Hack Latihan Excel Warren Reeve Fess Accounting

Warren Reeve FessSaat-saat kepepet terkadang membuat orang berpikir lebih kreatif dari biasanya. Kejadian ini terjadi kepada saya, ketika dapat tugas dari dosen dan harus dikumpulkan besok sedangkan besoknya UAS, membuat saya pusing dalam menentukan prioritas, apakah mengerjakan tugas ataukah belajar untuk besok UAS. Prioritas utamapun jatuh kpd Mengerjakan tugas terlebih dahulu dengan target selesai sampai 2 jam, tapi sudah 4 jam tugas itu belum selesai karena masih stuck bingung dengan materinya sehingga membuat saya putus asa, dan saya langsung keluarkan jurus Paman Google. dan akhirnya selesai deh tugas itu gak sampe 10 menit mengerjakan.

Karena file yang saya kerjakan mengandung formula yang apabila jawaban kita benar, maka akan ada indikator dalam file tersebut, dalam file ini apabila jawaban salah, maka disamping jawaban akan timbul tanda bintang ().

Berikut ini akan saya paparkan selangkah demi selangkah caranya:

  1. Download salah satu latihan dari buku Warren Reeve Fess yang ada di www.swlearning.com, dalam contoh ini saya mendownload latihan Problem 16-1A yang membahas tentang Cash Flow.Download Finished
  2. Setelah selesai buka file excel yang sudah di download tadi. Coba cek, pasti akan banyak menu yang tidak bisa diakses karena file ini sudah diprotect password dari sumbernya.
  3. Cell yang terletak di samping cell jawaban terdapat formula yang diprotect, contohnya pada cell I11 terdapat formula yang mengindikasikan apakah jawaban pada H11 benar atau tidak. apabila pada cell H11 kita mengisi angka 0, maka pada cell I11 akan timbul tanda bintang () yang berarti jawaban kita salah.
  4. Untuk mengetahui isi dari formula itu, maka kita perlu meng-unprotect file excel tsb dgn cara mendownload file excel password remover yang bisa di download di http://www.straxx.com/excel/password.html
  5. Setelah di download, klik Tools > Add-Ins > Browse pada direktori dimana hasil download-an excel password remover disimpan, lalu klik OK. dan muncul tanda seperti dibawah ini yang berarti aplikasi tersebut sudah diaktifkan.remover
  6. Setelah itu klik Tools > Unprotect Sheet dan akan muncul penghitung waktu di sudut kiri bawah excel yang menandakan bahwa aplikasi tersebut sedang berjalan. Tunggu beberapa saat sampai selesai.tools
  7. Dan setelah selesai, akan muncul pesan seperti ini, yang berarti password pada worksheet tersebut sudah dihilangkan.selesai
  8. Kejutan… kita bisa melihat formula yang terdapat pada cell I11 dan cell-cell lain yang berada disamping cell yang kita isi jawabannya.
  9. Pada cell I11 tampak formula =IF(OR(H11="";H11=sol!H11);"";"") yang berarti apabila cell H11="" atau H11=sol!H11), maka "", jika tidak, maka tampil bintang ().
  10. Disitu jelas bahwa jawaban dari cell H11 adalah =sol!H11 yang hasilnya akan tampak $180.600 dan begitu seterusnya berlaku untuk semua cell.

Ya begitulah kira-kira langkah2nya. Sebenarnya jawaban itu ada pada worksheet yang di-hiden yang bernama sol!, sampai tutorial ini ditulis, saya belum menemukan cara untuk unhide worksheet.

Semoga toturial ini  

    Leave a Reply

    CommentLuv badge