Sariawan

Udah lama juga nih gak bikin artikel yang serius, kebanyakan isinya curhatan yg gak jelas jugrugannya. Ok, sekarang Ridu mau bikin artikel yang serius, yaitu tentang Sariawan.

Sariawan berasal dari kata:

SA untuk kata Sakit. Sariawan adalah jenis penyakit, jadi sariawan itu bukan jenis sayuran, buah-buahan, atau bahkan ketela rambat. Sehingga sariawan dapat menimbulkan rasa sakit.

RI untuk kata duri. Tau donk yang namanya Duri, sebuah benda yang tajam yang bisa dijumpai pada tumbuhan, buah-buahan, atau bahkan ikan. Yang jelas Duri di sini bukan artis tahun 80-an yang lagu-lagunya itu disukai sama nyokap yang sampe tiap hari sebelum tidur tuh disetel melulu. Jadinya pas sariawan itu berasa ada sebuah benda tajam yang membuat rasa sakit.

AW. Adalah ekspresi seseorang ketika tiba-tiba dia merasakan kesakitan atau kepanasan, misalnya tiba-tiba ada yang nyubit gemes, saking gemesnya itu kulit sampe biru dibuatnya, sehingga si penderita akan otomatis menyebut kata Aw.. Sakit.. Karena kata Aw.. itu keluar dari mulut, maka sariawan itu menyerang yang namanya mulut.

AWAN. Udah pada tau kan yang namanya Awan?? Benda putih yang di atas langit. Kalo kata anak kecil zaman dulu tuh awan seputih kapas trus mereka pengen meraih lalu dibawa pulang deh. (Nostalgila Lagu TK) Karena awan itu lembut, maka sariawan itu menyerang mulut khususnya pada bagian yang lembut, bagian yang lembut di mulut antara lain: bibir, lidah dan gusi.

Jadi Sariawan adalah Sebuah penyakit yang menyerang bibir, lidah atau gusi yang menyebabkan rasa sakit dan perih bak tertusuk duri.

(hanya orang yang mau bunuh diri yang percaya dengan definisi ini)

Sariawan dalam Berbagai Bahasa

Berikut ini survey kecil-kecilan yang Ridu lakukan semenjak 2 tahun lalu kepada beberapa orang sampel terdekat.

Jerman: Waktu Ridu bertanya pada Dita (Asisten Labkom UBL 2006) yang sempat menghabiskan masa kecilnya di Cheko dan juga sekolah di Deutsch School, pada saat wawancara calon Asisten, Ridu bertanya bahasa Jermannya sariawan apa? Lalu dia berpikir dan menjawab: “Gak Tau”

Mesir: Ridu juga bertanya kepada Fathi (Asisten Labkom UBL 2006) yang merupakan belasteran Indonesia-Mesir (Ibunya orang Mesir) pada saat wawancara calon asisten juga, Bahasa Arabnya (atau bahasa Mesirnya) sariawan apa? dan dia menjawab: “Enggak Tau”

Swedia: Menurut Kak Diani (Alumni SMKN 20 Jkt tapi lupa angkatan 90 berapa gitu) yang sekarang berdomisili di Swedia, Ridu waktu itu nanya lewat YM, bahasa inggrisnya sariawan apa? (kebetulan di Swedia gak ada bahasa resminya) Dia menjawab : “Hurt on Lips mungkin??”

Filipina: Sewaktu terdampar di Filipina, Ridu dalam keadaan tidak Sariawan, Jadinya lupa mau nanya sama temen bahasa Tagalognya sariawan itu apa? jadinya gak dapet deh.. Hehehe..

Rusia: Sariawan menurut bahasa Rusia, yaitu bisa ditanyakan langsung ke Anggie, yang kecilnya dihabiskan di Moskow. hehehe… (mau nanya tapi dia lagi gak OL!)

Dari survey kecil-kecilan di atas, dari 4 responden dan 1 calon responden tidak ada yang tahu bahasa lain dari sariawan, dan hanya satu orang yang menjawab maksa, yaitu “Hurt on Lips” apakah ini indikasi kalo sariawan hanya menyerang orang Indonesia yah??

Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan emang banyak banget, diantaranya yang terkenal dan masih bertahan di chart selama berminggu-minggu antara lain:

  1. Kekurangan Vitamin C. Semua orang yang pernah memakan bangku sekolahan akan menuduh Vitamin C sebagai kambing hitam penyebab sariawan itu.
  2. Luka Tergigit. Maksud tergigit disini adalah tergigitnya bagian mulut oleh gigi sendiri. Jadi kalo bagian mulut tergigit sama gigi anjing misalnya, itu tidak akan menyebabkan sariawan, melainkan rabies!
  3. Panas Dalam. Biasanya sariawan adalah bagian dari paket Panas Dalam yang tidak dijual terpisah. Sehingga ketika sariawan diikuti tenggorokan kering, susah buang air besar dan lain-lain. Walaupun namanya Panas Dalam, tidak akan turun panasnya jika mulut kita mangap di depan kipas angin, atau menelan bulat-bulat es batu yang masih dibawah nol derajat celcius.
  4. Kebersihan mulut tidak terjaga. Tidak menggosok gigi sebelum tidur, Tidak membuang sampah ke tempatnya melainkan ke mulut sendiri akan menyebabkan sariawan, selain itu juga berpotensi besar untuk kecoa atau bahkan tikus bersarang dimulut yang kotor itu.
  5. Tidak Suka Pedas. Banyak mitos (bukan permen yah) yang menyebutkan bahwa orang yang tidak suka makan sambal (termasuk Ridu) lebih rentan dan lebih sering terkena sariawan itu. Apakah karena cabe mengandung vitamin C? ataukah terasinya yang mengandung vitamin C? Setelah hal itu dicoba ternyata benar Ridu tidak sariawan melainkan mencret.

(hanya orang waras lah yang tidak percaya dengan fakta ini)

Obat Sariawan

Kalau kata Al-Quran, setiap penyakit pasti ada obatnya. Demikian juga sariawan, banyak banget lho obat sariawan di pasaran,

  • Tablet hisap vitamin C, yang dulu iklannya itu ada mba-mba penjaga tol terus kita minta obat itu tau-tau dikasih.. Aneh.. itu Tol apa apotek?
  • Obat kumur-kumur. Kalo yang ini rada males, soalnya cara pemakaiannya itu bekas kumurannya ditelan.
  • Minuman yang diseduh (biasanya belakangnya itu ada kata SARI), biasanya ada embel-embel komposisi vitamin C 1000mg gitu, tapi sayangnya mengandung gula buatan. Coba deh periksa komposisinya, sariawan sembuh, batuk datang.
  • Terus ada air putih yang harus dibeli perbotol, aneh deh, itu kaya bukan obat, berasa minum air putih biasa aja. Apa jangan-jangan itu air putih udah dikasih jampe-jampe lagi??
  • Obat Tetes, banyak juga jenis obat tetes sariawan, salah satunya yang Ridu pake yang ampuh adalah Albothyl.

Albothyl

Albothyl merupakan salah satu jenis obat tetes sariawan yang Ridu pake untuk menghajar kawah yang bertengger di daerah mulut ridu. Pertama emang perih abis, kaya semua penyakit itu ngumpul ke pusat sariawan sampe-sampe air mata berlinangan (Cocok banget buat artis yang mau memerankan adegan nangis, cukup bermodalkan sariawan trus ditetesin albothyl). Namun setelah itu kawah sariawan langsung memutih bak tipe x yang dituangkan ke pusat sariawan itu.

Dulu ketika pertama kali membeli Albothyl (setelah banyak temen yang rekomendasiin) sempet kaget, ketika baca lembar petunjuknya, bahwa Albothyl itu untuk keputihan vagina gitu (gak bermaksud ngomong jorok yah, ini istilah biologi, baca deh situs produsennya) takutnya salah netesin lagi,yang seharusnya buat itu malahan buat mulut. Tapi ternyata benar sodara-sodara kalo Albothyl itu emang bagus dan manjur untuk sariawan.

Oke demikian artikel sesat ini, sebelum pikiran Anda juga terserang sariawan, lebih baik baca situs sariawan.com atau mungkin mau lebih sesat lagi?? Baca Blog tetangga Ridu, yang sama-sama lagi menderita sariawan. Semoga cepet sembuh yah buat yang lagi sakit, apalagi yang sama-sama lagi sariawan kaya Ridu dan Imam.

