Sisi Lain Dialog Terbuka

Sebagai salah satu panitia acara Dialog Terbuka tanggal 11 April kemarin, gak afdol donk kalo ridu gak memuat laporan atau hasil dari acara tersebut. Kebetulan ridu ditugaskan bersama Deni untuk menjemput sang moderator, yaitu Bapak Abimanyu atau lebih dikenal dengan “Abah” dari kediamannya di wilayah Cinere.

Sebelumnya kaget banget, karena kita harus berangkat dari kampus itu jam 5 pagi. Ya tau donk hari kerja, jakarta itu macet banget. Jadinya ridu harus nginep di kampus. Dan ternyata benar, jam 6 pagi di wilayah Cinere itu udah padet banget sama kendaraan.

Setelah sampai di kediaman Abah, tidak lama kemudian Abah keluar dan kamipun berangkat. Di dalem hati ridu berkata dengan kegirangan :

“Kesempatan langka banget nih buat wawancarain seorang tokoh, kali aja dapet inspirasi atau masukan dari beliau, hehehehe..”

Perbincangan dimulai setelah keluar dari komplek kediamannya. (Tidak semua perbincangan di tulis di sini, hal-hal yang penting dan keren aja yang ridu tulis)

Ridu : Bapak, saya ridu, saya diminta oleh salah satu teman saya untuk mewawancarai Bapak (padahal bohong, gak ada teman yg minta ridu untuk wawancarain dia, maaf ya pak.. bukannya bermaksud untuk berbohong, tapi ridu agak malu soalnya.. hehehe..) Boleh saya rekam perbincangan kita?

Abah : Oh boleh, silahkan

Ridu : Pertama, biar lebih akrab, Bapak lebih enak dipanggil apa nih Pak?

Abah : Biasanya sih, para blogger memanggil saya dengan “Abah”

Ridu : Kalau boleh tau, aktivitas sehari-hari Abah sebagai apa?

Abah : Saya sehari-hari bekerja di kantor, saya punya usaha ISV atau Independent Sofware Vendor.

Ridu : Bagaimana Abah bisa menjadi moderator untuk acara ini?

Abah : Kebetulan saya mendapatkan informasi di milis yang diforward oleh rekan saya, tentang Roy Suryo dengan Riyogarta, lalu informasi itu kemudian menjadi isu pembicaraan, karena saya banyak waktu, jadi saya baca-baca dan kebetulan sedang dicari moderator yang netral. Nah karena saya berpikir kalau saya ini cuma ngebahas, diskusi antara dua pihak, cuma diskusi ngobrol di belakang, dan orangnya juga gak ada yg kita kenal, maka saya ini kaya banci, jadinya kesempatan ini saya kontribusikan untuk menjadi moderator yang netral dan gak dibayar. Alhamdulillah dengan itu netralitas dan profesionalisme kita bisa dijaga, karena gak ada titipan dan tanggung jawab apa-apa dari satu pihak.


Kalo mau tau siapa yg desain spanduk ini, dia nih orangnya

Ridu : Abah sendiri kan seorang blogger, apakah nanti Abah bisa menjadi seorang moderator yang netral?

Abah : Insya Allah saya bisa netral. Sama halnya seperti seorang pakar kuliner menilai sebuah makanan. Normalnya, manusia pasti menyukai makanan tertentu saja, yaitu makanan kesukaannya. Tapi apakah akan menolak untuk mencoba makanan yang baru? pasti akan mencobanya sehingga bisa menambah wawasannya, “Ooh ternyata ada makanan yang lebih enak..” Di sini juga sama, saya seorang blogger, dan topik acara nanti itu adalah Menjadi Blogger yang Positif.

Lalu Abah melanjutkan:

Ada yang positif berarti ada yang negatif kan.. Ada kebenaran berarti harus ada kesalahan. Kita gak bisa ngomong, yang benar itu tuh gini, tapi kita gak tau yang salah itu seperti apa. Jadi benar dan salah itu relatif. Contoh Sederhananya seperti ini.

Si A mencuri ayam (Salah..) Si B korupsi 2 milyar (Juga salah..). Kedua hal tersebut kalau dilihat memang salah, tapi kalau dilihat lebih detail, kenapa Si A itu mencuri ayam?? ternyata anaknya di rumah sedang sakit, kalau minum sup ayam, anaknya bisa sembuh. Dalam hal ini kita berpikir, apakah dia benar?

Dia benar karena mencuri untuk menolong anaknya karena dia tidak mampu, mungkin setelah mencuri dia akan mengembalikannya lagi, siapa tau, tapi dia keburu ditangkap, karena konteksnya bahwa mencuri itu salah, tapi kalo gak mencuri, membiarkan anaknya mati karena sakit, benar atau salah?? kita gak bisa tahu kan? kita harus tau konteksnya, ada suatu kondisi itu benar, ada suatu kondisi itu salah.

Bagaimana dengan si B yang korupsi? “Wah.. dia salah tuh karena dia korupsi..” Ok fine.. kita lihat tujuan dia korupsi itu apa? memperkaya diri.. kita lihat kekayaan dia berapa? 5 milyar, berarti dia sudah kaya tapi tetap korupsi, terus kita lihat, sumbangan dia kepada masyarakat itu apa? ooh dia menyumbang untuk taman, edukasi, universitas dll. Tapi tetap salah donk, anda korupsi, anda memakan uang rakyat, yaudah itu salah kan?? dan saya setuju hal itu salah.. Sekarang kan kalau bicara korupsi kan itu uang orang banyak.. khalayak ramai yang dia rugikan itu.. sekalipun dia bikin universitas, dia bikin rumah persinggahan untuk anak jalanan, tapi tetap yang mendapatkan kenikmatan itu hanya segelintir, yang dia lihat saja, padahal orang yang lebih susah itu tetap banyak. Tapi setidaknya dia sudah memberikan manfaat kepada orang lain. Susah kan kalau kita menilai itu benar atau salah.

Sekarang kita balik lagi tentang blogger positif. Apasih blogger positif itu, yaitu blogger yang sifatnya mengembangkan keilmuan bangsa, cara pikir, berkembang cara pikir apa yang kita lihat. Bagi banyak pihak apa yang diutarakan oleh bung Roy itu bermanfaat, yagn tidak tau jadi tau, tapi ada pihak juga melihatnya dari sisi lain, “ooh dia itu salah” seperti itu. Wajar kalau ada yang salah itu didebat, jangankan yang salah, yang benar saja sering di debat.

Blog misalnya dianggap negatif itu karena menggunjingkan sesuatu, dan blog yg tidak bersikap adil, karena gak kaya koran. Karena dalam koran itu ada kode etik jurnalistiknya yaitu diambil porsi yang seimbang antara pihak yang pro dan yang kontra. Nah dalam blog, misalnya ada orang yang membincangkan seseorang, ya itukan pendapat dia sendiri, jadi dia memposisikan dirinya sebagai narasumber yang tidak perlu butuh media yang bisa mengutarakan pikirannya. Asalkan bertanggung jawab.

Misalnya kita membuat posting di blog kita, ya berarti kita menampilkannya ke forum umum. Lho terus kita kok gak boleh mencerca orang lain? Ya namanya juga forum umum. Di tempat umum saja kita gak boleh meludah kok, di tempat umum kita gak boleh pelototin orang, dsb. Jadinya ada hal yang harus dijaga.

Nah dalam blog juga orang bisa memberikan komentar. Setelah memposting tulisan lalu ada pengunjung datang dan memberikan komentar. Berarti kita harus siap dengan komentar-komentar yang masuk kepada kita. Ada orang yang menghapus komentar yang tidak sependapat dengan dia, atau menyakiti hati dia, menurut saya orang itu kerdil, kerdil pemikirannya. Dia hanya menampilkan komentar yang searah dan baik menurut dia.

Semua orang diciptakan dalam keadaan berbeda pikiran. Seperti jalanan ini, apakah jalanan diciptakan untuk searah? dua arah kan? Apakah dengan searah akan bisa berkembang? apakah dengan searah itu bisa menjadi lebih dinamis. Dengan adanya beda arah, itu bisa membuat dinamis dan juga bisa lebih hati-hati, ya seperti jalanan tadi. Kalau misalnya searah, pasti orang akan ngebut dan gak hati-hati, tapi kalau misalnya dua arah, orang akan bisa menjadi lebih hati-hati sehingga ada dinamika. Mana yang lebih banyak orang yang mengantuk? di jalanan tol atau di jalanan biasa?? dijalanan tol kan?? karena itu-itu aja, tidak ada perubahan.

(*tidaak.. ternyata hasil rekamannya corupt.. huhuhu.. jadinya yg didapet itu sampai sini saja..*) tapi ridu coba mengingat point-point yg terkait dengan dialog nanti.

