Intercultural Dialogue – Part II

Selamat malam pemirsa, kembali lagi bersama saya Najwa Shihab dalam acara Today’s Dialogue Intercultural Dialogue.

Yup kembali lagi nih, kali ini masih ngebahas tentang Intercultural Dialogue. Karena sebelumnya merupakan “appetizer” maka postingan kali ini merupakan “main course”. Jadi bagi yang baru bergabung, biar gak kaget, bisa mencicipi appetizernya dulu, baru deh ke main coursenya. hehheheh..


Gambar diambil dari sini

Pada postingan Intercultural Dialogue Part I yang lalu, ternyata banyak komentar yang menarik antara lain seperti di bawah ini :

Pak Sawali Tuhusetya :

wah, asyik bener kalau bisa terus melakukan dialog budaya antarnegara. yang pasti kalau menurutku, dialog semacam itu bisa jadi media utk membangun sebuah tatanan dunia yang lebih damai dan berbudaya karena ada keterikatan emosional anternegara sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Masowen :

Kenapa bangsa lain yang b inggrisnya gak lebih baik dengan kita lebih maju ya? Katanya sumber referensi ilmu banyakan dari negeri bule

Dan komentar-komentar yang lain bisa dilihat pada postingannya.

Wah, setuju banget tuh sama Pak Sawali, dialog budaya antarnegara itu bisa menciptakan keterikatan emosional antarnegara, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Seringkali hanya gara-gara kesalahpahaman bisa mengakibatkan perpecahan, ya seperti yang pernah terjadi antara bangsa kita dengan Malaysia.

Lalu menanggapi komentar masowen, sebenarnya dulu ridu juga berpikiran bahwa “English Country” itu lebih maju dibandingkan “Non-English Country”, tapi setelah melihat Filipina, dimana bhs. Inggris merupakan bahasa resminya disamping bhs. Tagalog sehingga masyarakatnya mahir dalam berbahasa Inggris (Pengemis dan gelandangan di Filipina itu pada jago bhs. Inggris lho..) dibandingkan dengan Korea Selatan yang banyak warga negaranya sengaja belajar bhs. Inggris di Filipina, kira-kira majuan mana? Korea Selatan atau Filipina?

Oke, balik lagi ke topik. Ternyata British Council bukan tanpa alasan menjadikan Intercultural Dialogue itu sebagai topik dalam kompetisi blogging tahap pertama ini, ternyata yang mendasari (menurut ridu) salah satunya adalah Uni Eropa menjadikan tahun 2008 sbg “European Year of Intercultural Dialogue” dgn slogan “Together in Diversity”. Wah hampir sama banget yah sama semboyan negara kita “Unity in Diversity” yang berarti “Bhineka Tunggal Ika”

Eniwey, ngomongin soal Intercultural Dialogue, sewaktu ridu di UM tepatnya di ILS, itu sempat digelar acara dialog antarbudaya kecil-kecilan. Jadi pas kuliah, sang Dosen membuka diskusi. Topiknya lumayan bagus yaitu tentang Budaya Indonesia. Pertama sih tentang budaya Indonesia, namun kok lama-lama malahan lari ke Agama. Oke jadi tepatnya seperti di bawah ini (agar lebih mudah, langsung ditranslate ke bhs. Indonesia)
Keterangan : D = Dosen, R = Ridu, K = Mahasiswa Korea

D : Ridu, bisa diceritakan ttg negara asal kamu?
R : Ok, ridu dari Indonesia, tau Indonesia kan? (nengok ke Mhs. Korea)
K : Indonesia? (rada bingung)
R : iya, yang ibukotanya itu Jakarta?
K : Jakarta? hmm.. (makin bingung)
R : Oke, tau bali kan?? (semoga dia tau.. *berdoa*)
K : Bali, oh iya tau..
R : =_=’
K : Bali adalah tempat yg indah sekali
R : yeah, di Korea ada gak tempat kaya Bali?
K : oh, ada! namanya Pulau Jeju, tempatnya Indah banget.

Fakta 1 : Ternyata Bali lebih terkenal daripada Jakarta atau bahkan Indonesia Sendiri =_=’

Lalu dosen memberikan pertanyaan baru.

D : Kondisi budaya Indonesia itu kaya gimana sih?
R : Indonesia itu dibagi dalam 33 provinsi, dimana tiap provinsi itu mempunyai budaya dan bahasa yang berbeda-beda, Jadi Indonesia itu sangat kaya akan budaya.