    60 Responses to “Sariawan”

    1. yorick says:

      Wah.. saya sering banget sakit sariawan..
      paling BT kalo udah sakit tenggorokan.. ngapain2 males :damn:

    2. Donny Reza says:

      Mungkin ada benarnya juga yang point 5 itu, saya gk suka pedas…dan sekalinya makan pedas, besoknya atau lusanya langsung sariawan. Belakangan sih nggak terlalu sering, tapi berbulan-bulan lalu bisa sebulan sekali, dan menyebalkan sekali. :debus:

    3. dEEt says:

      wEw.. artikel-a sungguh mencerahkan du’.. :cpd:
      kalo dt sih srg-a kena sariawan kalo kegigit gitu (poin 2)..

      btw, emang ridu calon dokter gigi yah?!! :ayuk2:

    4. pink says:

      gyahaha… artikel pembukanya gokil abis.
      btw, kalo aku ngobatin sariawan pake albhotyl tu malah tambah gede dia sariawannya. dan makin perih. apalagi kan ada tuh, obat tetes mata sariawan yang rasanya manis. dulu waktu kecil aku makan tu obat tetes sampe abis tanpa sepengetahuan si mamih, walhasil besok sariawannya jadi segede bagong. gyahaha… dasar geblek. :debus:

    5. ridhoyp says:

      KAlo bahasa batak nya, “Sakit kali mulut aku!” huehehh, :muter:

    6. ridhoyp says:

      KAlo bahasa batak nya, “Bah!!Sakit kali mulut aku!” huehehh, :muter:

    7. diyniy says:

      banyak makan buah yang mengandung vitamin c,,,biar ga sariawan….Tapi kalo udah sariawan….biasanya gak bisa makan, mau ngomong juga males…..Sakit euy…

    8. Anggie says:

      Bahasa Rusianya sariawan? “Ga tau”
      :P
      :muter:

      Anggie’s last blog post..Jasa mereka tak akan pernah kulupakan

    9. Anggie says:

      Ridu, sayah minta dengan sangadh… tolong emoticon favorit sayah (taukan? Yang :P itu) diaktifkan.hihihi…
      :P

      Anggie’s last blog post..Jasa mereka tak akan pernah kulupakan

    10. Saya baru tau ada hubungannya antara tidak suka pedas dengan sariawan. Soalnya temen aku suka banget nyambel tapi sariawan pasti langganan :gatau:

    11. ivo says:

      Mana yang bener nih?

      a. Du,, klo ngeJUNK jangan SERIUS2..
      b. Du,, klo SERIUS jangan ngeJUNK2..
      c. Du,, klo sariawan jangan kejunk2.. :gila:
      d. Definisi Ridu tentang sariawan salah..

      *hayah koq jadi gw yang ngejunk* :cpd:

    12. wow… ini postingan khas ridu, yak! mesti ingin serius, tapi ngocolnya muncul juga, hehehehe :lol: survey-nya mantab juga tuh. jadi ingat ketika pakek albothyl pertama kali. di bibir dan lidah rasanya melebihi orang kena strum, hehehehe ….

      sawali tuhusetya’s last blog post..Mereka adalah Anak-anak yang Memiliki Dunianya Sendiri

    13. moerz says:

      wahahah…
      kalau saya sariawan sembuhnya bisa 2 mingguan… :mampus:

    14. landy says:

      Ridu kebetulan gw lagi sariawan, pas banget , cuma gw kapok pake albothylgak cocok perih iye :(

    15. masmoemet says:

      wedew…keren abiz artikel km om, tp aku jd minder, aku masuk golongan yg mana ya ???
      *(hanya orang yang mau bunuh diri yang percaya dengan definisi ini)* >> aku 97,3289973457% percaya. tp q msh pgn ngisi comment diblog km :ngebor:

      ** (hanya orang waras lah yang tidak percaya dengan fakta ini) >> ni juga 86,409868884% aku percaya :gila:

      wah…gmn dunk ???
      :males:

    16. suci says:

      artikel yang sangat serius du! :cpd:
      gw jg lagi sariawan nih tapi gak gitu parah sih, biasanya makan vit c yang di isep gitu, manjur kok. kalo albothyl…lu emang aneh ya du????!!!! obat gitu dibilang manjur..tapi gak tau sih, blom pernah nyoba

    17. waterbomm says:

      met sembuh!! *tos agh* 1 penderitaan :D :tendang: :tendang: :tendang:

    18. aLe says:

      lha ini aLe sedang sariawan :nyerah:

      btw, singkatannya keren, tp itu uda ada AWAn kok ya maksa nambahin AW :kembar:

    19. cempluk says:

      skrg cempluk sariawan…basa suroboyo an nya sariawan itu “GOMEN” mas..hehehe..