Ridu : Apa harapan Abah setelah acara ini?

Abah : Saya tidak mentargetkan apa-apa dari acara ini. Karena ini sifatnya bukan meeting, yang harus ada kata sepakat dan mufakat diantara pihak-pihak yang terlibat, ini adalah dialog terbuka, jadi nanti di akhir acara, masing-masing pendapat orang akan berbeda-beda, tergantung pemikiran masing-masing.

Riyogarta, Abah dan Roy Suryo

Karena rekamannya corupt, jadinya sampai sini saja tulisan hasil wawancara dengan Abah selama perjalanan dari Cinere sampai Kampus UBL.

Keren banget deh Abah ini, ridu bisa dapet pemikiran dan inspirasi baru. terlebih tentang ini:

Ridu : Bagaimana dengan blog yang isinya pribadi, kaya curhatan pribadi jadinya gak bermanfaat untuk orang lain? (sebenernya pertanyaan ini benar-benar mewakili hati yang terdalam, soalnya blog ridu isinya curhatan doank)

Abah : Asal kata blog itukan dari kata Weblog, yang artinya web yg isinya log atau catatan harian. Mengenai manfaat, coba deh, botol air mineral bekas minum kamu menurut kamu berguna gak setelah airnya habis? gak berguna kan? tapi menurut orang lain, seperti pemulung, botol bekas itu sangat berguna kan. Jadi ada sesuatu hal yang dianggap tidak berguna oleh seseorang, tapi menurut orang lain itu sangat berguna.

Sumpah setelah denger ini, ridu jadi berbinar-binar, ternyata it’s okay to post your diary into your blog. Jadinya ridu gak minder lagi setelah ada kritikan bahwa blog ini gak bermanfaat karena isinya hanya curhatan pribadi.

Yup segitulah wawancaranya.. panjang banget kan?? iyalah.. secara selama 1.5 jam perjalanan itu dihabiskan dengan wawancara.. hehehe..

Ridu sengaja posting ini, karena untuk laporan acara dialog terbuka ini, bisa dilihat dari narasumbernya sendiri atau blog-blog rekan-rekan yang lain : Caplang.net dan MrBambang.web.id (atau di blog-blog lain serta situs lain) Serta bagi yang mau mengunjungi blog-nya Abah, ada di http://awam.multiply.com

OOT CORNER:

Bagi yang males baca karena kepanjangan, biar gak bingung mo komen apa, nih komenin foto ini aja :

Ridu dan Om Riyo (gantengan mana?? )

    84 thoughts on “Sisi Lain Dialog Terbuka

    1. Akhirnyaaa… bisa megang kompie lagi.. :yess:

      akhir2 ini sibuk banget, jadinya gak sempet yang namanya blogging, jadinya maaf yah bagi yang belum dibales kunjungannya.. :charming:

    2. pantesan aja postingannya lama ga di update….
      dari hasil survey selama ini, ternyata saya yang paling males buat posting karena uang saku pas-pasan buat ke warnet… :cpd:

      ekads’s last blog post..Mengapa Beteriak

    3. Wah Du,, koq jadi polling gitu di akhir blognya.. menurut gw gantengan Om Roy eh Om Suryo, hayah sama aja, hahahha….
      Sumpah! dah kaya bajaj,, ngeles mulu. :gatau:

      ivo’s last blog post..CAMER

    4. wew… ridu berbakat juga jadi wartawan tuh yang tukang wawancara para seleb atau pejabat gitu, hehehehe :ngebor: btw, ridu ngganteng juga yak. lebih nggantengan ridu sedikit sama omo riyo. bbt, beda2 tipis, gitu loh, hwehehehehehe :nggaya:

      sawali tuhusetya’s last blog post..Tes

    5. @ekads : iye neh.. huhu.. wah ke warnet yah.. dulu ridu juga suka terkejar2 waktu kalo di warnet..

      @ivo : bajaj.. udah lama gak denger lawakannya..

      @sawali tuhusetya : pengen juga sih jadi wartawan.. menarik juga, hhahaha.. itu mah iseng aja kalo masalah mana yg ganteng..