D : Wew, nice.. Ada teman saya yg pernah ke Indonesia, dia komplain kalo dia itu kesusahan dalam komunikasi, banyak tempat-tempat umum yang ternyata orang-orang di sana itu tidak bisa berbahasa Inggris. jadinya dia itu repot banget kalo ke supermarket, hotel dan tempat lain.

R : Bhs. Inggris di Indonesia bukan merupakan bahasa utama atau bahasa kedua, karena Indonesia terdiri dari beragam budaya dan bahasa. Terutama kalau di daerah, kami biasanya menggunakan bahasa daerah kami masing-masing, nah baru ketika kami berbincang dengan orang yang bukan dari daerah kami, kami akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Inggrispun sangat jarang sekali dalam kehidupan sehari-hari kami, mungkin hanya pada saat-saat tertentu, seperti kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Inggris. Tidak seperti Filipina yang menjadikan bhs. Inggris sebagai bahasa utamanya.

D : ooh gitu yah..

Fakta 2 : Provinsi di Indonesia ada 33 (yee.. semua orang udah pada tau,, dodol!!) =_=’ simpulin sendiri deh faktanya apa :p

Trus dosen nanya lagi,,

D : Ridu, Indonesia itu kan mayoritasnya muslim, kamu muslim juga?
R : Yup, saya muslim.
D : Denger-denger muslim itu boleh menikah lagi yah?
R : Maksudnya poligami??? (terperanjat kaget sama pertanyaannya)
D : iya, punya istri lebih dari satu.

R : ok, sebenarnya tidak semua muslim bisa berpoligami, ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi oleh muslim itu agar dapat menikah lagi. Selain harus bisa bersikap adil, juga harus sanggup menafkahi seluruh anggota keluarganya. Dan yang terpenting adalah ada izin dari istri pertama. Jadi gak sembarangan orang bisa berpoligami.

D : Tuh, kalo mau punya istri banyak, kamu jadi muslim aja (sambil nengok ke Mhs Korea yg atheis)
R : =_=’

Fakta 3 : Hufh.. ternyata muslim dikenal dengan Poligaminya =_=’


Dosen dan mahasiswa

biar gak ditanya yg aneh-aneh, ridu akhirnya yg memulai pertanyaan ke Mhs. Korea

R : Bagaimana dengan kamu, apakah kamu percaya kalo Tuhan itu ada?

K : Kadang-kadang, ketika lagi kesusahan, kaya lagi gak punya duit, trus diputusin cewe, saya akan bilang : “Tuhan, aku gak punya duit..” atau “Tuhan aku lagi kesepian”

R : ooh gitu, trus kok bisa gak punya agama?
K : gak tau juga, saya udah kaya gini dari kecil kok, dari orang tua.
R : ooh gitu (gak diterusin, soalnya sensitif)
K : tapi banyak juga sih temen yang masuk Katholik

Fakta 4 : Orang atheis ternyata percaya kalo Tuhan itu ada, nice.. :)

R : Btw, gimana pendidikan di Filipina (nanya ke dosen yg emg orang Filipin)

D : Di sini, sekolah hanya ada dua tingkatan, yaitu Elementary School, lalu High School. Elementary School itu dari kelas 1 sampai kelas 6, sedangkah High School, itu dari kelas 7 sampai kelas 10. Jadi sekolah hanya 10 tahun. Setelah itu baru melanjutkan ke Universitas.

R : wah, beda sama di Indonesia donk, Indonesia itu sekolah itu 3 tahapan, yaitu Elementary School (6th), Junior High School (3th) dan Senior High School (3th), jadi menghabiskan waktu 12 tahun untuk menyelesaikan pendidikan di sekolah. Baru bisa melanjutkan ke Universitas.

D : ooh gitu yah, hmm.. kalo gitu di Filipin itu sarjananya itu lebih muda dari Indonesia

R : wah iyayah.. enak donk bisa cepet lulus :D

Fakta 5 : Mahasiswa di Filipina itu kuliah menggunakan seragam layaknya anak-anak sekolah, hanya Universitas yang paling elitlah yang gak pake seragam (ini emang gak nyambung, tapi ini beneran lho..)