    20. ridhocyber says:

      kok semua di tanyakan ke orang du?

      kalo bahasa jawanya sariawan apa du?

      hayo tebak!!!! :gemes:

      ridhocyber’s last blog post..Pemadaman Listrik Jawa dan Bali

    21. dodot says:

      duh dodot juga nggak tau sariawan bahasa minang nya apa? :super2:

      :charming: :charming: :charming:

    22. Yari NK says:

      Dalam kasus beberapa orang yang gusi atau dinding mulutnya hipersensitif, kebanyakan vitamin C juga justru menyebabkan sariawan juga karena asam dalam vitamin C tersebut sedikit membuat mulut dan gusi teriritasi……..

      Yari NK’s last blog post..Nama-Nama Tempat Terpanjang di Dunia

    23. ojat says:

      pake getah jarak aja du..dijamin, sakit ahhahhaha :nangis:

    24. deniar says:

      Wah abotil tuh mantep banget buat ngilangin sariawan.

    25. kemareng baru ajah kena, tapi sembuh sendiri… :super2: :super2: :super2: :super2: :super2: :super2: :super2: :super2:

    26. Cynanthia says:

      Saya baru sembuh dari sariawan, hehehe :P

    27. Ozan says:

      Artikel yang sangat serius, saking serius baca akhirnya :damn: :damn: :damn: :debus: hehehe

      Ozan’s last blog post..Sial, Salah Kirim

    28. tantan says:

      wow, kopas habis tentang sariawan. btw, thanks artikelnya ;)

    29. Tuan Tanah says:

      Wakakakaka
      Apanya yang serius?
      Jangan-jangan Albothyl itu, lo pake di “Anu” kamu lagi?
      Sory bro, gw baru bisa nyampah di blog lo, bCoz kemaren gw gak bisa buka blog lo.

    30. phiy says:

      saya jarang sariawan,
      tapi kalo sariawan di usus sering :D

      Obatnya apa yak.. :nangis:

    31. tehaha says:

      klo sariawan aku benci kali du..
      klo saktiawan itu idola aku.. :P
      ga nyambung ya..

    32. kenji says:

      udah lama ane ga sariawan :love:

    33. ogi says:

      waw, paragraph kedua ketiga, kirain serius beneran, eee ternyataaa

      ogi’s last blog post..Klasifikasi Manusia

    34. little_star says:

      waduh panjang juga yah penjelasnya :D
      sariawan emang ngebetein bgt :nangis:

      little_star’s last blog post..Film Ayat-Ayat Cinta

    35. jimmy says:

      saya koq kalo kebanyakan makan jeruk suka jadi sariawan ya? padahal itu kan vitamin c..

      jimmy’s last blog post..Beres juga pindahan

    36. Ha ha bisa-bisa aja … tapi, bisa benar lho. Mana tahu he he

    37. Riyogarta says:

      Oooooh begitu … :damn:

      Riyogarta’s last blog post..Cloverfield

    38. Luthfi says:

      ga ada buat pencegahannya ya?
      hihiihih
      klo kata guruku dulu
      biar gak kena sariawan, banyak makan tape/peuyeum
      karena basgu uk memperbaiki mukosa saluran pencernaan

      Luthfi’s last blog post..Forum IPB

    39. achoey says:

      Kreatif dan ilmiah

      achoey’s last blog post..Berubahlah, Jadilah Manusia Seutuhnya!

    40. Aaron says:

      Haha.. Definisinya kreatif juga.. :charming:

      Aaron’s last blog post..Cyber Love

    41. putry says:

      hahaha, gw prnh sakit sariawan hampir seminggu!! sampe-sampe temen kampus bilang gw kurusan, yah gimana ga kurus?! ga bisa makaaan. cz sariawannya 2 di ujung bibir kanan. huhuhu.. akhirnya sembuh pake obat kumur ijo yang iklannya dibintangin sama duo ceriwis! hahaha! :yess: *promosi*

      putry’s last blog post..19th!

