Sariawan

Udah lama juga nih gak bikin artikel yang serius, kebanyakan isinya curhatan yg gak jelas jugrugannya. Ok, sekarang Ridu mau bikin artikel yang serius, yaitu tentang Sariawan.

Sariawan berasal dari kata:

SA untuk kata Sakit. Sariawan adalah jenis penyakit, jadi sariawan itu bukan jenis sayuran, buah-buahan, atau bahkan ketela rambat. Sehingga sariawan dapat menimbulkan rasa sakit.

RI untuk kata duri. Tau donk yang namanya Duri, sebuah benda yang tajam yang bisa dijumpai pada tumbuhan, buah-buahan, atau bahkan ikan. Yang jelas Duri di sini bukan artis tahun 80-an yang lagu-lagunya itu disukai sama nyokap yang sampe tiap hari sebelum tidur tuh disetel melulu. Jadinya pas sariawan itu berasa ada sebuah benda tajam yang membuat rasa sakit.

AW. Adalah ekspresi seseorang ketika tiba-tiba dia merasakan kesakitan atau kepanasan, misalnya tiba-tiba ada yang nyubit gemes, saking gemesnya itu kulit sampe biru dibuatnya, sehingga si penderita akan otomatis menyebut kata Aw.. Sakit.. Karena kata Aw.. itu keluar dari mulut, maka sariawan itu menyerang yang namanya mulut.

AWAN. Udah pada tau kan yang namanya Awan?? Benda putih yang di atas langit. Kalo kata anak kecil zaman dulu tuh awan seputih kapas trus mereka pengen meraih lalu dibawa pulang deh. (Nostalgila Lagu TK) Karena awan itu lembut, maka sariawan itu menyerang mulut khususnya pada bagian yang lembut, bagian yang lembut di mulut antara lain: bibir, lidah dan gusi.

Jadi Sariawan adalah Sebuah penyakit yang menyerang bibir, lidah atau gusi yang menyebabkan rasa sakit dan perih bak tertusuk duri.

(hanya orang yang mau bunuh diri yang percaya dengan definisi ini)

Sariawan dalam Berbagai Bahasa

Berikut ini survey kecil-kecilan yang Ridu lakukan semenjak 2 tahun lalu kepada beberapa orang sampel terdekat.

Jerman: Waktu Ridu bertanya pada Dita (Asisten Labkom UBL 2006) yang sempat menghabiskan masa kecilnya di Cheko dan juga sekolah di Deutsch School, pada saat wawancara calon Asisten, Ridu bertanya bahasa Jermannya sariawan apa? Lalu dia berpikir dan menjawab: “Gak Tau”

Mesir: Ridu juga bertanya kepada Fathi (Asisten Labkom UBL 2006) yang merupakan belasteran Indonesia-Mesir (Ibunya orang Mesir) pada saat wawancara calon asisten juga, Bahasa Arabnya (atau bahasa Mesirnya) sariawan apa? dan dia menjawab: “Enggak Tau”

Swedia: Menurut Kak Diani (Alumni SMKN 20 Jkt tapi lupa angkatan 90 berapa gitu) yang sekarang berdomisili di Swedia, Ridu waktu itu nanya lewat YM, bahasa inggrisnya sariawan apa? (kebetulan di Swedia gak ada bahasa resminya) Dia menjawab : “Hurt on Lips mungkin??”

Filipina: Sewaktu terdampar di Filipina, Ridu dalam keadaan tidak Sariawan, Jadinya lupa mau nanya sama temen bahasa Tagalognya sariawan itu apa? jadinya gak dapet deh.. Hehehe..

Rusia: Sariawan menurut bahasa Rusia, yaitu bisa ditanyakan langsung ke Anggie, yang kecilnya dihabiskan di Moskow. hehehe… (mau nanya tapi dia lagi gak OL!)

Dari survey kecil-kecilan di atas, dari 4 responden dan 1 calon responden tidak ada yang tahu bahasa lain dari sariawan, dan hanya satu orang yang menjawab maksa, yaitu “Hurt on Lips” apakah ini indikasi kalo sariawan hanya menyerang orang Indonesia yah??

Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan emang banyak banget, diantaranya yang terkenal dan masih bertahan di chart selama berminggu-minggu antara lain:

  1. Kekurangan Vitamin C. Semua orang yang pernah memakan bangku sekolahan akan menuduh Vitamin C sebagai kambing hitam penyebab sariawan itu.
  2. Luka Tergigit. Maksud tergigit disini adalah tergigitnya bagian mulut oleh gigi sendiri. Jadi kalo bagian mulut tergigit sama gigi anjing misalnya, itu tidak akan menyebabkan sariawan, melainkan rabies!
  3. Panas Dalam. Biasanya sariawan adalah bagian dari paket Panas Dalam yang tidak dijual terpisah. Sehingga ketika sariawan diikuti tenggorokan kering, susah buang air besar dan lain-lain. Walaupun namanya Panas Dalam, tidak akan turun panasnya jika mulut kita mangap di depan kipas angin, atau menelan bulat-bulat es batu yang masih dibawah nol derajat celcius.
  4. Kebersihan mulut tidak terjaga. Tidak menggosok gigi sebelum tidur, Tidak membuang sampah ke tempatnya melainkan ke mulut sendiri akan menyebabkan sariawan, selain itu juga berpotensi besar untuk kecoa atau bahkan tikus bersarang dimulut yang kotor itu.
  5. Tidak Suka Pedas. Banyak mitos (bukan permen yah) yang menyebutkan bahwa orang yang tidak suka makan sambal (termasuk Ridu) lebih rentan dan lebih sering terkena sariawan itu. Apakah karena cabe mengandung vitamin C? ataukah terasinya yang mengandung vitamin C? Setelah hal itu dicoba ternyata benar Ridu tidak sariawan melainkan mencret.

(hanya orang waras lah yang tidak percaya dengan fakta ini)

Obat Sariawan

Kalau kata Al-Quran, setiap penyakit pasti ada obatnya. Demikian juga sariawan, banyak banget lho obat sariawan di pasaran,

  • Tablet hisap vitamin C, yang dulu iklannya itu ada mba-mba penjaga tol terus kita minta obat itu tau-tau dikasih.. Aneh.. itu Tol apa apotek?
  • Obat kumur-kumur. Kalo yang ini rada males, soalnya cara pemakaiannya itu bekas kumurannya ditelan.
  • Minuman yang diseduh (biasanya belakangnya itu ada kata SARI), biasanya ada embel-embel komposisi vitamin C 1000mg gitu, tapi sayangnya mengandung gula buatan. Coba deh periksa komposisinya, sariawan sembuh, batuk datang.
  • Terus ada air putih yang harus dibeli perbotol, aneh deh, itu kaya bukan obat, berasa minum air putih biasa aja. Apa jangan-jangan itu air putih udah dikasih jampe-jampe lagi??
  • Obat Tetes, banyak juga jenis obat tetes sariawan, salah satunya yang Ridu pake yang ampuh adalah Albothyl.

Albothyl

Albothyl merupakan salah satu jenis obat tetes sariawan yang Ridu pake untuk menghajar kawah yang bertengger di daerah mulut ridu. Pertama emang perih abis, kaya semua penyakit itu ngumpul ke pusat sariawan sampe-sampe air mata berlinangan (Cocok banget buat artis yang mau memerankan adegan nangis, cukup bermodalkan sariawan trus ditetesin albothyl). Namun setelah itu kawah sariawan langsung memutih bak tipe x yang dituangkan ke pusat sariawan itu.

Dulu ketika pertama kali membeli Albothyl (setelah banyak temen yang rekomendasiin) sempet kaget, ketika baca lembar petunjuknya, bahwa Albothyl itu untuk keputihan vagina gitu (gak bermaksud ngomong jorok yah, ini istilah biologi, baca deh situs produsennya) takutnya salah netesin lagi,yang seharusnya buat itu malahan buat mulut. Tapi ternyata benar sodara-sodara kalo Albothyl itu emang bagus dan manjur untuk sariawan.

Oke demikian artikel sesat ini, sebelum pikiran Anda juga terserang sariawan, lebih baik baca situs sariawan.com atau mungkin mau lebih sesat lagi?? Baca Blog tetangga Ridu, yang sama-sama lagi menderita sariawan. Semoga cepet sembuh yah buat yang lagi sakit, apalagi yang sama-sama lagi sariawan kaya Ridu dan Imam.

    61 thoughts on “Sariawan

    1. Mungkin ada benarnya juga yang point 5 itu, saya gk suka pedas…dan sekalinya makan pedas, besoknya atau lusanya langsung sariawan. Belakangan sih nggak terlalu sering, tapi berbulan-bulan lalu bisa sebulan sekali, dan menyebalkan sekali. :debus:

    2. wEw.. artikel-a sungguh mencerahkan du’.. :cpd:
      kalo dt sih srg-a kena sariawan kalo kegigit gitu (poin 2)..

      btw, emang ridu calon dokter gigi yah?!! :ayuk2:

    3. gyahaha… artikel pembukanya gokil abis.
      btw, kalo aku ngobatin sariawan pake albhotyl tu malah tambah gede dia sariawannya. dan makin perih. apalagi kan ada tuh, obat tetes mata sariawan yang rasanya manis. dulu waktu kecil aku makan tu obat tetes sampe abis tanpa sepengetahuan si mamih, walhasil besok sariawannya jadi segede bagong. gyahaha… dasar geblek. :debus:

    4. banyak makan buah yang mengandung vitamin c,,,biar ga sariawan….Tapi kalo udah sariawan….biasanya gak bisa makan, mau ngomong juga males…..Sakit euy…

    5. Mana yang bener nih?

      a. Du,, klo ngeJUNK jangan SERIUS2..
      b. Du,, klo SERIUS jangan ngeJUNK2..
      c. Du,, klo sariawan jangan kejunk2.. :gila:
      d. Definisi Ridu tentang sariawan salah..