Yup, itu cuplikan dialog antarbudaya, kalo dilihat sih ada 3 pihak yg terlibat, yaitu Indonesia (Ridu), Filipina (Dosen) dan Korea (Mahasiswa Korea). Dialog yg dilakukan tersebut sifatnya santai, jadi walaupun pertanyaannya serius-serius, ya tapi ada selingan dikit-dikit becandanya.

Seneng deh bisa dialog antarbudaya kaya gini, bisa nambah pengetahuan dan bisa juga meningkatkan rasa “Cinta Tanah Air” kita, menyadari bahwa negara kita itu sangat kaya akan budaya. Nah selain itu, seneng juga dapet pertanyaan yang kayanya memojokan gitu, contohnya poligami, tapi dengan terlontarnya pertanyaan itu, kesempatan yang bagus banget buat ridu untuk meluruskan persepsi yang miring.

Dan pastinya, kebukti banget kan pernyataan Pak Sawali sebelumnya. Coba kita sering melakukan dialog antarbudaya dengan negara lain, khususnya negara yang serumpun dengan kita. Pastinya bisa terhindar dari konflik kepemilikan budaya.

Oke See U next with our “Dessert”


Taksi di Manila semua bertuliskan semboyan “Bayan Ko Sagot Ko”
yang artinya : “I will be responsible for my country”

    64 Responses to “Intercultural Dialogue – Part II”

    1. ridu says:

      Pertamax mahal!!

      Hmm.. sebenernya mo posting tadi malem, eh karena ada pengangkatan Asisten baru, ya jadinya baru pagi-pagi buta ini deh postingnya.. :males:

      Selamet yah buat yang udah diangkat jadi Asisten.. :charming:

      oh ya satu lagi.. met ultah buat Cumi-cumi Sweet 17 niy.. :yess: :musik: :tipi:

      :bobo:

    2. ridhoyp says:

      Yah ga bisa pertamax™ dasar pare! :mampus: Hore anggie ultah, makan – makan.. atau teraktir jalan gratis pulang pergi, indonesia – moscow :yess:

      ridhoyp’s last blog post..Sisoftware Sandra

    3. ridhoyp says:

      Oh iya, Hore assisten baru! semangat :yess: btw cerita nya asik juga, yang mahasiswa atheis, ternyata merasa adanya tuhan juga, kasihan harus ikut orangtua nya,.. pasti dia mengenal tuhan dari teman2 nya yang memeluk agama :joget:

      ridhoyp’s last blog post..Sisoftware Sandra

    4. dari fakta1, pindah ke bali aja yuk.. :love:
      dari fakta2, kasian juga yah, turis di Indonesia.. :egp:
      dari fakta3, kayaknya mereka beranggapan begitu, karena abis nonton ayat2 cinta kali ya… :mampus:
      dari fakta4, ck..ck.. :bodo:
      dari fakta5, berarti univ di Indonesia, elit semua dong…pada gak pake seragam.. :musik:

    5. [ Nugraha ] says:

      oooo….saya tahu sekarang….
      Indonesia itu bali to ? :)

      [ Nugraha ]‘s last blog post..?Rumah Baru? Nugraha

    6. ridu says:

      @ridhoyp : what?? jalan2 gratis indonesia – moscow?? boleh juga tuh.. wah nice idea nih pare.. hihihi.. hmm.. mungkin mereka ada yang masih labil, jadinya masih bingung untuk menemukan jati diri mereka.

      @aRieF do0n9™ : ke bali?? pengen.. Ayat2 cinta?? blom ada kalee.. yee.. elit?? ekonomi sulit yang ada :males:

      @[nugraha] : ya begitulah.. ahahaha.. :kembar:

    7. Putra eka says:

      Ternyata Bali lebih terkenal dari indonesia, iklan pemerintah kita kurang banget tentang pariwisata. Yang diutamakan beli mobil mewah.

      Muslim suka poligami, itu tergantung orangnya lagian poligami itu bertanggung jawab daripada freeseks gonta-ganti pasangan, bukankah itu juga poligami (yang ilegal)

      Putra eka’s last blog post..Google pagerank update, senang menerima dan sedih untuk melepaskannya.