    42. Markus says:

      pembahasan yang cukup mendalam.. wekekeke

      Markus’s last blog post..gOS: Good OS for Google Enthusiast

    43. Edi Psw says:

      Stress juga bisa menyebabkan sariawan, Mas.
      Katanya sih…

    44. theloebizz says:

      hayoooo…makan buah yg banyak..jauhi stres…live happily aver after..(looh emangnya crita dongeng hehehe)..btw eniwei buswei…uda brp lama nih sariawannya?? cepet sembuh yeee.. ;)

      theloebizz’s last blog post..S-M-S

    45. Nazieb says:

      Pernah denger pengidap diabetes kena sariawan satu mulut?

      Wew, gimana rasanya yah?
      :debus:

      Nazieb’s last blog post..Breaking the Rule

    46. antown says:

      Tapi kata dokter yang pernah saya temui istilah panas dalam juga tidak ada dalam kamus kedokteran.
      Jangan-jangan istilah “panas dalam” cuma dibuat sama mereka yang buat iklan di layar kaca itu ya??

      piss yak!!
      antown.blogspot.com

      antown’s last blog post..Komunikasikan pada Komunikan

    47. fisto says:

      sariawan = sari + awan…
      sari = essence
      awan = cloud
      jadi sariawan = essence of the cloud

      fisto’s last blog post..saya bukan rahard

    48. Annie says:

      :cpd:
      Hua..ha…ha…. Annie baca ini, ngakak abis…
      Biarpun ngaco tapi tetep membantu penderita sariawan

      Annie’s last blog post..Humor

    49. uejfdhxo says:

      uejfdhxo…

      uejfdhxo…

    50. rogachev says:

      Gw lagi sariawan, nyengir aja sakit bgt.
      Begitu baca artikel blog ini, ga nyadar gw ngakak2.
      Pas ngakak seyh lupa kl lagi sariawan, pas berenti ngakak nya baru deh berasa dirapel sakit nya.
      :nangis:

    51. harina ambar says:

      aq sering banget sariawan, sampe ada yang bilang kalo sariawan itu ada hubungannya sama penyakit leukimia…….hi q jadi takut : :gatau:

    52. verina says:

      Ridu, artikelnya gokil abizzz, :ayuk:
      aqu mau sharing buat temen-temen nih… :

      obatnya daun saga… rasanya amboi manis-manis wangur gitu, jangan nunggu sampai besar sariawannya. ada sedikiiit aja rasa nyeri langsung kumur-kumur atau minum air perasan daun saga, trus setiap 3 jam kumur-kumur pakai air perasan daun sirih merah.

      aqu biasanya sariawan jika abis makan pepaya, rambutan, duku, timun atau manggis. pasti gak lama setelahnya aku sariawan, kayanya getahnya tuh yang jadi biang kerok.juga yang jadi penyebab lainnya adalah camilan jenis chiki-chikian

    53. Myra . Wirawan says:

      Kak , aq sring bgt nih sariawan ….
      Setiap sekali sariawan pasti bnyk bgt keluarna!!!
      terkadang sekaligus 3 truzz berdekatan lg !! gimn nih kak ???? blz ya . . . :bobo: :love:

    54. Myra . Wirawan says:

      Duhhh !! aq lg menderita nih !! sariawanku sakit bgtzzzz !!! :o :super2: ;-)

    55. Bieb says:

      definisi yang gila namun masuk akal. hahahaha. Btw…loe ga lagi masarin produk itu kan du??? :egp:

    56. taufiq says:

      :yess: benarrrrrrrrrrrrrrrrrrr salahhhhhhhhhhhhhhh bodoh klen semuah wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    57. taufiq says:

      :yess: :tipi: :super2: :sombong: :charming: :egp: :gatau: :gemes: :gila: :ngebor: :o :joget: :kabur: :ayuk2: :bobo: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :| :| :| :| :| ;-) ;-) ;-) ;-) ;-) ;-) :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :yess: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong: :sombong:

    58. taufiq says:

      :musik: :kabur: :kabur: :yess: aku benarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr salahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh mampus looooooooooo :kabur: :kabur: :ayuk2: :ayuk2:

    59. taufiq says:

      :cpd: :cpd: :cpd: wirawan keluar aja kasihannnnnnnn :cpd: :cpd: :cpd: :cpd:

    Leave a Reply

    CommentLuv badge