Mimpi : Daylight Saving Time

Semalem Ridu mimpi, jadi waktu mimpi itu Ridu balik ke masa putih abu-abu dulu, tepatnya lagi pelajaran Matematika, materi yang diajarkan adalah mengenai Jam, gak tau ini mimpinya yg ngaco atau gimana, perasaan materi Jam itu diajarin waktu SD deh. Nah ketika guru selesai menjelaskan materi mengenai Jam, dengan penuh semangatnya saya bertanya kepada guru tersebut, kebetulan di mimpi saya yang mengajar adalah Ibu-ibu. Pertanyaannya seperti ini:

Bu saya mau tanya, kalo di Indonesia itu kan terbagi dalam 3 zona waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT, nah kalo di Amerika kan juga terbagi atas beberapa zona waktu yang berbeda-beda, tapi mereka itu terletak di kawasan non tropis alias bukan di daerah khatulistiwa, sedangkan kita tahu bahwa Bumi miring +/- 20 derajat, jadi terdapat perbedaan waktu antara siang dan malam pada musim-musim tertentu, ada saat dimana malam lebih panjang daripada siang dan sebaliknya.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah ada pengaruh dari Day Light Saving Time terhadap jam kita, mengingat pada musim tertentu siang lebih panjang dan sebaliknya.

Ya, pertanyaannya kurang lebih seperti itu, agak ngaco emang pertanyaannya, maklum itu pertanyaan dari alam bawah sadar saya! heheeā€¦. tapi ketika saya mengajukan pertanyaan itu, teman sekelas saya pada semangat dan manggut-manggut seolah-olah mereka sangat tertarik dengan pertanyaan yang saya ajukan kepada ibu guru itu. Namun ibu guru seolah menunda untuk menjawab pertanyaan saya, lalu tiba-tiba bel istirahat berbunyi, udah kaya sinetron aja deh, kaya ada skenarionya gitu. Dan mimpi itu terus berlanjut pada pelajaran yang lain dan sampai akhirnya saya terbangun dari mimpi itu.

Pagi-pagi setelah sampai kampus, saya langsung cari yang namanya Day Light Saving Time. Emang agak awam juga istilah ini. Tapi istilah ini bisa kita temui di Handphone, pada pengaturan waktu. Dulu saya tidak mengerti apa sih Day Light Saving Time, langsung deh cari ke Google. (bisa dipilih deh artikel yang menjelaskan lebih detil tentang DST ini)

Jadi intinya (sekaligus menjawab pertanyaan di mimpi saya tadi) Day Light Saving Time adalah kegiatan memajukan 1 jam kita pada saat awal musim panas. dan kemudian memundurkan 1 jam kembali ke posisi awal pada saat akhir musim gugur. DST ini digunakan untuk menghemat penggunaan energi listrik. Pengaruhnya adalah pada saat DST, kita seolah kehilangan 1 jam kita, Namun ketika musim panas selesai, maka kita akan mendapatkan hadiah 1 jam kita yang semula hilang.

DST dimulai pada pukul 2 pagi (2.00 am) di Minggu kedua bulan Maret dan berakhir pukul 2 pagi di Minggu terakhir bulan Oktober atau Minggu pertama bulan November. Pada tahun 2007, di Amerika DST dimulai pada tanggal 11 Maret 2007 dan berakhir tanggal 4 November 2007. Teknisnya biar gak bingung bisa dilihat dari simulasi transisi waktu di bawah ini (gambar dikebet dari sini).

DST Start
Memajukan waktu 1 jam pada saat DST dimulai

DST Ends
Memundurkan waktu 1 jam pada saat DST berakhir

Ternyata di acara Greetings From America yang disiarkan radio Prambors, ngebahas juga masalah DST ini, ada pengalaman dari salah satu kawula muda yg kuliah di Amerika yang ketika DST berlaku, dia lupa memajukan 1 jam pada jam nya sehingga dia datang ke kampus telat 1 jam, karena dia pikir sekarang masih jam 8 pagi, padahal sekarang sudah jam 9, mengingat dimajukan 1 jam tadi.

Untungnya DST ini tidak berlaku di negara tropis seperti Indonesia kita tercinta ini, sehingga tidak membuat kita repot atau kebingungan dengan memajukan atau memundurkan jam kita, pagi-pagi buta lagi dimajukannya! males kan.

    One Response to “Mimpi : Daylight Saving Time”

    1. achoey says:

      Enak banget ya jadi orang Indonesia.
      G ada DST pun kita masih bisa telat 1 jam.
      Dan itu masih dinggap lumrah.

      achoey’s last blog post..Tanggalkan Pakaian Itu

    Leave a Reply

    CommentLuv badge