    8. gempur says:

      wah, asyik tuh! sayangnya jurusan ilmu budaya jarang diminati para anak bangsa.. termasuk saya, sehingga banyak orang yang semestinya memilki wawasan humanity yang baik menjadi kering bahkan gersang rasa kemanusiaan.. terlebih karena terbiasa dengan angka dan mesin, jadinya manusia yang setengah mekanis.. hehehehe…

      asyik banget mas ridu! selamat deh dengan dialognya!

      gempur’s last blog post..Berkabung

    9. ridu says:

      @Putra Eka : yap, mengenai poligami ridu juga berpendapat seperti itu

      @gempur : jurusan ilmu budaya jarang peminatnya soalnya banyak yang terdoktrin bahwa jurusan itu tidak mempunyai prospek yang bagus untuk ke depannya.. mungkin kalau sastra masih ada yang berminat. Palingan yg kuliah ilmu budaya itu adalah pilihan terakhir dia deh.. hehe.. ini pendapat ridu aja yah.. :senam:

    10. ika says:

      hueheheh,,indonesia kalah tenar dengan bali yah

      ika’s last blog post..Tanggal muda..saatnya gajian..

    11. ridu says:

      @ika : hihihi.. gitu deh mba.. :sinchan:

      @jed : wew.. makasih yah.. :yess:

    12. Jujur nih
      Ka2 salut atas apa yg kau lakukan
      eruslah perkenalkan ctra Indonesia adalah Negara yangbaik
      Islam adalah agama yang penuh damai
      Dan Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia
      Bali adalah bagian dari Indonesia

      :ngebor:

      achoey sang khilaf’s last blog post..Cinta, Rindu dan Cemburu

    13. pudakonline says:

      speed reading saya yang lagi bermasalah
      apa kayak cross culture gitu ya

      pudakonline’s last blog post..May Day

    14. edy says:

      poligami diucapin jadi polijemi? :D

      edy’s last blog post..Wikipedia Kurang Lengkap

    15. ridu says:

      @achoey : wah.. makasih yah kang..

      @pudakonline : hmm.. gimana yah?? lintas budaya juga sih.

      @edy : berminat buat polijemi om?? :kembar:

    16. Anggie says:

      Dosen: Memang Muslim Boleh Poligami

      Ridu: Boleh, tapi ada syaratnya, yaitu .. Bla..Bla..Bla..

      Dosen: Tuh, kalau mau poligami, jadi orang muslim aja(sambil menunjuk ke mahasiswa korea yang atheist)

      M. Korea: Memang Poligami Enak?

      Ridu: Enak Bgt, aku kan juga mau poligami ma M*** dan X**** :ayuk:

      M. Korea: Oowh :P

      **Kabur**

      Anggie’s last blog post..Review setelah menggunakan Leopard

    17. ridu says:

      @Anggie : yee.. itu sih ntar aja.. gw blom nyampe pemikiran gw.. hihi… yg ada lo kali yg ada rencana kaya gitu :sombong:

    18. det says:

      kayaknya di indonesia ini yang akhirannya LI memang terkenal

      contoh: BALI, DOLI… kwakakaka… :kembar:

    19. Ojat says:

      wah,poligami aahhh *padahal blom nikah* haahhaahha :gila:

      Ojat’s last blog post..Ternyata eh Ternyata

    20. hanggadamai says:

      keknya asik banget.
      banyak hikmah yg bisa diambil ya..

      hanggadamai’s last blog post..Apalah Artinya Usahaku Selama Ini?

    21. chatoer says:

      mendingan identik dgn poligami daripada identik dgn teroris

      chatoer’s last blog post..Mom, Happy Birthday !

    22. ridu says:

      @det : Doli?? sepertinya baru denger.. emang Doli itu apa yah?? boneka?? makanan?? atau..??

      @Ojat : wadah.. mang ojat udah ada rencana mo poligami yah?? :joget:

      @hanggadamai : iya asik, dan hikmahnya juga banyak yg bisa dipetik (buah kali..) :super2:

      @chatoer : humm.. kenya sama aja deh.. tapi beda sisi pandang aja..

    23. eNPe says:

      seru jg ya bisa berbincang2 antar budaya gt.
      byk pengetahuan n pengalaman yg didapat.
      btw, masih menanti kelanjutan “dessert” :ayuk2:

      eNPe’s last blog post..eNPe bertugas di SMA Negeri 2 Pontianak

    24. bayu says:

      temen kampus gue orang korea hobynya makan kura2,..
      ugghh,..
      :egp:

      bayu’s last blog post..FastNet by First Media

    25. ridu says:

      @eNPe:
      iya, seru banget mba.. bisa nambah temen juga kan.. heheh.. oke ditunggu yah dessert-nya..

