknya juga keren-keren !

      wah…pengen liat acaranya…sayangnya aku di belahan pulau lain di Indonesia :nangis:

      Panda™’s last blog post..Maybe The Last Time I Write Here

    33. Indonesia kaya dengan budaya… memang seharusnya dijaga dan dipamerin supaya bangsa sendiri mengenalnya dan bangga menggunakannya.
      Didaerah saya menggunakan batik kalau diundang mantenan atau kendurian saja…. nasib-nasib batik Indonesia

      Arif’s last blog post..Nggak Tahan Nge-BLOG

    34. Produk Budaya Indonesia sangat beragam dan produktif; yang jadi permasalahan di Luar Negeri adalah kurang promosi terutama di dunia maya.Seperti di Bangkok banyak produk kita yang laris di pasaran cuma kuantitasnya masih terbatas.Kita harus mengajak produsen tradisional untuk belajar ngeblog, agar produknya bisa di kenali orang luar dan diminati.

      aminhers’s last blog post..Surat dari Teman di Tahun 2070

    35. FYI, batik itu bila ditelusuri, sudah ada sejak jaman kerajaan Pajang-Demak. Kemudian mulai berkembang semenjak jaman kerajaan mataram islam.

      Batik dianggap sakral dan hanya kalangan tertentu yang boleh mengenakan (kalangan kraton). kemudian setelah perjanjian giyanti, batik mataram terpecah menjadi 2 versi, batik Solo dan batik Jogja.

      batik mataram yg kuno kemudian diboyong ke Jogja, dan solo membuat motif batiknya sendiri.

      kalangan rakyat pun, mulai membuat batik sendiri sebagai tanda pendobrakan terhadap batik kraton. ini diawalai dengan munculnya kampung batik laweyan di surakarta.

      nah, batik pekalongan, tegal, madura, bahkan sumatra, semuanya berakar dari batik mataram (Solo/Jogja). Batik pekalongan lahir setelah keluarga kraton surakarta pernah lari ke Pekalongan untuk menyusun strategi perang. batik madura pun muncul karena ada seorang putri madura yang diperistri oleh raja surakarta.

      batik-batik di jawa, lahri dari penyebaran kekuasaan kraton mataram, bahkan di sumatra pun, akarnya berasal dari Jawa.

      motif batik pun, juga terpengauh oleh keadaan saat itu. saat pendudukan belanda/portugsi, ada batik yg motifnya adalah cerita putri salju. jaman pendudukan jepang, motif-motif bunga sakura dapat ditemukan di sana.

      lalu, batik malaysia? ah batik malaysia cuma bisa menggambar bunga saja sudah berani mematenkan. inilah jeleknya bangsa kita. ndak bisa “merawat” kebudayaan sendiri.

      orang lebih suka pake baju bermerk luar, daripada pake batik. kalopun pake batik, justru jadi bahan ledekan.

      bukan begitu?

      weh.. ni komen apa posting, yak? 😀

      zam’s last blog post..Kue Gambir, Dodol Khas Bali

    36. ya balik lagi ke masalah awal rid’, yg kreatif itu banyaknya dipelosok2 kota ato kampung :super: cuma pemerintah daerah dan pusat kurang serius aja promosi, mandu dan pendanaan nya, demennya kan pejabat kita stu-ban (studi banding) aka jalan2 ke lN .. hehe

      atrix’s last blog post..week ..

    37. Pingback: 489bd24e4b
    38. To start earning money with your blog, initially use Google Adsense but gradually as your traffic increases, keep adding more and more money making programs to your site.

    39. Hi there, I found your blog via Google while searching for first aid for a heart attack and your post looks very interesting for me.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge