Survey Tawa Warga Jakarta

Diilhami saudara tuanya, Reader’s Digest Inggris, yang mengadakan survei tawa di sejumlah kota di negara tersebut, tim kecil Reader’s Digest Indonesia melakukan survei di seputaran ibu kota, demi mencari tahu kadar selera humor warga Jakarta. Mau tau hasilnya mari kita simak sama-sama.

Survey tawa RDI

Sebelumnya maaf kalau-kalau postingan ini sudah rada-rada basi, soalnya ini sudah jadi draft dari bulan Januari yg lalu, dan baru sempet dipublis sekarang.

  • Langkah awal, tim RDI memancing responden dengan pertanyaan: Apakah Anda stres? Mayoritas menjawab, iya. Dan kurang dari 10% menjawab tidak, dan 5% menjawab tidak tahu.
  • Lalu pertanyaan beranjak ke pertanyaan kedua, yaitu penyebab utama stres. Sudah bisa ketebak kalau penyebab utama stres para responden adalah kemacetan Jakarta yang semakin gokil sehingga 85% responden menyatakan demikian. Lalu 5% menjawab tekanan pekerjaan yang membuat mereka stres, dan 10% mejawab secara beragam, dari masalah keuangan, asmara, urusan rumah tangga, harga sembako. Bahkan ada seorang responden yang menjawab, semua aspek yang ada di Jakarta menimbulkan stres! (wah parah banget kalo gitu yah!!)

Wew.. ternyata kemacetan merupakan alasan nomor pertama penyebab stres warga Jakarta, lalu apa saja sih yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Nonton film –mulai dari yang komedi sampai romantis– terus juga mendengarkan musik yang termasuk beberapa jawaban terpopuler. Namun nongkrong bareng teman-teman menduduki peringkat teratas.

Nongkrong bareng teman bisa membantu mengurangi stres, walaupun gak ada niatan untuk melawak tapi sering kali banyak yang lucu. Ujar seorang responden. Namun ada juga yang sengaja ngumpul bareng temen semata-mata untuk bercanda.

Ada juga responden yang berkata bahwa sumber kelucuan bisa dateng dari mana aja, “Dari pengalaman teman, misalnya saat dia dimarahi bos, ternyata resleting cenala bos belum ditutup. atau kejadian yang menyebalkan, tapi kok kalau diceritain malahan jadi lucu”

Dari beberapa jawaban responden sedikit banyak menrefleksikan pendapat responden bahwa humor adalah salah satu cara jitu mengatasi stres, Sehingga 98% responden mengaku mereka kerap menggunakan humor untuk melepaskan diri dari stres.

Namun demikian ketika diminta untuk menceritakan humor atau lawakan andalan mereka, ternyata 35% responden tidak dapat menjawab, dan sekitar 15% berusaha menyampaikan humor mereka, namun gagal menyelesaikannya, lantaran lupa kelanjutannya, atau gak pede, akibatnya gantung deh. Namun ucapan selamat harus diberikan kepada 50% sisanya, dimana mereka dapat dengan mulus menyampaikan homor mereka.

Nah kalau dikaji lagi nih, dari 50% diatas, sekitar 35 persennya memilih menyampaikan humor tebak-tebakan, dan sisanya cerita humor rekaan, baik yang bersifat umum, kedaerahan, maupun yang menyenggol percaturan politik dalam negeri.

Wew.. berarti tinggi juga yah selera humor warga Jakarta, pokoknya di bonus RDI kali ini dikupas abis yang namanya humor. Dan tidak ketinggalan juga kumpulan humor-humor, baik berupa tebak-tebakan, maupun cerita humor.

Salah satu contoh humor yang lucu abis yang Ridu temukan di bonus RDI ini adalah:

Mantan Presiden Megawati melakukan roadshow. beliau menyempatkan berbincang-bincang dengan massa pendukungnya.
Dalam pemilu kemarin, kalian salah coblos lantaran terpesona kegantengannya. Di pilpres 2009 nanti, jangan salah pilih. Pilih yang cantik ya!” ujar Megawati.
Iya, Bu!” Jawab massa.
Beberapa tahun kemudian usai pilpres 2009..
Mari kita sambut, Ibu Presiden kita yang baru..” ujar Mensesneg.
Selamat datang Ibu Luna Maya yang cantik…!” ujar rakyat.

Dan masih banyak humor-humor lucu lainnya. Bagi yang pengen baca lebih lengkap isi dari Bonus RDI tentang Survei Tawa Warga Jakarta ini, bisa download di sini.

Reader's Digest Indonesia

    40 thoughts on “Survey Tawa Warga Jakarta

    1. ngeblog adalah salah satu obat stress yang manjur. Saya tidak kebagian survey, tapi saat ini saya lagi tidak stress. Ga tau ntar kalo pas dikejar deadline :ayuk:

    2. Huahahaha.. seger juga joke Luna Maya-nya..
      Oya, ada suatu survey ttg tingkat kebahagiaan warga kota2 di Indo (saya lupa URLnya). Peringkat 1 adalah semarang. Jakarta kalo ga salah peringkat 5. :kembar:

    3. @Nazieb; ya tinggal diganti atuh ceritanya, dari luna maya ke Dian sastro

      @mr. bambang; setujuh!! ngeblog emang mujarab abis buat ngilang stress!

      @ojat; jah.. pengennya siy jat kek gitu… tapi kendaraan dia apa buat jadi presiden??

      @Jiewa; hihihi.. warga jakarta emang jarang yang bahagia.. yg ada mah pada stress

      @Eka; hihihi.. namanya juga ringkasan (lho dimana2 ringkasan mah pendek yak??)

    4. mengenai responden yang menjawab kemacetan sebagai sumber stress, menurut bina, mereka seharusnya udah mule sadar.(waduh sok ngatur!!) Kemacetan dijalan diakibatkan karena penggunaan kendaraan pribadi yg sudah tidak bisa si bendung.(mentang2 orang sipil..) Coba gunakan fasilitas umum yg coba disiapkan pemerintah seprti busway, monorail, subway(yg masih dalam perencanaan..tau selese kapan!)kereta gantung, odong2 dan lain2..hehe.. :ngiler: :konslet:

      :love: :love: :love: :love: :love: :love:

    5. udah lah, di-demolish aja kota jakarta.. bikin baru yang lebih oke n gak bikin stress.. (serasa main sim-city)..

      mas ridu termasuk yang stress?

    6. @Bina; Lho kok odong2? wakkakkaka…

      @ridhocyber; wew.. ide bagus tuh kalo jogja disurvey selera humornya, selain selera makannya hihihi… (abisnya makanannya enak2 bgt)

      @azkaa; Si Gubernur kumisnya juga ikutan di-demolish gak?? hah stress?? mayan juga siy .. :ngiler:

    7. sayang, kita gak tau ada berapa orang yang mengikuti survei tersebut. Jadi menurut saya survei ini gak bisa dijadiin tolak ukur kalo masyarakat jakarta itu suka humor.
      walaupun begitu saya suka dengan humor luna maya. Gimana ya kalo mukanya megawati mirip luna maya?

    8. @LieZMaya; wew.. jadi korban banjir juga tho??

      @DonnyReza; Jakarta, kota sejuta masalah, oh iya juga yah? mungkin cepot itu simbol dari kelucuan aja!!

      @Adis; hiih.. emang ini edisi Januari yang lalu, tapi ridu baru sempet publish sekarang..

      @Hair; wew.. seengak2nya tim RDI udah menghitung berapa sample yang akan dipakai dalam survei ini! Yup setuju kalo Presidennya Luna Maya

      @Landy; jah.. ntar kapan2 gw ajarin deh.. skarang gw lagi sibuk sama persiapan try out sma

      @massives; sialan!! :tendang:

    9. kemacetan itu terjadi karena apa? jumlah mobil dan motor yg melebihi kapasitas jalan. artinya? rakyat sudah kaya karena sudah pada bisa beli mobil semua. anak SMA aja dah bawa mobil kok. hebat!!!

    10. wah, makin stres aja orang jakarta yah! hahahahahaha.. untung istri saya antipati ama jakarta.. so, gak jadi deh menetap di sana.. bye jakarta.. Surabaya, i’ coming…hahahaha

    11. @det; wew.. nampaknya kekayaan tidak merata kesemua rakiat!

      @gempur; wah.. mo pindah ke Surabaya toh?? sip! tapi kalo gak salah, si surabaya gak jauh beda sama si jakarta

      @edy; jah.. :love:

    12. @isnuansa; waw… :love:

      @Ghatel; kalo gitu pernah dikecewakan sama wanita yak?? hihihi..

      @jimmy; sip.. semoga rekuesannya terkabul yah..

    13. saya kalo ngilangin stress dengan nonton film… :tipi:

      ah…ada lagi…

      nendangin sepatu orang. biasanya ini terjadi kalo lagi pusing pas meeting… :males:

    14. Beberapa tahun kemudian usai pilpres 2009..
      “Mari kita sambut, Ibu Presiden kita yang baru..” ujar Mensesneg.
      “Selamat datang Ibu Luna Maya yang cantik…!” ujar rakyat.

      wakakakaka 😆 ini lebih lucu daripada dagelannya almarhum basiyo dari yogya tahun 70-an, hiks. ndak ngebayangin deh wajah bu mega di tahun 2009, hehehehe …

    15. @adit-nya niez; WEw.. semangat!!

      @Hoek Soegirang; weleh?? siapah ituwh anjasmarah??

      @cK; nice idea!

      @sawali tuhusetya; wedew.. pasti itu adalah tokoh lawak zaman dulu yah pak??

    16. @zakiyah; betul bgt tuh mba.. bahkan jadi objek buat promosi, padahal gak nyambung sama produk yg ditawarkan..

      @Riyogarta; wakkaka.. ridu juga setujuh abis!!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    CommentLuv badge