      @bayu:
      kura-kura dimakan?? :konslet:

    26. wew… kaget juga komenku diapresiasi ridu, hehehehe :yess: idealnya memang perlu ada dialog2 semacam itu. pertemuan antarbudaya bisa menghindari sentimen chauvinistik. kan banyak juga tuh pemuda yang merasa bangsanya sendiri paling hebat lantas gampang melecehkan bangsa lain, hehehehe :ngebor: melalui dialog, sentimen2 macam begitu kan bisa dihindari, menimal dikurangi. BTW, ternyata ridu fasih juga yak bicara poligami, hehehehe :lol:

      sawali tuhusetya’s last blog post..Benarkah Dunia Pendidikan Kita Sedang ?Sakit??

    27. azaxs says:

      Wey… jeli n bagus postingan ini..
      * Aku pikir UM tadi Universitas Malang.. :gila:

      azaxs’s last blog post..Kontemplasi Singkat Pendidikan Indonesia

    28. adams says:

      oooo… mudah2an om ridu sering dialog sama bangsa lain, dan kita selalu dikasih tau hasilnya :D

    29. Alex says:

      asl.

      benar sekali rid…kita akan bisa menjelaskan persepsi2 miring ttg indonesia di mata dunia.

      sip..nice posting

      Alex’s last blog post..USAH LARA, PASTI SLALU ADA ASA

    30. Lutfi says:

      asyik juga ya du jalan2 sambil tambah temen, tambah ilmu :super2:

      Lutfi’s last blog post..Game Flash Lucu

    31. ridu says:

      @sawali tuhusetya:
      wah, sebelumnya ridu makasih banget atas komentar pak sawali.. pokoknya salut banget deh ridu sama pak sawali..

      @azaxs:
      makasih yah bro.. hehehe.. malang?? ada yang Universitas Malang??

      @adams:
      om?? berasa tua deh gw. hehe.. iya pastinya, kalo ada info, pasti ridu share..

      @Alex:
      itu tujuan utama ridu juga, kesempatan ini kan juga jarang banget bisa kita temui kan..

      @Lutfi:
      bener banget.. bisa nambah dua-duanya tuh
      :super:

    32. wennyaulia says:

      akhirnya..diapdet juga :charming:
      btw,seru juga ya ini…
      pingin ikut beginian deh, du.. :muter:

      wennyaulia’s last blog post..gaK pentinG

    33. quelopi says:

      mantapz jeng..

    34. ywdah, jadi dosen situ aja du..
      gimana, acemkah ??

      Okta Sihotang’s last blog post..Hardiknas dan realita yang ada !!!

    35. ridu says:

      @wennyaulia:
      pengen ikut?? maksudnya itu ikutan apa yah?? blogging competition or dialog antarbudaya??

      @quelopi:
      makasih
      :nggaya:

      @Okta Sihotang:
      dosen?? hahaha.. S1 aja blom lulus, kok udah jadi dosen??
      :konslet:

    36. Aji says:

      Du, ga pertamax lagi ney :debus:
      padahal udah bela2in:bobo: nya malem

      wah menarik sekali yaaaaa
      kalo gw ikut dialog ky gitu ketuaan kali ya du?
      enggak ah, gw kan gak tau
      gua mah mature
      hihihi

      Ayo POSTING lagi du

      Hidup BADMINTON INDONESIA!!!!!

      Aji’s last blog post..Thomas Cup & Uber Cup 2008 Indonesia

    37. ichaawe says:

      tau gak yg plg asik rid….

      negara asean jd satu tuh ..kyk EU… asik kali yeeee….

      ichaawe’s last blog post..KoLeKsi BotoL PaRfum

    38. bina says:

      nyindir nih ye..mentang2 aku gak pernah dateng kesini..!!
      bina udah gak terlalu sibuk banget sih..lagi konsen bikin web lirik aku, lagi bikin themenya..!!lo udah nyantai banget ya rid? udah selese kuliah..udah kerja lom rid? :gila: :gila: :gila: :gila: :gila:

    39. suci says:

      1 : yeah, knapa ibu kota kita gak pindah ke bali aja ya?
      2 : jangankan english, banyak di daerah yang bhs indonesia aja susah
      3 : hehe poligami emang lagi nge trend yak, gapapa sih, sapa tau dengan itu orang2 jadi tertarik bwt mempelajari islam
      4 : brarti dia atheis karena keturunan ya. kasian..
      5 : ya sih lebih cepet lulus tapi sama aja tetep berseragam kan

      suci’s last blog post..Pindahan (Again)

    40. ridu says:

      @Aji:
      jah.. lo udah nyadar duluan sebelom gw sadarin.. hehehe..

