Oleh-Oleh Khas Jakarta

DKI JAKARTA

Pernah gak kepikiran sewaktu kita hendak pergi ke kampung halaman (mudik) atau ke kota lain untuk berkunjung ke tempat saudara dan handai taulan kita mempersiapkan oleh-oleh untuk orang yang kita kunjungi nanti?

Atau setelah kita berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata atau tempat lain, kita membawa sesuatu untuk orang-orang di rumah kita? 

Pasti semua orang akan mempersiapkan hal yang satu itu, oleh-oleh. Masing-masing orang berbeda-beda dalam mengartikan seberapa pentingnya oleh-oleh. Ada yang gak akan pergi dulu kalau belum membawa oleh-oleh atau bahkan tidak akan pergi jika tidak membawa oleh-oleh karena takut mengecewakan orang yang akan kita kunjungi. Tapi ada juga yang menganggap bahwa oleh-oleh itu bukan merupakan prioritas utama, jadi tergantung rejeki yang kita dapatkan.

Tiap daerah mempunyai oleh-oleh yang khas sehingga ditiap daerah mempunyai oleh-oleh yang berbeda-beda. Seperti oleh-oleh khas Bandung adalah Peuyeum, oleh-oleh khas Yogyakarta adalah Bakpia, kalo khas Semarang adalah Lumpia atau Bandeng Presto. Tapi bagaimana dengan oleh-oleh khas Jakarta?

Saya juga bingung oleh-oleh yang cocok dari Jakarta apa ya? Sebenarnya banyak sekali makanan khas Jakarta, seperti : Kerak Telor, Roti Buaya, Kue Putu, Laksa Pesisir, Gado-gado, Soto Betawi, dll. Tapi apakah kita akan membawa Gado-gado, Kerak Telor, Roti Buaya untuk oleh-oleh?

Kerak Telor sebagai makanan khas dari Jakarta
 

Sebagai alternatif pilihan, saya biasanya kalau pulang kampung saya membawa makanan yang tidak ada di kampung saya, tidak peduli apakah itu khas Jakarta atau bukan. Seperti buah-buahan yang jarang, atau makanan modern (fast food) yang kebetulan tidak ada di kampung saya, seperti Pizza, Dunk** Donut, dsb. Jadinya ada kesan unik bagi orang yang menerimanya.

Tapi bagaimana kalau kampung kita juga merupakan kota besar yang banyak terdapat fast food dan tersedia segala jenis makanan dan buah-buahan? Alternatif selanjutnya adalah kita membuat makanan khas kita sendiri, yang saudara-saudara kita sudah mengenal bahwa kita piawai sekali dalam membuat makanan tersebut, seperti kue-kue atau makanan yang lain.

Yah pada akhirnya setiap orang akan berbeda-beda dalam menangani masalah ini. Mungkin bagi temen-temen yang punya ide bagus, bisa di-share kpd ridu? 

    11 Responses to “Oleh-Oleh Khas Jakarta”

    1. Irvan says:

      Oleh oleh Jakarta? Bagaimana kalau mulai sekarang jadikan Makaroni Panggang MANTA Baked Macaroni & Cheese sebagai oleh oleh Jakarta yang spesial untuk orang yang spesial? Selain rasanya yang mewah, kemasan yang hygienis, praktis dan menarik serta paperbag yang exclusive.. menjadikan oleh oleh anda tak terlupakan! Untuk pemesanan minimal 2 loyang, kami antar ke tempat yang anda minta Free Of Charge (Wilayah tertentu di Jakarta, dsk) :ayuk2:

      • mahdi says:

        @Irvan,
        Itu makanan kering atau basah
        harganya berapa?
        Tolong info/call di 08123288393
        Saya saat ini tinggal di hotel ibis arcadia jl. kh.wahid hasyim tapi hari selasa udah check out

    2. Irvan says:

      Oh ya, klik nama saya di atas langsung saya ajak websitenya ya…. :tipi:

    3. sartono says:

      lah kalau masakan kampung yang diibukota sudah ada tuh coba berkunjung ke Bekasi, ada Angkringan Ki Asem dengan 8 outletnya yang sudah difranchisekan

    4. online says:

      membaca seluruh blog, cukup bagus

    5. christian says:

      UKM “ CHINTA RASA “
      Home industry kripik kentang
      Cikajang – Garut – Jawabarat
      Mencari agen pemasaran untuk keripik kentang produk kami.
      Keripik kentang matang :
      – Rasa original
      – Rasa keju
      – Rasa ayam panggang
      – Rasa pizza
      – Rasa barbeque
      Harga :
      1 bal= 5 kg x Rp. 47.000 = Rp 235.000
      1 kg = Rp. 47.000
      2 ons = Rp. 11.000

      1 ons = Rp.6.000
      packaging menggunakan plastik transparan jenis pp10 kedap udara,sudah tertera tanggal kadaluarsa
      Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
      Ongkos kirim di tanggung pemesan.
      Hub.bagian pemasaran.
      CHRISTIAN
      Telp. 081320648018 atau
      E-mail : Christian.heryadi@ gmail
      http://Rengganisco.indonetwork.co.id
      Facebook:chrisian heryadi
      keripikkentang2blog.jpg :cpd:

    6. Oleh-oleh dari Jakarta jangan pusing lagi deh…. sekarang ada kaos Lutuna-Jakarta, kaosnya lucu2 dan semua khas banget, unik dan keren…. coba liat di http://www.lutuna.com atau facebook: “Lutuna Jakarta”

      :gila:

    7. Mira Narulita says:

      Dear Temans,
      Kalo perlu oleh-oleh khas Jakarta, bisa coba rengginang buatanku…enak dan ngga malu-maluin..hehe..50 pcs @ Rp. 15.000. Minimal pemesanan 3 pack, akan diantar.
      Silahkan hubungi saya di no hp. 0857 82496338.
      Terima kasih.

    8. The Jampang says:

      Satu lagi sebagai alternatip oleh-oleh yang bisa dibawa ke luar Jakarta, untuk keluarga, teman, kerabat, musuh biar jadi temen :kembar: , orang yg jahat biar jadi baik :yess: .. intip aja http://www.thejampang.com :) , Salam “The Jampang” kaosnya Jakarta :|

    9. Sekarang sudah ada oleh-oleh khas jakarta untuk bisa di bawa ke kampung halaman, yaitu OlehOleh Jakarta (lihat blog : cvoj.blogspot.com)..Produk ini sudah pasti ciri khas Jakarta.

    10. ucok said says:

      baju palingan oleh-oleh jarakta, ada di http://www.jeli-jeli.com

    Leave a Reply

    CommentLuv badge

    Switch to our mobile site