      @Payjo : you hurt me :nangis:

      @adit-nya niez : :cpd:

    6. oh, jd begini liputan acaranya, ya?
      jd inget wkt jd panitia BEM trus bikin acara apa gitu, ada bapak Mentri yg datang…
      beliau jg ga mau dibayar loh, Du! keren bgt, ya?
      ehmmm… tentang fotonya?
      kerenan mana yaaaahhh…
      *takut dijitak* :kesel:

    7. @Juminten : wah menteri biasanya emang gitu kan.. gak mau di bayar, justru dia senang, coz bisa ada kegiatan dan juga dia pasti dapet uang dari negara.. ahahaha.. takut di jitak? ya udah gak ridu jitak deh, tapi ditempeleng.. hehehe

      @Jiewa : wess.. iya donk :nggaya:

      @adams : :cpd:

      @ridhoyp : ok.. panas kenapa?? pantatnya panas??

    8. @jimmy : ridu juga kagum.. kurus?? iya neh.. pengennya sih gemukan :bye:

      @rd Limosin : wess iya donk :nggaya: sama.. itukan terpaksa kita buat judulnya seperti itu..

      @edy : kalo dian sastro mao deh :kembar:

      @didut : yakin?? :egp:

      @Anggie : lah?? gw kan baik hati lho.. hehehe.. meledak?? itu karena lo ngaca pake LCD laptop lo :egp:

    9. hmmm, smoga pertemuannya gak berhenti. Musti ada pertemuan lagi kayaknya yg bs lebih kasih manfaat lebih.

      Eniwei, foto2nya ok 🙂
      mas riyo ganteng memang,
      ia duu… kamu juga kok 😀

      mitra w’s last blog post..Sensasi Terbang

    10. @mitra w : kemaren dibilang sih semoga ini bukan untuk yg pertama dan terakhir kalinya.. alias ada kelanjutan dialog seperti ini.. makasih.. atas pujiannya :yess:

      @Donny Reza : wew.. keren donk kang..

      @Yari NK : ridu sih awalnya begitu.. tapi lama2 jadi geram juga gara2 dia semakin keterlaluan thd blogger

      @benazio : :mampus:

      @Edy Psw : orang penting?? bisa aja.. penting karena punya banyak hutang??

    11. @tehaha : iya donk bang..heheeh.. NS itu siapa sih?? *kok jadi bego gini yah gw..

      @masmoemet : :cpd:

      @putry : :cpd: (juga)

      @tc : mirip?? wah kebeneran aja kali mirip.. gak ada hubungan darah sama sekali kok..

    12. @suci : :cpd: bukan donk ah..

      @cempluk : makasih yah cempluk.. makan baksonya bayar sendiri :kembar:

      @Ojat : ok.. :tendang:

      @Berli : kalo gak bisa dateng, kan bisa lihat streamingna kan..

    13. Wuah, Pare ridu.. ternyata berbakat juga jadi wartawan :sinchan: heheheh…
      @Labyrinth™

      Tapi kan bang ITU ADALAH SEBUAH ILIHAN™

      bukan ILIHAN™ tapi PILIHAN™… hati2 lho, kalo ngutip dari seseorang , kalo informasi nya kurang lengkap bisa bisa….? :muter:

      ridhoyp’s last blog post..Pindah Blog ?

    14. @Labyrinth™ : salah ketik mas..

      @ridhoyp : hahaha.. iya donk.. secara yah.. jah.. ngomenin yg salah ketik..

      @Amrul : :kembar: asyik banget lho..

      @ika : sama2 mba.. heheh.. ridu sekedar berbagi aja..

    15. apa yang dibilang abah memang benar tapi ada bebrapa point yang menurut aku ga setuju..misal mencuri ayam karena anknya sakit..

      bisa saja dia minta sama orang dan menceritakan keadaan yang sebenarnya kalau anaknya sakit dan harus makan sop ayam, sangat mungkin org yg punya ayam itu akan memberikannya dengan ikhlas..ya jadi menurut konteks saya yang namanya mencuri itu teap salah..saya kira msaih banyak cara jalan lain untuk itu selain mencuri.

      maaf, ini cuma pendapat pribadi saya 😉

      btw..gantengan mas riyo du daripada kamu 😛 :gila:

      Febra’s last blog post..1/2 KITCHEN SET

    16. @eko : jah.. foto cewe ntar ada waktunya kok :kembar:

      @Febra : well, we’re in democratic nation.. so it’s okay to have different opinion and perception.. hehe..

      @aLe : tetep.. :cpd:

      @achoey sang khilaf : wah makasih banget kang.. jadi enak deh..

    17. @tachu : jah.. secara ini acaranya dia.. gimana sih lo..