      @ichaawe:
      wew.. nice.. keren banget tuh kalo hal itu terjadi..

      @bina:
      wah keren donk nanti webnya.. gw masih sibuk uts neh.. masih ada 4 mata kuliah lagi yg blom uts

      @suci
      1: kalo pindah ribet atuh neng, ntar juga bali gak indah lagi, yg ada jadi macet gitu
      2: oh gitu yah??
      3: emg suci mo dipoligamiin??
      4: iya, kalo dia dewasa sih bisa mikir buat beragama
      5: yee.. gak penting make seragam apa kagak atuh
      :cpd:

    41. Berli says:

      Hmmm…klo Bali lebih terkenal daripada Indonesianya sendiri, kira-kira orang bule nganggapnya Bali itu punya negara mana ya’?? Ato jangan-jangan Bali dianggap sebagai suatu negara…

      ~Hehehehe…

      Berli’s last blog post..Indahnya Musyawarah

    42. ghatel says:

      nunggu cerita selanjutnya… :gila:

      ghatel’s last blog post..Fungsi pakaian dilihat dari sisi lain yang lebih lain

    43. Raffaell says:

      Biasanya yang nasionalis tu orang orang di luar Indo, jujur kerasa banget pas lagi disini, rasa nasionalis jadi kental, dibanding berada di Indonya sendiri..

      :yess:

    44. LieZMaya says:

      ahay pulau jeju :kesel:
      jadi inget filmnya Jang geum heuheu
      pengen nonton…
      aduh emang bali lebih dikenal ketimbang nama negaranya sendiri :damn:

      LieZMaya’s last blog post..pagerank liezmaya.web.id kok turun?

    45. ridu says:

      @berli:
      nah itu dia.. kalo cerdas sih dia bakal nyari tau..

      @ghatel:
      makasih yah om..

      @Raffaell:
      karena jauh dari kampung halaman yah bos.. jadinya jadi lebih nasionalis..

      @LieZMaya:
      hahah.. penggemar Jan Geum yah??

    46. Febra says:

      orang luar tahunya negara bali di, bukan negara indonesia, hehehe

      *sorri baru berkunjung lagi, lama ga OL saya :(

      Febra’s last blog post..Aloooow?

    47. didut says:

      di jepang juga bali lbh terkenal … aneh bin ajaib memang :bye:

      didut’s last blog post..e-loen

    48. Paams says:

      huhhuhuh.. Indonesia segitu ga terkenalnya ya?
      sepupu gw yang di belanda, malah gw tanya ‘do you know indonesia?’ dia jawab ‘yeah’
      terus gw tanya lagi, ‘do you know bali?’
      dia jawab, ‘uh? I dont know..’

      GEBLEK! hahahaha.

      Paams’s last blog post..The coolest Friday!

    49. aRya says:

      makan-makan na dunk
      huh :super2:

    50. ridu says:

      @Febra:
      hahaha.. ooh sekarang lagi sibuk skripsi yah.. gudlak yah feb..

      @didut:
      gila yah, sampe di jepang berpendapat kaya gitu..

      @Paams:
      wahahaha.. temen lo yg geblek yah??

      @aRya:
      yg ada orang bali donk yg makan2.. ayo donk traktir ridu.. hehehe..