      *hayah koq jadi gw yang ngejunk* :cpd:

    6. wedew…keren abiz artikel km om, tp aku jd minder, aku masuk golongan yg mana ya ???
      *(hanya orang yang mau bunuh diri yang percaya dengan definisi ini)* >> aku 97,3289973457% percaya. tp q msh pgn ngisi comment diblog km :ngebor:

      ** (hanya orang waras lah yang tidak percaya dengan fakta ini) >> ni juga 86,409868884% aku percaya :gila:

      wah…gmn dunk ???
      :males:

    7. artikel yang sangat serius du! :cpd:
      gw jg lagi sariawan nih tapi gak gitu parah sih, biasanya makan vit c yang di isep gitu, manjur kok. kalo albothyl…lu emang aneh ya du????!!!! obat gitu dibilang manjur..tapi gak tau sih, blom pernah nyoba

    8. Wakakakaka
      Apanya yang serius?
      Jangan-jangan Albothyl itu, lo pake di “Anu” kamu lagi?
      Sory bro, gw baru bisa nyampah di blog lo, bCoz kemaren gw gak bisa buka blog lo.

    9. ga ada buat pencegahannya ya?
      hihiihih
      klo kata guruku dulu
      biar gak kena sariawan, banyak makan tape/peuyeum
      karena basgu uk memperbaiki mukosa saluran pencernaan

      Luthfi’s last blog post..Forum IPB

    10. hahaha, gw prnh sakit sariawan hampir seminggu!! sampe-sampe temen kampus bilang gw kurusan, yah gimana ga kurus?! ga bisa makaaan. cz sariawannya 2 di ujung bibir kanan. huhuhu.. akhirnya sembuh pake obat kumur ijo yang iklannya dibintangin sama duo ceriwis! hahaha! :yess: *promosi*

      putry’s last blog post..19th!

    11. hayoooo…makan buah yg banyak..jauhi stres…live happily aver after..(looh emangnya crita dongeng hehehe)..btw eniwei buswei…uda brp lama nih sariawannya?? cepet sembuh yeee.. ๐Ÿ˜‰

      theloebizz’s last blog post..S-M-S

    12. Tapi kata dokter yang pernah saya temui istilah panas dalam juga tidak ada dalam kamus kedokteran.
      Jangan-jangan istilah “panas dalam” cuma dibuat sama mereka yang buat iklan di layar kaca itu ya??

      piss yak!!
      antown.blogspot.com

      antown’s last blog post..Komunikasikan pada Komunikan

    13. Pingback: uejfdhxo
    14. Gw lagi sariawan, nyengir aja sakit bgt.
      Begitu baca artikel blog ini, ga nyadar gw ngakak2.
      Pas ngakak seyh lupa kl lagi sariawan, pas berenti ngakak nya baru deh berasa dirapel sakit nya.
      :nangis:

    15. Ridu, artikelnya gokil abizzz, :ayuk:
      aqu mau sharing buat temen-temen nih… :

      obatnya daun saga… rasanya amboi manis-manis wangur gitu, jangan nunggu sampai besar sariawannya. ada sedikiiit aja rasa nyeri langsung kumur-kumur atau minum air perasan daun saga, trus setiap 3 jam kumur-kumur pakai air perasan daun sirih merah.

      aqu biasanya sariawan jika abis makan pepaya, rambutan, duku, timun atau manggis. pasti gak lama setelahnya aku sariawan, kayanya getahnya tuh yang jadi biang kerok.juga yang jadi penyebab lainnya adalah camilan jenis chiki-chikian

    16. Kak , aq sring bgt nih sariawan ….
      Setiap sekali sariawan pasti bnyk bgt keluarna!!!
      terkadang sekaligus 3 truzz berdekatan lg !! gimn nih kak ???? blz ya . . . :bobo: :love:

    17. :yess: :tipi: :super2: :sombong: :charming: :egp: :gatau: :gemes: :gila: :ngebor: ๐Ÿ˜ฎ :joget: :kabur: :ayuk2: :bobo: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong:

    18. :musik: :kabur: :kabur: :yess: aku benarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr salahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh mampus looooooooooo :kabur: :kabur: :ayuk2: :ayuk2:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge