Penebangan Pohon di Jalan

Ditengah berlangsungnya UNCCC (United Nations Climate Change Conference) dari tanggal 3-14 Desember 2007 di Nusa Dua – Bali, dan semakin gemparnya kampanye-kampanye atas dampak buruk dari Global Warming, serta ditetapkannya program menanam 10 Juta pohon oleh Presiden, tidak membuat tindakan penebangan pohon berkurang. Hari ini di Jalan menuju kampus terjadi kemacetan dari mulai Cipulir sampai depan IEC dekat BNI, kemacetan itu benar-benar macet total alias tidak bergerak sama sekali. Ternyata penyebabnya adalah ada Penebangan pohon di Jalan tersebut.


Sedikitnya 2 pohon berhasil ditebang di lokasi ini

Penebangan pohon ini memberikan dampak buruk baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jangka pendeknya yaitu terjadinya kemacetan di sepanjang jalan. Karena penebangan dilakukan pada siang hari atau jam kerja. Sehingga mengganggu lalu lintas dan menghambat mobilitas pengguna jalan. Jangka panjangnya adalah tentu saja membuat suhu udara Jakarta menjadi semakin panas dan mendorong terjadinya Global Warming, bencana yang sedang dibicarakan oleh seluruh umat manusia.

Tidak tahu mengapa penebangan ini dilakukan dan siapa yang melatarbelakangi penebangan pohon di jalan ini. Pihak manakah yang akan bertanggung jawab? Semoga tidak lagi terjadi penebangan pohon khususnya di Jakarta yang semakin panas ini.

Make Green Not War

    Leave a Reply

    CommentLuv badge