    51. arizane says:

      wah bisa ketauan, klo ternyata mata dunia belum tau muslim seutuhnya, ini membuktikan bahwa mereka salah besar klo tiba2 judge muslim dng teroris yah..
      nah lahan buat dakwah tuh..

      anyway di filiphine muslim agak dicibirkan yah..krn disalah satu pulau disana ada yang mayoritas muslim dan selalu dikait2kan dengan teroris.bener ga?..

      kasian yah..sbnrnya kan mrk cuman mau hidup dan menjalankan syariatnya disatu pulau mereka aja.. :yess:

      arizane’s last blog post..Tha Law like’s Duo Maia

    52. Nugraha says:

      oooo tahu saya sekarang…
      indonesia itu bali to he he he

    53. waterbomm says:

      ceritanya asik, seru.
      gw juga punya pengalaman dialog sama orang luar tepatnya china.

      di china, kayanya hampir sama kaya di indonesia (kalo diambil kesimpulan dialog gw) dimana disana bhs inggris bukan bhs utama :D

      udah gitu orang cina yang gw ajak ngobrol bhs inggrisnya kurang fasih, dimana setiap obrolan pasti diselipin bhs cina ma tuh orang. huff.

      trus juga bhs inggrisnya orang cina susah dimengerti (apa karena gw aja yak yang ga bisa bhs inggris :D ) karena logatnya mereka, hihi.. trus juga karena mulut orang kebanyakan menggunakan c atau s atau x. jadinya gitu deh..

      :nangis:
      ditunggu Intercultural Dialogue Part III nya.. seru!!!!

      waterbomm’s last blog post..Ibu, Guru dan Pengalaman

    54. benazio says:

      ridu .. ajak2 dong kalo ke luar negeri .. tapi jalan2 .. gausah studi2 hehehe ..

      iya banget, bali itu dikenal banget, dari indahnya sampe bomnya, malahan jakarta bahkan indo sendiri malah yang kaga pada tau… ckckck.

      ko yang elit malah yang ga pake seragam ? gaul amat, jadi kesannya sombong gitu dong haha ..

      atheis? duh .. kasian ya dari orang tua dah atheis. . sedih amat,, mending poligami aja deh nak,, hahaaa

    55. ridu says:

      @arizane:
      iya tuh bener banget bos.. makanya gw semangat banget pas ngejelasin ttg hal itu.. kita berdoa aja deh buat sodara2 kita

      @nugraha:
      hehehhe.. ya gitu deh..

      @waterbomm:
      wew.. nice, kenapa gak bikin postingan aja bos?? hehehe..

      @benazio:
      makanya jangan nongkrong di PIM molo donk.. (lho?!)

    56. PUTUTIK says:

      itulah indonesia, tapi aku cinta negeriku meski rakyatnya banyak yang korup dan maksiatul jahim :debus:

      PUTUTIK’s last blog post..Pantai Carita Nan Indah

    57. Latip says:

      Enak Juga kalau bisa jalan jalan ke luar negeri sambil belajar….hm kapan ya..

      Latip’s last blog post..Latihan Soal UNAS/UAN SD

    58. phiy says:

      “I will be responsible for my country”

      gokil!
      Gokilan mana sama “bhineka tunggal ika”
      ikikikik…

      phiy’s last blog post..[Tag] 10 Random Facts About Me

    59. paramarta says:

      mantapan bhineka tunggal ika deh ..

      paramarta’s last blog post..Curhat : waktu, imajinasi, dan kesadaran

    60. masmoemet says:

      kapan yah bisa komen pertamax di blog ridu ??? :ngiler:

      masmoemet’s last blog post..I like monday

    61. [...] Cyber World RiEdu World Intercultural Dialogue – Part II [...]

    62. ridu says:

      @pututik:
      wah.. sama.. ridu juga cinta tanah air donk..

      @Latip:
      alhamdulillah bisa terlaksana.. hmm.. cari beasiswa aja bos.. kali aja emang rejeki kan bisa tuh

      @phiy:
      kalo bhineka tunggal ika tapi gak ada yg tanggung jawab, repot juga sih fiy..

      @paramarta:
      hayoo.. bertanggung jawab juga gak??

      @masmoemet:
      kapaan juga yah?? mei mungkin?? hihihi.. *ini udah bulan Mei..

    63. duniaanda says:

      sama kayak kamu du, jadi inget waktu ke jepang juga, banyak yang nggak ngerti apa itu indonesia! tapi mereka tahunya bali aja, cape deh…

      tapi asyik juga sich, orang kenal bali berarti orang kenal salah satu budaya indonesia kan,, so, kita harus mulai bikin banyak ‘bali’ yang lain supaya semua orang di dunia bisa lebih kenal dengan Indonesia

      duniaanda’s last blog post..Kebangkitan Indonesia berawal dari pendidikan

    Leave a Reply

    CommentLuv badge