      @Adis : :cpd: terserah lodeh..

      @achmatim : OMG.. teliti banget kalo yg dibelakang itu adalah foto sendiri :kembar:

      @aRieF do0n9 : makasih-makasih..

      @ma6ma : lho?? sesuai hadits yah..

    18. wah keren du, siiiippppppppp banget deh. tentang si penciru ayam dan koruptor itu, menurut ilmu hukum disebut dengan teori causalitas, ada sebab ada akibat. Tetep, nampang ya du :tipi:

      zakiyah’s last blog post..Cerita

    19. Uwawawawawaa
      Saia ketinggalan berita nih…
      Ndak tau apa-apa tentang Roy Suryo lah, Riyo apalah…
      Huahuahua..
      untung ada temen yang tau, jadi bisa nanya-nanya gitu lo..
      hmhmhmhm…
      Jadi itu dia pakar ITE indonesia..:gatau:
      *Ngenyek mode on*
      UUpzz….
      No Offense neegh
      Pisss!! :bodo:

      Shei’s last blog post...:Berita Duka:.

    20. semoga aja masalah diantara para blogger en roy suryo jg clear, ngga ada salah paham lagi.
      Buat om roy suryo, ditunggu kabar kontroversial-nya lagi :egp:

    21. thx yak ridu atas report kemarin, eniwei..moga2 aja jadi sebuah forum yang bisa ngeluruskan statement2 yang bengkok (kayak kayu aja yak)..thx juga buat mas riyogarta as the inspiraotr yang menghubungkan RS degn para blogger lainnya..
      saluuuutttt :gila:

      Okta Sihotang’s last blog post..Actually, life is struggle !!!

    22. Hoalaahhhh.. ridu itu itu yang ini tooo, kemarin duduk di sebelah mana ya?
      Aku pake kaos BLOG (BHI), duduk di sebelah wazeen, deket juga tempatnya ama suprie dan caplang

    23. Posting tanggal 12? Kok baru saja nongolnya di Google Reader?

      BTW, kenapa mesti minder kalau blog isinya curhatan? Blog blog kita sendiri kok, mau diisi apa ya terserah kita sendiri. Ngapain ikutan orang?

      arif’s last blog post..Gambar Bugil Artis

    24. wihhh ,, lama juga ya wawancaranya duu,,,
      trus suasana di situ pasti mengasikkan ya duu,,, ?
      btw ,,
      untuk polling saling berebut ganteng,, hmm,,,, tergantung yg milih da,,, hehehhe

      ngacirr,,

      ochim’s last blog post..Idola cilik by RCTI

    25. hahahaha,,,,
      ya gantengan RADITYA DIKA lach ,,,,!!!
      ya,,, cuma masi mendingan elu drpada Om Riyo yang udah tua geto!!!!!!
      huhuhu……………………..

      :super2: :super2: :super2:

    26. pusing ngeliat commentnya…udah banyak banget…mana banyak banget yang posting tentang acara kemaren…hikz…ga bisa ilutan liat…penuh sesak..jaga aja di luar…SEBEL!!!

      diyniy’s last blog post..New Artikel?

    27. NICE POST COY !! :super2:
      wuah…gak capek nyalin rekaman hasil wawancara diketik kayak gini?? hehehe…good job :yess:
      apa udah ada software buat convert suara ke teks ya?

      hehehehe….

      Panda’s last blog post..Akhirnya?

    28. Riedu, wah udah jawab ampe dower tau2 corrupted rekamannya.. yo wis gapapa… anggap aja kita kena sensor setan jalanan.

      ada beberapa hal yang perlu abah lurusken soal PAKAR KULINER.. soal BENAR-SALAH.. soal analogi JALAN-TOL karena agak meleset dari maksud abah. mungkin abah yang salah ngomong (btw, abah lebih merasa legowo utk menyalahkan diri sendiri, daripada nyalahin riedu salah kutip.. seperti yang dilakukan oom yang satu itu hehehhehe *kidding*)

      eniwei, maklum seumur2 baru kali ini diwawancara jam 6 pagi.. masih ngantuk.. en blom sarapan pula.. eh udah ditanya2 … hiks.. biar asik sih riedu kirimin abah copy rekamannya nanti abah rangkum maksud abah yah. aku sendiri udah agak lupa waktu itu ngomong apa aja.. maklum faktor U.. Ussssiiaa.. huheuheuheuhuehuhe. ok c u arround Riedu.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge